Close

Hoan Kiem, Danau Tengah Kota Hanoi

Hoan Kiem Danau Tengah Kota Hanoi

Hanoi merupakan ibukota Vietnam dengan populasi penduduk sekitar 8 juta jiwa. Hanoi merupakan kota terbesar kedua berdasarkan populasi dan memiliki bandara tersibuk kedua di Vietnam setelah Ho Chi Minh City. Lokasi Hanoi yang terletak di utara dengan jaringan transportasi yang luar biasa membuatnya menjadi perhentian pertama yang ideal sebelum melakukan perjalanan ke kota-kota lain di Vietnam atau bahkan di Asia Tenggara.

Hanoi adalah salah satu kota yang paling berkembang pesat tidak hanya di kawasan Asia Tenggara tetapi di dunia, seperti yang terlihat pada infrastrukturnya, produksi industri, perdagangan dan PDB secara keseluruhan.

Dibalik pesatnya perkembangan pembangunan di area kota ternyata Hanoi juga memiliki tempat wisata andalan yang mampu menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke sana, yaitu Danau Hoan Kiem. Selain tempatnya yang bisa dibilang mudah untuk dijangkau karena berlokasi di Ibu Kota Vietnam juga suasananya yang tenang sehingga pengunjung bisa betah berlama-lama di kawasan danau.

Credit: BlogMisteriTesla

Danau Hoan Kiem yang berarti “Danau Pedang Yang Kembali”, juga dikenal dengan nama Ho Gurom atau “Danau Pedang”. Danau ini terbilang unik dan menarik karena berada di titik pusat keramaian masyarakat. Hoan Kiem merupakan tempat bersantai atau rekreasi yang populer di Hanoi.

Salah satu kuil terindah di Vietnam juga berdiri di area dekat dengan lokasi danau sehingga wisatawan tidak hanya bisa menikmati satu tempat wisata saja. Hoan Kiem merupakan tempat yang rindang untuk menghindari keramaian dan panasnya udara kota. Pengunjung juga bisa piknik bersama keluarga di sini dan bahkan berkeliling menyusuri danau.

Nama Danau Hoan Kiem berasal dari Legenda Kuno yang menyatakan bahwa kaisar Vietnam, Le Loi, diberikan pedang oleh kura-kura sakti tepat di lokasi ini. Le Loi menggunakan pedang tersebut untuk menghalau China keluar dari Vietnam, lalu setelah itu Le Loi kembali mengembalikanya kepada kura-kura tersebut, oleh karena itu danau ini disebut dengan “Danau Pedang Kembali”.

Kuil Ngoc Son Kuil Gunung Jade
Credit: Reservasiku

Di tengah-tengah danau tersebut terdapat Pulau Jado dan Kuil Ngoc Son (Kuil Gunung Jade) yang megah. Untuk mencapai kuil tersebut maka kamu harus menyebrangi Jembatan Huc (Jembatan Matahari Terbit) yang berwarna merah terang. Untuk mencapai kuil ini juga kita harus membayar sebesar 20.000 VND (Vietnam Dong) yang kalau kita konversasikan ke rupiah sekitar 10.000 rupiah (Harga ini berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya).

Gerbang kuil pada dinding samping kanan dihiasi dengan gambar kura-kura raksasa dimana di punggungnya tersimpan pedang Thuan Thien. Sedangkan di samping kirinya dihiasi dengan gambar kuda naga. Dan di atasnya terdapat dua ekor burung phoenix sedang terbang.

Jika kamu beruntung, maka selama melakukan perjalanan di atas jembatan kamu dapat menengok ke bawah dan melihat kura-kura bercangkang lunak yang menghuni danau tersebut. Masyarakat setempat sering datang ke sini berjalan santai mengelilingi danau tersebut. Di pinggiran danau kamu juga dapat menjumpai sebuah tempat yang menyediakan kopi Vietnam yang sangat enak.

Jembatan Huc Jembatan Matahari Terbit yang berwarna merah terang
Credit: Wikipedia

Kamu juga dapat makan di restoran-restoran yang menyajikan masakan khas Vietnam. Biasanya pada perayaan tahun baru sebagian besar masyarakat setempat datang ke Danau Hoan Kiem untuk menyepi dan menghindari hingar bingar pesta di kota.

Senja menjelang malam atau pagi sebelum jam 8 waktu setempat adalah momen yang tepat untuk berkunjung ke Danau Hoan Kiem. Para wisatawan bisa melihat secara langsung beragam aktivitas yang masyarakatk lokal lakukan mulai dari rekreasi, jalan-jalan, olah raga, berlatih tai chi atau bersepeda di sekitar area danau.

Jangan lupa mampir di Danau Hoan Kiem saat liburan ke vietnam. Cek juga Paket Tour Vietnam dari Vokamo untuk referensi liburan hemat kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *