Close

Indonesia memang tidak pernah luput dari keindahan wisata alamnya dari keindahan pegunungan, wisata buatan, hingga pantainya yang mampu mencuri hati para pecinta treveling. Jadi tidak heran jika wisatawan dari mancanegara sangat senang berkunjung ke negara tercinta ini untuk mencari spot foto yang bagus serta keunikannya yang terpendam.

Salah satunya yaitu Pulau Karimun Jawa. Pulau Karimun Jawa adalah sebuah wisata yang terdapat di sebuah kecamatan yang ada di Jepara dari wilayah Jawa Tengah. Karimun Jawa sendiri dikenal sebagai bentuk kepulauan yang terdapat di tengah laut. Dengan jarak sekitar 83 KM dari bagian utara Kota Jepara. Kepulauan ini terdiri dari beberapa bentuk pulau kecil dengan jumlah 27 pulau. Dari sekian banyak pulau tersebut 5 diantaranya adalah pulau berpenghuni. Potensi yang dimiliki oleh Karimun Jawa sebagai lokasi dari tempat wisata adalah keindahan alam bawah lautnya. Karena itulah lokasi yang satu ini ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional Indonesia pada tahun 2001.

Di tempat ini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat mengagumkan mulai dari keindahan trumbu karang, pantai yang bersih dan keindahan gugusan pulau yang menghiasi lautan Jawa, tidak hanya itu beberapa pemandangan bukit yang terhampar juga sangat memukau. Kamu bisa mengunjungi Bukit Nyamplungan, Bukit Joko Tuo dan Bukit Love yang ada di Karimun Jawa cukup dengan membayar tiket sebesar Rp10.000,00 kalian sudah dapat menikmati pesona keindahan pulau Karimunjawa dari atas ketinggian laut. Selain pemandangan bukit yang mempesona, kalian juga dapat mengunjungi Objek Wisata darat hutan mangrove di Desa Kemojan yang juga cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau Karimun  Jawa berasal dari sejarah yang menurut warga sekitar, pada abad ke-15 di Kudus terdapat Syekh Ja’far Shodiq yang terkenal dengan sebutan sunan kudus. Sunan kudus merupakan satu dari 9 wali songo yang terkenal sebagai wali yang mengajarkan agama Islam terutama di pulau Jawa. Beliau mengajarkan banyak manfaat dan ilmu terutama berkaitan dengan agama islam dan berhasil mendirikan kerajaan pertama yaitu Kerajaan Demak. Sunan kudus merupakan penasehat sultan dan juga senopati perang. Karimun  berasal dari kata “kremun” atau berarti samar-samar, karena ketika menuju pulau tersebut dikatakan bahwa pulaunya terlihat kremun atau samar-samar. Sehingga Karimun  Jawa merupakan penegasan dari kata kremun yang artinya samar-samar. Inilah cerita awal yang dipercaya masyarakat mengenai Karimun Jawa.

Keindahan trumbu karang serta ikan yang berwarna warni di bawah laut akan menjadi daya tarik untuk bermain main di dalam air. Air laut di Karimunjawa sangat jernih dan bening, sehingga kalian bisa melihat dasar laut dengan jelas. Pantai-pantai di Karimunjawa sebagian besar berpasir putih, oleh karena itu cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam dan memancing, bulan madu atau hanya sekedar liburan. Para pengunjung bisa menikmati hamparan pasir putih yang membentang di kawasan pantai maupun di seluruh pulau-pulau area Karimun Jawa. Beberapa aktivitas bahari juga dapat dilakukan di sini seperti hiking, snorkeling, diving, fishing/memancing, dayung dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *