Close

Mengintip Keindahan Pulau Padar di Labuan Bajo

Pulau Padar merupakan pulau terbesar nomor tiga di kawasan Taman Nasional Komodo. Dibandingkan dengan Pulau Rica, Pulau Padar memang lebih terlambat dikenal masyarakat. Namun tetap saja pulau ini menjadi salah satu pulau yang sangat eksotis di Indonesia. Pulau ini terletak di Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Luas Pulau Padar di Labuan Bajo ini sekitar 14,09 kilometer persegi dan memiliki empat teluk yang dalam dan pasir pantai dalam berbagai warna, kebanyakan adalah pasir pantai berwarna putih. Selain itu ada pasir pantai yang memiliki pasir abu-abu dan merah muda. Laut di sekitar pulau ini memiliki beberapa tempat yang populer untuk scuba diving dan snorkeling jadi jangan lewatkan aktivitas ini saat berlibur di kawasan Labuan Bajo.

Untuk kamu yang masih ragu berwisata ke Labuan Bajo. Berikut ini ada beberapa alasan kenapa kamu harus mengagendakan Pulau Padar sebagai destinasi liburan kamu. Tentunya berhubungan dengan keindahan alam dan keunikan budaya yang ditawarkan.

Pantai Pasir Putih

Pantai berpasir putih memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke area pantai sekitar pulau padar. Seolah-olah bagi mata yang memandang pasir putih yang terhampar menandakan bahwa tempat itu bersih dan suci. Sangat cocok sekali bagi wisatawan yang memiliki hobby berjemur di pinggir pantai.

Taman Bawah Laut

Bagi kamu penyuka olahraga air seperti menyelam atau diving, daerah bawah air pulau padar bisa menjadi pilihan. Tapi tentunya sebelum menyelam harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak pengelola tempat wisata tersebut tentang keadaan bawah air yang aman untuk diselami.

Puncak Bukit Pulau Padar

Selain pemandangan pantai pasir putih dan taman bawah laut yang menawan. Masih ada penampakan alam yang lain yang ditawarkan Pulau Padar Labuan Bajo ini yaitu Puncak Bukit Pulau Padar. Letaknya memang ada di puncak dan mengharuskan pengunjung untuk mendaki agar bisa sampai ke puncak bukit ini. Dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menitan agar bisa sampai di puncak.

Ada dua waktu yang sangat direkomendasikan untuk mendaki di Pulau Padar yakni pada saat pagi hari untuk bisa menyaksikan matahari terbit dan pada sore hari, menjelang matahari tenggelam. Kedua waktu tersebut juga tepat jika kamu berniat untuk mengabadikan momen dalam bentuk video atau foto sebab cahaya matahari tidak terlalu kuat dan berlebihan.

Padang Rumput Cokelat  yang Ikonik

Bukit yang terjal dan padang rumput coklat membuat pemandangan di Pulau Padar ini semakin ikonik dan akan lebih menakjubkan lagi bila kamu menikmatinya dari atas puncak bukit. Akan terlihat perpaduan landscape yang menciptakan kesan menakjubkan dalam sekali pandang.

Bagaimana cara supaya bisa sampai ke Pulau Padar itu? Yang pertama tentu saja kalian harus ke Labuan Bajo dahulu. Maskapai Garuda Indonesia sudah memiliki direct flight ke sini, namun kalian juga bisa memakai pesawat lanjutan dari Bali ataupun Lombok. Dari Labuan Bajo, ikutilah open trip yang mana harganya akan lebih murah daripada sewa kapal sendiri. Ada yang one-day-trip, ada yang LOB. Secara di sini tidak ada semacam perahu angkot yang membawa penumpang dengan waktu yang ditentukan seperti di Muara Angke.

Adapun harga tiket masuk wisata Pulau Padar ini yaitu sekitar  Rp 5,000 untuk wisatawan domestik (Harga bisa berubah sewaktu-waktu). Biaya yang dikeluarkan tersebut masih belum mencakup aktivitas snorkeling, trekking, maupun diving bagi pengunjung yang ingin mencoba aktivitas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *