Close

Sri Gethuk Wonosari, Sensasi Air Terjun di Gunung Kidul Jogja

Keindahan yogyakrta memang tidak pernah bisa tergantikan. Perpaduan epik antara budaya, alam, dan wisata buatannya seakan bersatu menjadi padu. Gunung Kidul memang mempunyai banyak  keindahan yang tidak kalah bagusnya dengan yang lain. Siapapun yang pernah berkunjung pasti akan terbius oleh pesona indahnya, salah satunya adalah objek wisata Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk ini adalah salah satu objek  wisata alam yang terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun yang indah ini berada di tepi Sungai Oyo, sehingga untuk menikmatinya kalian harus menelusuri sungai dengan menggunakn rakit. Di sepanjang perjalanan kalian akan di suguhi pemandangan berupa tebing tebing kapur dikanan-kiri dan rimbunnya pepohonan. Dan jika di musim kemarau air sungai disini akan sangat jernih berwarna kehijauan dan tenang.  Air terjun ini  sampai saat ini masih di kelola secara sederhana oleh masayarakat sekitar, walau sederahan bukan berarti seadanya, tetapi tetap kualitas keselamatan pengunjung sangat tinggi.

Air Terjun Sri Gethuk ini juga memiliki mitos dari cerita yang beredar di kalangan masyarakat Desa Bleberan menceritakan bahwa Air Terjun Sri Gethuk ini  merupakan lokasi berkumpulnya jin. Salah satu jin yang memimpin adalah Anggo Maduro. Jin jin ini sangat menyukai musik yang di hasilkan oleh gamelan. Sudah banyak wisatawan atau warga sekitar yang mendengar suara gambelan di tabuh tetapi jika di dekati tidak ada bukti jika seseorang  memainkannya. Masyarakat percya jika suara gamelan adalah hasil tabuhan dari Angga Maduro. Namun kalian tidak usah khawatir selama anda sopan dan tidak menggaggu di lokasi ini kalian bisa berwisata dengan nyaman.Air Terjun Sri Gethuk ini juga sering di sebut sebagai Air Terjun Slempret. Nama Slempret ini berasal dari legenda yang beredar di kalangan masayarakat Desa Bleberan.

Air Terjun Sri Gethuk memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan 3-5 terjunan air terjun tegantung musim. Air Terjun Sri Gethuk ini memiliki 3 sumber mata air yaitu mata air Ngandong, Dong Poh, dsn Ngumbul. Ketiga mata air ini mengalir melalui tebing tinggi hingga membentuk Air Terjun Sri Gethuk. Air yang tak pernah kering ini jatuh tak membuat kolam melainkan langsung merayapi bebatuan  kapur yang rapi di tepi sungai.

Air Terjun Sri Gethuk ini juga menawarakan paket wisata yang lengkap loh, dimana untuk bisa menikmatinya kalian hanya perlu mngeluarakan biaya sebesar Rp 30.000 saja dan itu sudah lengkap dengan pemandu wisata murah bukan?

Soal jam operasional Air Terjun ini kamu bisa datang setaip hari antara ajm 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Rentangan waktu yang cukup lama ini pastinya sudah bisa membuat kalian puas lah menyesapi keindahan Gran Canyon ala Gunungkidul ini.

Untuk menuju ke Air Terjun Sri Gethuk ini kalian bisa melewati jalur utamanya yang di mulai dari kota Yogyakarta menuju kea rah Jl. Wonosari hingga sampai ke Piyungan. Dari Piyungan ini trus lanjut kan perjalanan menuju ke Patuk, kemudian ke Sambipitu hingga  kalian bertemu pertigaan ini, kalian bisa mengambil arah ke kanan menuju ke Playen hingga perempatan pasar Playen, dan disini kalian bisa beratnya kepada orang orang sekitar yang ada di sana soal jalan menuju ke Air Terjun  Sri Gethuk.

Dan jika kalian malas bertanya kalian bisa meneruskan perjalanan karena sekitar 500 meter dari pasar Playen ini kalian akan menemukan  papan petunjuk menuju ke Air Terjun Sri Gethuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *