Close

Pesona Terumbu Karang di Pulau Kambing

pulau kambing dekat tanjung bira

Sebagai pulau terbesar ke empat di Indonesia, Sulawesi menyimpan banyak tempat-tempat indah dan menarik untuk wisatawan. Destinasi wisata di Sulawesi didominasi lautan dan pantai. Bahkan pulau-pulau yang berada di Sulawesi hampir semua memiliki keindahan masing-masing yang menjadi daya tarik tersendiri. Baik itu tempatnya yang unik ataupun nama tempatnya yang unik akan membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Salah satunya objek wisata yang dimaksud yaitu Pulau Kambing.

Pasti sempat tersirat di benak kamu apakah benar di pulau ini memang dihuni oleh kambing atau hewan ternak lainnya sesuai dengan namanya. Tentu saja tidak karena ini hanya sebutan untuk pulau yang sangat eksotis yang berada tak jauh dari perairan Tanjung Bira.

Pulau Kambing yang berada di Bulukumba, Sulawesi Selatan ini merupakan surga bagi kamu pecinta kegiatan diving dan snorkeling. Jarak tempuh menuju pulau ini adalah sekitar 20 menit dari Pantai Tanjung Bira yang sudah tersohor.

Pulau Kambing ini sudah cukup terkenal, bahkan banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dikarenakan keindahan bawah lautnya berupa terumbu karang alami yang membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

snorkeling di pulau kambing
Credit: Flickr

Air laut di Pulau Kambing sangat jernih seperti kristal. Pulau kambing juga sangat istimewa. Mengapa istimewa? karena selain pemandangan bawah lautnya yang indah dan menjadi spot paling digemari oleh wisatawan, pulau ini juga memiliki tebing-tebing terjal yang membuat pulau ini tampak eksotik.

Kamu juga dapat menikmati keindahan panorama Pulau Kambing dengan menaiki bukit tebing terjal tersebut. Yang pasti kamu akan mendapatkan sensai yang berbeda ketika kamu berada di atas ketinggian tebing ini.

Lokasi snorkeling biasanya berada di dekat tebing dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Pemandangan di bawah memang luar biasa, lebih berwarna-warni tetapi arusnya lumayan kencang sehingga seringkali penyelam terombang-ambing di permukaan.

Jadi pengunjung harus lebih berhati-hati ketika snorkeling di spot ini karena konon katanya, di dekat perairan Pulau Kambing ini ada semacam air terjun di bawah laut yang menyebabkan arus dalam yang lumayan kuat, sehingga penyelam harus lebih berhati-hati karena arus yang deras.

Bagi para penyelam, Pulau Kambing merupakan lokasi yang populer, di sini ada beberapa dive spot dan juga katanya daerah ini merupakan daerah hiu dan tidak akan menutup kemungkinan penyelam akan menjumpai hiu-hiu di sekitar perairan ini.

paket wisata tanjung bira pulau kambing
Credit: SatyaWinnie

Untuk menuju Pulau Kambing, kamu terlebih dahulu harus pergi ke Pantai Bira dan kamu bisa langsung menyewa kapal yang sudah berada di sana untuk menuju ke Pulau Kambing sekaligus kamu dapat menyewa perlengkapan untuk snorkeling jika kamu mau. Perjalanan di laut dari Tanjung Bira menuju Pulau dapat ditempuh kurang lebih 20 menit.

Bagi kamu yang hendak berwisata ke Tanjung Bira. Jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke Pulau Kambing ini. Matamu akan di buat tercengang dan dimanjakan dengan keindahan bawah lautnya yang sangat eksotis. Jika kamu kesini bersama sahabat dijamin akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Apalagi ketika bersama-sama manaiki tebing, pasti ada kesan tersendiri bagi kamu. So, jangan ragu untuk menambah destinasi Pulau Kambing ini di daftar perjalananmu. Lihat juga penawaran paket wisata Tanjung Bira yang itinerary-nya juga ada mengunjungi Pulau Kambing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *