Close

Suaka Elang Loji, Destinasi Instagrammable di Bogor

Kalau pas waktu liburan jangan sampai kamu cuma duduk di rumah seharian dan bengong nggak ngapa-ngapain. Sayang banget kan, kalau masa liburan nggak dihabiskan buat jelajah Indonesia? Nggak perlu yang jauh-jauh deh kalau kamu mau liburan sekalian menenangkan pikiran. Mungkin kamu bisa sejenak “kabur” dari keramaian kota yang penuh sesak untuk berkunjung ke kota hujan, Bogor. Bogor nggak hanya terkenal dengan Istana Bogor saja, namun ada dalah satu destinasi wisata lain yang bisa kamu singgahi, salah satunya yaitu Suaka Elang Loji.

Suaka Elang Loji berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, di kampung Loji, Kecamatan Cigombong. Untuk mencapai lokasi memang dibutuhkan sedikit perjuangan karena jalannya belum diaspal dan masih bebatuan.

Objek wisata Suaka Elang yang sekaligus menjadi bumi perkemahan menyuguhkan panorama masih sangat alami. Selain itu hawa di tempat ini begitu sejuk, sangat nyaman dijadikan tempat rekreasi dan berkumpul bersama keluarga. Selain pemandangan alam para pengunjung juga bisa melihat beberap jenis burung yang memang sengaja dipelihara pihak pengelola tempat wisata untuk melestarikan keberadaan burung tersebut.

Selain pemandangan alam berupa hutan pinus, ada panorama lain luar biasa di sini yakni sebuah curug (air terjun), nama air terjun itu diberi nama Curug Cibadak. Hanya saja jarak dari Suaka Elang Loji ke lokasi wisata Air Terjun Cibadak kurang lebih 800 meter, itupun pengunjung harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 1 jam.

Ada juga spot jembatan gantung yang kini menjadi tempat favorit di kalangan kawula muda pecinta alam. Lantaran memiliki panorama menakjubkan, konstruksi jembatan nampak natural, tak heran apabila menjadi spot favorit untuk tempat berswafoto. Memang hasil jepretan foto di jembatan tersebut begitu ciamik. Telah banyak foto-foto jembatan gantung Suaka Elang Loji yang dapat kamu lihat di berbagai sosial media.

Puas berfoto di jembatan gantung, bersiaplah menikmati keindahan hutan pinus yang luar biasa dan menyejukkan mata. Nggak hanya jembatan gantung aja yang bisa jadi tempat berfoto kamu. Suaka Elang Loji ini juga menyuguhkan keindahan hutan pinus yang bakalan bikin kamu betah berlama-lama di sana. Ada baiknya, kamu datang pagi-pagi. Selain masih sepi pengunjung, udara juga masih begitu segar dan nampak kabut di sekeliling.

Kamu bisa bayangkan betapa rileksnya saat kamu berada di sini, meninggalkan kepenatan dan rutinitas di kota. Para pengunjung juga akan dihibur dengan suara-suara burung elang yang khas. Oh ya, satu yang perlu kamu ingat, tempat ini bukan buat penangkaran burung elang ya. Tapi Suaka Elang Loji ini sebagai tempat transitnya burung elang, sebelum kemudian dilepaskan ke alam bebas.

Kalau kamu masih punya tenaga untuk menelusuri area Suaka Elang Loji tersebut, kamu bisa mendatangi curug atau Air Terjun Cibadak. Curug ini memang lumayan tinggi dan jalan menuju ke sana cukup licin. Jangan lupa untuk melengkapi perbekalan makananmu. Karena selain butuh perjuangan buat mencapai curug ini, di sekitarnya memang tidak ada warung buka. Jadi nggak ada salahnya kalau kamu membawa makanan dan minuman biar tidak lapar dan haus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *