Close

Keindahan Pantai Tanjung Aan Lombok

keindahan pantai tanjung aan lombok

Keindahan Pantai Tanjung Aan Lombok – Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata yang sangat unik, menarik dan juga indah. Bahkan sebagian besar tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia sudah sangat terkenal dan mendunia sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Salah satu tempat wisata yang akan kita bahas kali ini berada di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lombok memang memiliki sejumlah wisata pantai yang mengagumkan dan sudah dikenal wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kepopuleran Lombok di dunia tidak terlepas dari lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Bali sehingga mudah diakses dan jarak kedua pulau cukup dekat.

ayunan di pantai tanjung aan lombok
Credit: NizarNizar

Di wilayah selatan Lombok ada sebuah pantai indah yang bernama Pantai Tanjung Aan, tepatnya berlokasi di Desa Penglembur, Kabupaten Lombok Tengah, dekat dengan pantai Kuta Lombok. Pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia dan memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 2 kilometer.

Satu hal yang berbeda saat kaki kamu hendak  menginjak pantai ini, yaitu pasirnya. Tak seperti Pantai Lombok lainya, pasir di sini berbentuk bulat seperti merica, kamu akan merasa telapak kakimu seperti diterapi Akupuntur jika kamu berjalan di atas pasinya.

Pantai di Lombok ini juga merupakan salah satu yang terbaik sebagai tempat untuk melakukan snorkeling dan swimming. Kenapa? karena dikelilingi oleh tebing,yang membuat arus yang berada pada laut tidak langsung masuk ke pantai ini. Juga kedalamannya yang termasuk dangkal,yang membuat kamu tidak perlu khawatir jika ingin berenang.

Selain itu suasana Pantai Tanjung Aan ini cenderung lebih tenang dan belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan sehingga cocok untuk kamu yang ingin menikmati liburan jauh dari keramaian. Sejumlah fasilitas pariwisata juga cukup lengkap ada di sekitar pantai untuk kenyamanan pengunjung seperti warung, restoran dan juga tempat penyewaan alat untuk snorkeling.

Pantai Tanjung Aan juga menawarkan pemandangan sunset yang begitu indah. Jika kamu ingin mengambil foto saat sunset maka di tempat ini adalah yang terbaik. Tepatnya dari atas tebing-tebing di sekitar pantai.

Pada saat liburan pantai ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik. Namun jika kamu berkunjung pada bulan Februari, pantai ini akan ramai baik wisatawan domestik ataupun luar negeri karena pada bulan tersebut ada even special yaitu Ritual Bau Nyale. Ritual ini berhubungan dengan mitos masyarakat setempat tentang Puteri Mandalika dimana putri tersebut dikisahkan melompat dari bukit untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya. Selanjutnya mitos mengatakan bahwa Puteri Mandalika bereinkarnasi menjadi ‘nyale’atau cacing laut. Setelah selesai perburuan, nyale akan dijadikan beberapa jenis masakan lokal. ’Nyale’ sendiri adalah sebutan masyarakat setempat untuk jenis cacing laut yang muncul pada waktu tertentu  di Pantai Tanjung Aan. Dan beberapa tempat lainnya di Indonesia (Sumbawa, Maluku, dan Lombok). Setidaknya ada 4 spesies Nyale dari Famili Eunicidae, yaitu Eunice siciliensis, Eunice viridis, Licydice collaris dan juga satu spesies dari Nyale Famili Nereidae yaitu Dendronereides  heteropoda.

pasir merica di pantai tanjung aan
Credit: PegiPegi

Pantai Tanjung Aan terletak sekitar 75 Kilometer dari Kota Mataram atau sekitar 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Mataram perjalanan akan kamu tempuh selama kurang lebih 1,5 jam dengan rute Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Batunyale-Sengkol-Rambitan-Sade-Kuta dan terakhir Tanjung Aan. Disarankan agar kamu membawa kendaraan pribadi, karena jika menggunakan transportasi umum akan menyita waktumu dan relatif lebih repot. Untuk biaya, kamu hanya perlu membayar biaya parkir, yaitu untuk mobil 10 ribu dan motor 5 ribu (Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu).

Jika ingin simple dan yang ikut banyak orang, kamu bisa mencoba paket wisata Lombok yang ada di web Vokamo. Makin banyak pesertanya harganya menjadi lebih hemat. Jangan ragu konsultasikan perjalan wisata kamu bersama Vokamo, Pilihan Tepat Liburan Hemat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *