Close

Uniknya “The Lost World Castle” di Lereng Gunung Merapi, Wisata Populer Ala Benteng Takeshi

The Lost Word Castle berlokasi di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman dan tepat di kawasan lereng Gunung Merapi yang menambah kesan eksotis dari tempatnya. Bangunan yang belum sepenuhnya jadi ini sudah menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan, terutama kaum muda-mudi. Bentuk bangunan yang menyerupai benteng kuno dan berada di lahan seluas sekitar 1,3 hektar sekarang menjadi destinasi wisata hits yang ada di Jogja.

Nama The Lost World Castle memang terkesan menyeramkan. Ini bukan nama yang sekedar dipilih dengan asal, namun memang ditujukan untuk mengenang peristiwa kelam di masa lalu. Nama Castle berasal dari bentuk dan arsitekturnya yang unik yaitu berbentuk kastil mirip dengan Benteng Takeshi. Nama lost world, karena bangunan bentuk kastil ini dibangun di atas lokasi sebuah Desa Kuharjo yang sudah musnah hilang tersapu letusan Gunung Merapi.

The Lost World Castle merupakan sebuah kastil yang bentuk bangunannya akan mengingatkan kamu akan Benteng Takeshi. Bangunan ini berdiri sangat megah dengan ketinggian sekitar 10 meter dan luas sekitar 1,3 hektar. The Lost World Castle dibangun di bawah lereng Gunung Merapi sehingga memiliki latar belakang Gunung Merapi yang sangat indah. Kawasan ini sebenarnya masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) alias Zona Merah sehingga pada saat pembuatannya sempat mengalami kendala izin dari pemerintah setempat. Tempat wisata ini bahkan pernah ditutup pada awal tahun 2017, tapi kemudian bisa dibuka lagi setelah berhasil mengantongi izin dari pemerintah Jogja.

Keunikan tempat wisata ini tak hanya dari segi bentuk yang berdiri megah, tapi juga dari bahan bangunan yang digunakan karena sebagian besar menggunakan batu sisa erupsi Gunung Merapi sebagai bahan bakunya seperti pada dinding yang menyerupai Tembok Besar China. Ada berbagai macam wahana yang bisa kamu nikmati dengan spot-spot berfoto yang unik dan instagrammable seperti tangga menjulang ke langit dengan sayap yang dinamakan Paradise Gate, aneka lukisan 3D, permadani terbang dan air terjun yang tak kalah serunya, pohon sakura artificial yang membuat kamu serasa sedang berada di Jepang, hingga ada tiruan Stonehenge yang merupakan batu prasejarah di Inggris.

Tembok Cina The Lost World Castle

Ketika pertama menginjakkan kaki di TLWC, pengunjung akan disambut replika tembok raksasa. Tembok ini lebih mirip dengan Tembok Besar Cina. Namun, oleh pengunjung yang telah mengunjungi tempat ini sebelumnya lebih sering disebut Benteng Takeshi. Bentuknya dibuat mirip Tembok Raksasa Cina, dengan tembok dan lantai berbatu. Ukurannya cukup panjang meski tidak sepanjang Tembok Besar Cina. Dan di ujung serta di beberapa tempat dibangun benteng dengan atap berhias bendera.

Spot Foto di Atas Awan

Spot foto paling digemari pengunjung adalah Paradise Gate dan sayap menggantung di awan. Di Paradise Gate, pengunjung dapat berfoto seolah berjalan menuju surga. Jika berfoto saat kabut, hasilnya akan lebih indah, seolah tangga tidak berujung. Keren banget!

Spot Foto 3D

Tidak hanya foto dengan replika tangga surga atau sayap, di sini juga terdapat spot foto 3D yang unik. Ada beberapa lukisan 3D yang siap menjadi objek berfoto pengunjung. Ada lukisan air terjun dan jembatan kayu. Dimana pengunjung seolah – olah menyeberang jembatan kayu dan harus seimbang agar tidak jatuh. Air terjunnya sendiri dilukiskan sangat deras.

Berfoto dengan Landmark Dunia

Tidak hanya Tembok Besar Cina, foto di atas awan, atau lukisan 3D saja yang menjadi spot foto menarik. Ada juga beberapa landmark dunia yang juga unik saat difoto. Ada Stonehenge, pepohonan sakura seperti di Jepang, hingga perkampungan Suku Indian. Tidak hanya itu, replika The Lost World seperti di dalam film pun ada lengkap dengan replika tulang fosil dinosaurusnya.

Untuk dapat menikmati wahana serta fasilitas yang disediakan di The Lost World Castle ini, para pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp25.000 saja karena sebenarnya tempat ini masih dalam tahap pembangunan dan belum resmi dibuka. Rencananya di sini juga akan ditambahkan wisata edukasi tentang erupsi Gunung Merapi dan waterpark yang cukup luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *