Close

Prambanan, Candi Hindu Terbesar di Indonesia

candi prambanan hindu

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang membuat semua orang tertarik. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki potensi wisata yang berbeda-beda, baik itu dari tempat wisatanya, tradisinya atau bahkan sejarahnya. Berbicara tentang sejarah, Indonesia memiliki salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dan dapat menarik banyak wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ya, tepatnya di Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat Candi Prambanan yang merupakan Candi Hindu tertinggi di Indonesia. Candi ini selain menjadi tempat ibadah bagi masyarakat yang beragama Hindu, juga merupakan tempat wisata yang sangat popular di Jogjakarta. Prambanan ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan.

Ada dua cerita yang dipercaya sebagai asal usul terbentuknya candi ini yaitu cerita Roro Jongrang dan Kepemimpinan Rakai Pikatan. Kedua cerita tersebut konon menjadi alasan keberadaan Candi Prambanan ini.

candi hindu terbesar di indonesia adalah prambanan

Pada tahun 1991 Candi Prambanan atau yang sering juga di sebut Candi Roro Jonggrang dinobatkan sebagai warisan budaya oleh Unesco. Untuk dapat terus menghidupkan budaya di lingkungan candi, pengelola menyelenggarakan pagelaran tari setiap 2 hari sekali. Tidak hanya itu saja, setiap tahun Candi Prambanan juga digunakan untuk tempat beribadah bagi Umat Hindu se-Jawa Tengah.

Saat ini jumlah candi yang masih tersisa kurang lebih hanya 18 candi dari total 240. Dari ke 18 candi tersebut diantaranya adalah 3 Candi Wahana, 3 Candi Trimurti, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 candi Patok dan 224 Candi Perwara. Perlu kamu ketahui, dari jumlah total tersebut, candi yang paling besar adalah Candi Trimurti dan dari ke-3 Candi Trimurti yang terbesar adalah Candi untuk Dewa Siwa.

Wisatawan sering menjadikan objek candi sebagai spot foto, di sana juga ada tour guide, maka ketika berada di sana kamu dapat mendengarkan dan mengetahui sejarah-sejarahsingkat tentang candi prambanan melaui guide. Kawasan candi juga sangat bersih dan ada ornament batu candi asli yang dapat kamu lihat sekitar candi utama. Karena lebih dari 75% dari bangunan candi yang saat ini sudah bukan aslinya lagi melainkan sudah direnovasi. Jika kamu beruntung maka kamu akan melihat festifal dari band Nasional maupun Internasional di komplek Candi Prambanan.

Selain menikmati cerita yang menarik, kamu juga harus mengetahui bahwa untuk masuk ke lokasi wisata yang luasnya 39,8 Ha ini dikenakan biaya retribusi. Untuk orang dewasa dikenakan biaya masuk Rp 40.000 dan untuk anak-anak dibawah 10 tahun dikenakan Rp 30.000. Perhatikan bahwa biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dengan biaya tersebut maka kamu bebas berkeliling area candi tanpa batasan waktu.

Dianjurkan untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini, sebaiknya pada waktu pagi atau sore hari, karena jika kamu datang tepat di siang hari pas terik, kamu akan sangat kepanasan karena suasananya, mengingat tempat yang kamu kunjungi sebagian besar adalah bebatuan.

cara menuju candi prambanan

Jika kamu berencana berkunjung ke Candi Prambanan, maka ini adalah sedikit info mengenai bagaimana cara menuju Candi Prambanan. Candi ini berlokasi di perbatasan antara Yogyakarta dan Klaten. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi, kamu hanya membutuhkan waktu 15 menit saja, jika jalanan lancar. Namun jika jalanan macet bisa sampai 1 jam perjalanan.

Alamat candi prambanan terletak di Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hanya berjarak 17 km saja dari kota jogja. Jika kamu ingin rekreasi sambil belajar sejarah sehingga menambah pengetahuan bisa langsung berkunjung ke Candi Prambanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *