Close

Warna Warni Taman Bunga Nusantara di Cianjur

Taman Bunga Nuasantara merupakan taman bunga pertama di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 10 september 1995 silam. Taman ini berlokasi di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Taman ini memiliki koleksi ratusan jenis tanaman yang berasal dari dalam maupun luar negeri sehingga dapat dijadikan tujuan wisata sekaligus menambah pengetahuan tentang tumbuhan yang ada di seluruh dunia terutama yang jarang ditemui di Indonesia.

Secara geografis taman ini berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut dan suhu udara disana sekitar 20-26 derajat celcius. Dan Secara topografis taman ini memiliki luas sekitar 35 hektar, 23 hektar untuk lokasi bunga dan tanaman berbunga, 7 hektar untuk lokasi wahana alam imajinasi, 2 hektar untuk pembibitan dan 3 hektar untuk lokasi villa, restoran dan ruang pertemuan.

Jadi apa saja yang menarik dari Taman Bunga Nusantara ini? Jawabannya adalah banyak sekali. Karena area yang terdapat di Taman Bunga Nusantara ini disajikan sangat menarik dan apik. Ada sekitar 30 area wisata yang dapat dinikmati pengunjung, baik itu berupa taman maupun arena bermain. Namun dari sekian wahana yang ada memang ada beberapa lokasi yang menjadi tempat favorit pengunjung diantaranya.

Plaza Taman Bunga Nusantara

Plaza Utama Taman Bunga Nusantara persis berada setelah pintu masuk. Ini area wajib untuk berfoto bagi mereka yang suka selfie, karena lokasi ini begitu indah. Terdapat bangunan utama dimana di depannya terdapat kolam berundak dan air terjunnya yang juga berundak dengan air sangat jernih, dilengkapi pula dengan air mancur.

Air Mancur Taman Bunga Nusantara

Lokasi Musical Fountain ini berada di tengah area wisata Taman Bunga Nusantara. Air mancur cukup besar dengan pancuran air yang tingi, dikelilingi oleh boulevard yang cukup luas dan juga dilengkapi oleh fasilitas bangku duduk, sehingga kamu akan sangat menikmati air mancur ini dengan nyaman. Di sekeliling air mancur ini terdapat taman bunga yang cukup indah dan hamparan rumput hijau yang sangat luas dan rapih, cukup menyegarkan bagi mata anda.

Taman Perancis

Taman Perancis ini berlokasi di jalur sebelah kiri sebelum area musical fountain. Taman Perancis ini dibuat dengan gaya renaissance atau ala eropa lazimnya. Dimana biasanya taman-taman tersebut mengedepankan keseimbangan atau simetrical dengan titik pusatnya adalah dengan kehadiran fountain atau air mancur di tengahnya.

Rumah Kaca

Di Rumah Kaca kalian akan menemukan ragam bunga-bunga dan tanaman hias dari negara empat musim yang tidak tahan akan cuaca panas dan hujan deras seperti di Indonesia. Di rumah kaca kalian akan menemukan berbagai jenis tanaman bunga dari berbagai belahan dunia.

Taman Labirin

Di Taman Labirin kamu bisa menelusuri jalan yang berliku-liku di dalamnya. Terbuat dari pangkasan pohon pucuk merah yang dibuat sedemikian rupa hingga memungkinkan kamu untuk bersembunyi ataupun main balapan mencari jalan keluar. Kalau takut tersesat kamu bisa membeli peta seharga 2 ribu rupiah.

Menara Pandang

Kamu bisa melihat pemandangan Taman Bunga Nusantara dari atas menara pandang yang terletak dekat dengan Taman Labirin. Sayangnya lift yang tersedia sudah tidak berfungsi lagi jadi kamu harus mendakinya melalui anak tangga.

Taman Bali

Taman Bali letaknya tak jauh dari Menara Pandang, hanya beberapa langkah saja kalian sudah bisa menemukan tempat indah bak Pulau Dewata lengkap dengan tanaman khas Bali dan Pura-nya. Jangan lewatkan untuk mengabadikan tempat ini dalam sebuah foto bersama keluarga tercinta.

Untuk tiket masuk ke Taman Nusantara ini kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 40.000 dan bisa menikmati area taman secara gratis. Namun untuk area tertentu seperti rumah kaca dan fasiliats lain seperti area bermain dikenakan tiket terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *