Close

Gardens by the Bay, Taman Hijau Futuristik

gardens by the bay

Jangan lewatkan perjalananmu ke tempat yang satu ini ketika kamu berada di Negari Singa. Ada sebuah tempat yang sangat indah dan menarik untuk kamu kunjungi. Gardens by the Bay merupakan sebuah taman yang pertama dibuka pada tahun 2012 silam dengan luas area sekitar 101 hektar.

Berlokasi di 18 Marina Garden s Drive, Singapore. Area ini dibagai menjadi tiga bagian yaitu yang pertama ada ‘Bay South Garden’yang merupakan area pertama dan terluas di sini, yang kedua ada ‘Bay East Garden’ ini adalah area hijau tepi laut yang terbuka untuk umum. Sementara yang terakhir ada ‘Bay Central Garden’ yang sementara dikembangkan untuk menjadi penghubung antara kedua area lainya.

Sebagai taman hiburan nasional untuk warga lokal maupun turis mancanegara, Gardens by the Bay memamerkan seni taman dengan aneka koleksi flora yang membuatmu pasti terpukau. Tempat ini menawarkan liburan untuk kamu yang bukan hanya untuk menghibur dan untuk menyenangkanmu tetapi juga dapat mengedukasi kamu sebagai pengunjung.

taman hijau futuristik di gardens by the bay
Credit: GardensByTheBay

Kamu bisa mengamati tak hanya beragam tanaman lokal tetapi juga aneka tanaman yang mungkin jarang kamu lihat. Koleksi Gardens by the Bay juga merupakan koleksi yang berasal dari berbagai habitat yang berbeda-beda dari yang beriklim dingin hingga hutan tropis.

Untuk jam bukanya berbeda-beda tergantung area mana yang ingin kamu kunjungi. Ada dua ruang konservatori dan area OCBC Skyway dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam waktu setempat, dengan waktu masuk kunjungan terakhir pada pukul 8 malam. Sementara area taman yang terbuka dan bisa diakses gratis, buka setiap hari mulai pukul 5 pagi hingga pukul 2 dini hari.

Menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Singapura menyebabkan taman ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk harga tiket, untuk akses masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest bagi yang dewasa (>12 tahun)  diwajibkan membayar sekitar Rp275.760 dan untuk anak-anak (3-12 tahun) Rp165.300 (harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya).

Gardens by the Bay menyediakan area yang berbayar dan gratis ketika wisatawan mengunjunginya. Yang pertama adalah ‘Flower Dome’. Flower Dome merupakan salah satu dari dua ruang konservatori Gardens by the Bay. Bersama Cloud Forest, ruang ini merupakan rumah kaca tanpa kolom terbesar di dunia. Flower Dome dibangun dengan 3.332 panel kaca dengan 42 variasi bentuk dan ukuran, sehingga tampak seperti puzzle raksasa.

flowers dome
Credit: HippoPass

Bagian dalam rumah kaca ini dibagi menjadi 9 bagian: Australian Garden, South African Garden, South American Garden, Flower Field, Mediterranean Garden, Californian Garden, Olive Grove, Succulent Garden dan The Baobabs. Flower Dome juga adalah area di Gardens by the Bay yang sering digunakan sebagai tempat mengamati berbagai jenis bunga.

Yang ke dua adalah ’Cloud Forest’. Jika Flower Dome menampilkan aneka bunga yang bermekaran, Cloud Forest sedikit berbeda. Suasana di dalamnya seperti hutan yang sejuk dan basah. Kamu akan diajak untuk menjelajahi hutan tersebut dan melihat-lihat koleksi aneka anggrek, pitcher plant dan pakis. Cloud Forest juga menjadi rumah bagi air terjun buatan setinggi 35 meter.

Area ini juga dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu The Falls, The Cavern, Waterfall View, Lost World, Cloud Walk, Crystal Mountain, Secret Garden, Treetop Walk, Cloud Forest Gallery dan Cloud Forest Theatre.

Yang ketika ada ‘Supertree Grove’. Supertree Grove merupakan salah satu ikon landmark Gardens by the Bay selain kedua rumah kaca. Struktur bangunan mirip pohon ini menjulang tinggi sekitar 25 hingga 50 meter. Dengan dihiasi lampu warna warni serta alunan musik rhapsody di malam hari.

Selanjutnya yang ke empat ‘OCBC Skyway’. Jika belum puas berkeliling dan melihat-lihat Supertree Grove dari bawah, kamu bisa naik ke atas. Ada jalur OCBC Skyway sepanjang 128 meter yang menghubungkan satu Supertree dengan Supertree yang lain. OCBC Skyway ini berada di ketinggian 22 meter di atas permukaan tanah, sehingga cocok untuk melihat-lihat pemandangan sekitar.

Yang ke lima ada ’East Garden’. Seperti yang telah disebutkan di atas, Bay East Garden adalah area utama kedua setelah area Bay South. Area tepi laut ini memiliki pemandangan yang menawan, serta atmosfir yang membuat rileks. Cocok untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, dengan melakukan piknik atau olahraga santai.

Dan yang terakhir adalah jelajahi area ‘Gardens By The Bay’. Selain kelima spot di atas Gardens by the Bay masih memiliki banyak sekali area yang layak untuk disambangi. Ada Heritage Gardens, tempatnya belajar sejarah dan budaya Singapura lewat cerita-cerita tentang tanaman di keempat area bertemanya.

apa yang bisa dilihat di gardens by the bay singapore
Credit: TripSavvy

Ada pula area bermain anak Far East Organization Children’s Garden dan area Dragonfly & Kingfisher Lakes yang sejuk. Kamu pun bisa mengeksplor area Sun Pavilion yang dibuat mirip lanskap gurun. Jangan lewatkan juga area The Canyon yang dipenuhi koleksi batu pahatan.

Selain tanaman, Gardens by the Bay juga dipenuhi dengan aneka patung yang tersebar di seluruh area taman. Dijamin kamu tidak akan bosan ketika kamu berada di sana. Kamu dapat mengambil gambar dengan latar yang begitu indah di hampir semua sudut Gardens by the Bay.

Tertarik berkunjung ke taman hijau futuristik ini? Kamu bisa coba Paket Tour Singapore Vokamo durasi 3 atau 4 hari saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *