Close

Indahnya Blue Fire Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan sebuah danau di atas Gunung Ijen yang terbentuk akibat adanya proses letusan Gunung Ijen. Hal yang membuatnya menarik yaitu Kawah Ijen berada di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa dengan diameter enam kilometer. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman mencapai 200 meter.

Setiap harinya Kawah Ijen tidak pernah sepi dari pengunjung yang mengindikasikan popularitas kawah ini sebagai objek wisata alam sudah mendunia.

Gunung Ijen sendiri merupakan gunung berapi yang masih aktif yang memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut.

Dari lokasi Kawah Ijen dapat dilihat juga pemandangan gunung lain yang masih berada di kawasan Pegunungan Ijen seperti Gunung Merapi di bagian timur, Gunung Raung, Gunung Suket dan Gunung Rante.

Fenomena lain yang menambah keunikan berwisata di Gunung Ijen yaitu terdapatnya Blue Fire atau Api Biru yang muncul di tengah-tengah penambangan sulfur dan hanya bisa dilihat pada dini hari hingga menjelang pagi hari.

Konon, fenomena Blue Fire ini hanya ada dua di dunia, Islandia dan Indonesia, sehingga sangat dicari oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Namun Blue Fire tidak setiap saat muncul tergantung kondisi cuaca dan aktivitas vulkanik di sekitar gunung.

blue-fire-kawah-ijen
Blue Fire – Kawah ijen

Agar dapat tiba di Kawah Ijen, para pengunjung dapat menggunakan dua jalur yaitu dari utara dan selatan. Jalur utara dapat dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding, dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Jika dari arah selatan dapat dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak sekitar 35 km.

kawah-ijen
Kawah Ijen di Pagi Hari

Untuk mencapai kawah, pengunjung diharuskan mendaki setinggi tiga kilometer, ini memakan waktu sekitar 1,5 jam. Kemiringan pendakian adalah 25-35 derajat. Rasa lelah mendaki akan terbayar lunas tatkala mendapati pesona indah Blue Fire di salah satu tempat wisata di Banyuwangi terpopuler ini.

IMG_6754 [800x600]
Team Vokamo.com saat mendaki kawah ijen

Untuk yang tumben berkunjung ke kawasan wisata Gunung Ijen ada beberapa tips yang bisa disimak untuk kepuasan dan kenyamanan saat berkunjung.

Yang pertama, saat berkunjung yang paling tepat untuk menyaksikan keindahan Ijen adalah pada dini hari. Yang kedua, jika ingin melihat Blue Fire sebaiknya pendakian dilakukan pada pukul satu dini hari karena si api biru biasanya muncul menjelang matahari terbit. Yang ketiga, persiapkan mental dan fisik karena jalur pendakian lumayan melelahkan dan yang terakhir persiapkan pakaian dan jaket serta masker yang nyaman untuk melindungi badan dari suhu dan bau belerang yang menyengat.

Ada yang minat liburan ke kawah ijen? Ayo cari Paket Wisata Ijen murah dan promo hanya di Vokamo!