Pilihan tempat rekreasi di Bali untuk wisatawan baik domestik maupun mancanegara sangatlah banyak, mulai dari yang bertemakan pantai, gunung, olah raga, kuliner, wisata religi dan permainan. Namun dari ratusan aktivitas rekreasi dan objek wisata yang ada di Bali ada beberapa yang memang menjadi favorit dan sangat ramai dikunjungi wisatawan luar.

Bahkan warga Bali sendiri sangat menyukai tempat-tempat rekreasi ini dan tidak bosan untuk selalu berkunjung terutama saat akhir pekan atau musim liburan.

Berikut ini ada 11 pilihan tempat rekreasi di Bali yang bisa dijadikan referensi saat berlibur di Bali.

Pilihan pertama jatuh pada Taman Safari Bali (Bali Safari & Marine Park), kebun binatang yang berlokasi di Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat wisata Taman Safari Bali ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara untuk melihat secara langsung kehidupan satwa yang ada di dalamnya.

Bali Safari memiliki luas sekitar 40 hektar dan mampu manampung ratusan satwa dari berbagai penjuru dunia. Selain melihat dan berinteraksi dengan binatang para wisatawan juga bisa menyaksikkan pertunjukan binatang atau tari-tarian yang rutin digelar untuk menghibur para pengunjung.

Sebuah wahana bermain yang cukup besar juga tersedia untuk anak-anak. Taman Safari Bali juga merupakan salah satu kebun binatang yang terbaik di Indonesia.

piknik-di-taman-safari-bali

 

Pilihan kedua masih seputar kebun binatang yaitu Bali Zoo Park yang berlokasi di Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat rekreasi ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar dan bisa menampung sekitar 450 jenis hewan.

Satwa yang ada di sini berada di dalam kandang sesuai dengan habitatnya. Meski luas Bali Zoo lebih kecil dibandingkan Bali Safari and Marine Park namun beberapa pengunjung merasa cukup puas karena aktivitas rekreasi mereka tidak menjadi terlalu melelahkan dan menyita banyak waktu namun di saat yang sama masih tetap bisa menikmati suasana kebun binatang dengan standar internasional. Selain itu pertimbangan harga tiket masuk Bali Zoo yang lebih murah.

Bali Zoo Park juga memiliki waterpark mini untuk wahana bermain air bagi pengunjung anak-anak. Untuk bisa menikmati kebun binatang ini secara tuntas hanya dibutuhkan waktu setengah hari saja sehingga wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke objek wisata terdekat lainnya di Kabupaten Gianyar.

rekreasi-di-bali-zoo-park

 

Pilihan ketiga yaitu Taman Burung Bali atau Bali Bird Park yang lokasinya masih berdekatan dengan Bali Zoo dan Bali Safari Marine Park, yaitu Kabupaten Gianyar, Bali. Dari namanya kebun binatang ini khusus merawat satwa burung dari beragam jenis namun yang paling terkenal yaitu Burung Jalak Bali yang keberadaannya di Dunia sudah semakin langka.

Bali Bird Park berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2 hektar yang sanggup menampung sekitar seribu burung dengan 250 macam spesies yang berbeda. Selain burung wisatwan juga bisa melihat berbagai jenis tanaman tropis yang tumbuh subur di area taman.

rekreasi-di-bali-bird-park

 

Pilihan keempat kegiatan rekreasi di Bali berupa wahana permainan air yang sudah sangat terkenal di dunia yaitu Waterbom Bali. Salah satu waterpark terbesar di Asia ini berdiri di atas lahan seluas hampir 4 hektar dengan beragam jenis wahana permainan yang seru, menantang dan memacu adrenalin siapa saja yang datang berkunjung.

Setiap harinya ada ratusan wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke tempat rekreasi ini. Walaupun harga tiket Waterbom Bali terbilang cukup mahal namun tidak menyurutkan antusias wisatawan untuk mengunjunginya.

Bahkan sebagian besar pengunjung bisa seharian berada di lokasi untuk mencoba semua wahana yang ada karena saking serunya. Waterbom Bali adalah tempat rekreasi yang tidak boleh Anda lewatkan saat liburan di Bali.

aktivitas-rekreasi-bali-waterbom

 

Pilihan kelima berupa pertunjukan seni yang dikemas secara modern yaitu Devdan Show. Berlokasi di kawasan BTDC Nusa Dua, Devdan Show menawarkan pertunjukan seni budaya spektakuler yang dikemas secara artisitik dan modern untuk menghibur para wisatawan.

Kenaekaragaman budaya di setiap kepulauan di Indonesia dipadukan dengan sangat canggih melalui tatanan visual serta audio yang menggelegar. Devdan Show menampilkan pertunjukan yang merupakan perpaduan kegiatan tarian Indonesia dengan tarian kontemporer modern, atraksi akrobatik dan kostum menarik.

Durasi show sekitar satu setengah jam dengan jadwal pertunjukan hari Senin, Rrabu, Jumat dan Sabtu. Jadi sebelum menonton Devdan Show yang dimulai sekitar setengah tujuh petang, wisatawan bisa rekreasi di sekitar kawasan BTDC yang hijau dan ada pantainya.

nonton-devdan-show-bali

 

Pilihan keenam berupa perpaduan rekreasi air dan pemandangan alam danau serta gunung yang menakjubkan yaitu berendam di Toya Devasya Natural Hot Spring & Camping Resort. Objek wisata yang berlokasi di kaki Gunung Batur dan pinggir Danau Batur Kintamani ini menawarkan aktivitas rekreasi yang menyejukkan dan menenangkan.

Wisatawan bisa berenang atau berendam di area kolam Toya Devasya sambil menikmati hidangan dan berfoto ria dengan latar belakang gunung dan danau. Para pengunjung akan diajak lebih dekat untuk menyaksikkan keindahan alam dari Danau Batur yang dibalut dengan kesejukan udara pegunungan.

Sebelum atau sesudah berkunjung ke Toya Devasya wisatawan bisa singgah di atas tebing pinggir jalan untuk menikmati keindahan Gunung dan Danau Batur dari kejauhan.

liburan-di-toya-devasya

 

Pilihan ketujuh aktivitas rekreasi di Bali yaitu Bali Treetop yang merupakan wahana petualangan berlokasi di tengah Kebun Raya Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali. Bali Tree Top Adventure Park menawarkan aktivitas atau kegiatan wisata petualangan seru yang dilakukan di lingkungan alam terbuka yang masih asri yaitu objek wisata Kebun Raya Bedugul Bali.

Para wisatawan bisa mencoba beragam jenis permainan yang tersedia sesuai dengan tingkat kesulitan masing-masing. Tree Top menyediakan 7 adventure circuit serta sekitar 72 tantangan permainan untuk dewasa dan juga anak-anak.

Pastinya beraktivitas di Bali Tree Top sangat seru karena selain mencoba permainan wisatawan juga leluasa menikmati keindahan alam Kebun Raya Bedugul dengan suhunya yang sejuk, favorit warga Bali untuk menghabiskan akhir pekan atau musim liburan.

wisata-petualangan-bali-tree-top

 

Pilihan kedelapan yaitu aktivitas Watersport Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Bali. Olahraga air atau watersport hingga kini masih menjadi destinasi favorit wisatawan baik lokal ataupun mancanegara untuk tempat rekreasi ketika berada di Bali.

Apalagi setiap saat selalu ada jenis permainan baru yang ditawarkan pengelola watersport di Tanjung Benoa supaya para pengunjung tidak bosan. Keindahan pantai Tanjung Benoa dapat dinikmati sembari mencoba sejumlah paket permainan yang disediakan seperti Banana Boat, Jet Ski, Flying Fish, Parasailing, Snorkeling dan masih banyak lagi.

Para pengunjung tidak perlu khawatir keselamatan karena akan dipandu instruktur yang berpengalaman dan juga masing-masing paket permainan sudah dilengkapi dengan asuransi untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung.

wisata-watersport-tanjung-benoa

 

Pilihan kesembilan rekreasi di Bali bertemakan edukasi yaitu Wisata Pulau Penyu yang berada di sekitar area Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Bali. Namun untuk mencapai Pulau Penyu wisatawan diharuskan menggunakan boat yang telah disediakan pengelola Watersports di Tanjung Benoa.

Mereka pun menawarkan beberapa paket untuk dipilih sesuai dengan keinginan tamu yang akan berkunjung ke Pulau Penyu. Yang umum adalah wisatawan menaiki Glass Bottom Boat berupa kapal boat yang dasarnya berbahan kaca sehingga tembus pandang ke bawah laut. Selama perjalanan ke Pulau Penyu wisatawan bisa melihat warna warni ikan dan biota laut lainnya dari atas kapal.

Tiba di lokasi penangkaran Pulau Penyu wisatawan diwajibkan membeli tiket donasi untuk pemeliharaan pulau dan setelahnya bisa berkeliling sekitar. Tidak hanya penyu yang bisa dilihat di pulau ini namun juga satwa lainnya seperti ular, landak, monyet, burung elang, dll. Wisata edukasi ini sangat cocok untuk keluarga yang tengah liburan di Bali.

rekreasi-pulau-penyu

 

Pilihan kesepuluh yaitu wisata petualangan Rafting di Bali. Ada dua sungai yang menjadi pilihan favorit tamu melakukan aktivitas arung jeram di Bali yaitu Sungai Ayung dan Sungai Telaga Waja.

Untuk wisatawan yang ingin santai dan tidak ingin memacu adrenalin bisa mencoba rafting Sungai Ayung karena arusnya lebih tenang dan juga ada banyak spot indah dan menawan sepanjang perjalanan rafting yang memakan waktu kurang lebih 2 jam ini. Sementara untuk wisatawan yang mementingkan petualangan yang memacu adrenalin bisa mencoba rafting Sungai Telaga Waja yang arusnya sepanjang waktu cukup deras dan banyak batu dan tebing untuk ditaklukkan.

Dan juga di masing-masing sungai tersebut ada puluhan pengelola rafting yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan harga dan pelayanan yang diberikan.

rafting-di-bali

 

Pilihan kesebelas bertemakan seni dan budaya yaitu berkunjung ke GWK (Garuda Wisnu Kencana) yang berlokasi di Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Objek wisata GWK sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara menyebabkan tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Hanya dengan membeli tiket masuk GWK yang terjangkau para pengunjung sudah bisa menikmati suguhan seni dan budaya yang digelar mulai pukul 10 pagi hingga malam waktu setempat (sesuai jadwal). Para pengunjung juga bisa berkeliling di area GWK yang memiliki arsitektur tebing yang memukau serta yang terupdate adalah pembangunan patung GWK yang tinggal hitungan hari.

Patung GWK akan menjadi icon lokasi wisata ini dan disinyalir mampu menyedot lebih banyak lagi wisatawan yang datang berkunjung. Konon Patung GWK merupakan yang tertinggi kedua di Dunia dengan ketinggian mencapai 120 meter.

Untuk menunjang beragam acara hiburan seni dan budaya GWK telah mempersiapkan sejumlah fasilitas pendukung serta infrastruktur yang memadai seperti misalnya, Amphitheatre, Restoran, Street Theatre, Boutique, Exhibition Hall dan juga Toko Souvenir.

rekreasi-di-gwk-bali

 

Itulah 11 pilihan tempat rekreasi di Bali untuk referensi wisatawan yang hendak berlibur ke Pulau Dewata. Semoga bisa menjadi masukan sehingga saat tiba di Bali sudah paham tempat-tempat yang akan dikunjungi.

Sebenarnya ada ratusan lokasi objek wisata tersebar namun sebelas di atas wajib Anda kunjungi karena selain seru aktivitas yang kami sebutkan di atas sudah menjadi favorit wisatawan yang hendak rekreasi di Bali.