Close

Wisata Goa Pinus Batu Malang

wisata goa pinus batu malang

Wisata Goa Pinus Batu Malang berada di Jawa Timur, tepatnya di Kota Batu. Tempat yang indah dan unik dikenal dengan nama Goa Pinus. Mengapa dinamakan Goa Pinus? Karena di tempat ini terdapt sebuah goa bekas galian orang Jepang pada zaman dahulu yang sempat ditinggalkan.

Panjang goa ini hanya 5 meter, sementara tingginya sekitar 1,5 meter dan buat kamu yang tingginya di atas 150 cm kamu harus menunduk ketika ingin melihat goa tersebut. Keberadaan goa ini juga tidak wajib untuk dimasuki karena dari depan goa kita sudah bisa mendapat foto yang menarik.

Pada bagian luar goa telah dipasang ornament yang membuatnya menarik untuk dijadikan latar yang pas untuk berfoto. Jangan ragu untuk berswafoto jika ingin mendapatkan hasil foto yang bagus dan menarik.

Sebenarnya Goa Pinus ini dulunya digunakan sebagai lokasi pertambangan, namun seiring berjalannya waktu, bekas pertambangan yang sudah tidak digunakan lagi diubah menjadi tempat wisata yang lumayan populer di dunia maya.

Udara di sekitar lokasi juga sangat sejuk, dan bisa membuat pengunjung tenang saat berkeliling sekitar. Dari lokasi goa para pengunjung juga bisa melihat pemandangan Gunung Arjuna yang merupakan salah satu gunung terindah di Jawa Timur.

Untuk kamu yang suka berburu sunset, tempat ini juga menawarkan spot yang menarik sambil menunggu senja. Beberapa spot untuk berfoto juga tersedia dengan keunikan latar belakangnya masing-masing.

Spot foto terbaik di Goa Pinus adalah ketika kamu masuk dan langsung disambut dengan papan kayu yang tersusun rapi yang bertuliskan “Welcome to Goa Pinus”

Goa-Pinus-Batu-Malang

Masuk ke dalamnya lagi ada tempat beristirahat untuk kamu yang lelah dan hendak berhenti sejenak, sebut saja joglo. Joglo tersebut dibuat menarik, berbahan dasar kayu supaya tempat duduknya juga dapat dijadikan spot foto yang keren.

Selanjutnya di sana juga sudah disediakan salah satu spot foto layaknya ujung kapal yang hendak berlayar. Dan yang menjadi icon pada Goa Pinus ini adalah Rumah Papua. Bentuknya seperti jamur letaknya di dekat tebing Gua Pinus. Berfoto di sana dengan pengambilan angle yang baik maka kamu akan mendapatkan view pedesaan dan ujung jurang yang keren.

Credit: DakaTour

Mengenai biaya untuk masuk pada objek wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya Rp5.000/pax untuk bisa masuk. Harga tersebut tidak mencakup untuk masuk ke spot foto lain seperti Rumah Papua dan Taman Kelinci. Ya, kalau Taman Kelinci, bagi yang berkeluarga, bisa bermain bersama anak-anak. Rata-rata setiap spot berfoto dikenakan biaya Rp5000.

Jika kamu berkendara dari pusat Kota Batu, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Jaraknya dari sana sekitar 11.6 km. Setelah itu langsung saja ke kawasan Pujon, Desa Gunung Sari, Kecamatan Bumisaji, Kota Batu. Sampai di Pujon, kamu akan dibantu dengan petunjuk-petunjuk yang sudah ada, atau bisa juga bertanya kepada warga setempat.

Sayangnya akses selanjutnya menuju area Goa Pinus belum didukung transportasi umum, jadi akan lebih mudah jika kamu menggunakan angkutan pribadi saja. Jika merencanakan berlibur ke Batu Malang jangan lupa mampir ke tempat wisata Goa Pinus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *