Wisata alam di Indonesia bukan hanya ada di Bali saja namun masih ada banyak wisata alam Indonesia yang wajib dikunjungi untuk memperkaya pengetahuan kita tentang keindahan pulau-pulau yang ada di Indonesia. Berikut ini sejumlah wisata alam di Indonesia yang wajib dikunjungi.

Kepulauan Raja Ampat (Papua)

Kepulauan-Raja-Ampat

Raja Ampat sendiri merupakan nama yang diberikan bagi keempat pulau indah yang berasal dari mitos lokal, yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Wisatawan dari berbagai penjuru dunia sangat penasaran ingin datang ke pulau ini untuk menikmati 540 jenis terumbu karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Bahkan The Nature Conservancy dan Conservation International mengatakan bahwa 75% spesies laut dunia bisa Anda temukan di pulau ini. Raja Ampat di Papua ini juga merupakan surga bagi para pecinta diving.

Pulau Komodo (Kepulauan Nusa Tenggara)

Komodo-at-Loh-Buaya..

Jika kamu ingin menikmati habitat dari hewan khas Indonesia seperti Komodo, di sinilah lokasi yang tepat. Pulau Komodo sendiri terdiri dari beberapa pulau dan perairan laut yang indah. Salah satu yang terkenal adalah Taman Nasional Loh Liang yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Labuan Bajo, Flores. Di sini kamu bisa melihat dari dekat bagaimana kehidupan Komodo sesungguhnya. Pulau Komodo masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Gunung Rinjani (Pulau Lombok)

Banyak orang menyebut gunung ini sebagai salah satu gunung tercantik di Indonesia. Dengan tinggi 3.726 meter dari permukaan laut, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Menurut orang Bali, gunung ini termasuk dalam jajaran tiga gunung yang disucikan setelah Gunung Semeru dan Gunung Agung.

gunung-rinjani_663_382

Mendaki Gunung Rinjani, kamu akan disuguhi pemandangan eksotis hutan tropis, padang savana, dan juga kawasan perbukitan yang indah. Gunung Rinjani adalah salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki dari mancanegara. Dari puncak Rinjani nanti kamu bisa menikmati keseluruhan pemandangan Pulau Lombok, Bali, dan Sumba.

Kepulauan Belitung

belitung292

Kita patut bersyukur dengan adanya film Laskar Pelangi, karena dari film tersebut kita dapat mengetahui bahwa Indonesia memiliki surga tersembunyi di Pulau Belitung. Pantai-pantai di Kepulauan Belitung memiliki pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai di Indonesia lainnya. Beberapa pantai yang direkomendasikan bagi Anda yang berkunjung ke pulau ini antara lain Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas dan Pantai Keramat.

Gunung Bromo (Jawa Timur)

bromo-sunrise

Sunrise atau matahari terbit di Gunung Bromo sangatlah indah. Jika cuaca mendukung, kamu bisa melihat matahari terbit dengan latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan dan matahari bersinar terang yang perlahan naik ke langit. Dari ketinggian 2.770 meter di atas permukaan laut di Penanjakan, kamu juga bisa menikmati keindahan hamparan lautan pasir disana. Jika matahari sudah mulai naik, Anda bisa mendaki gunung dan menikmati keindahan kawah Gunung Bromo, kemudian melanjutkan perjalanan untuk berfoto di Bukit Teletubbies dengan pemandangan hamparan padang rumput yang luas.

Kawah Ijen (Jawa Timur)

Gunung Ijen adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Gunung ini juga sering digunakan sebagai lokasi untuk mendaki oleh para wisatawan mancanegara. Di puncak Gunung Ijen Anda akan melihat danau kawah yang luas berwarna biru. Danau kawah ini adalah salah satu kawah asam terbesar di dunia.

kawah-ijenn [1024x768]

Air kawahnya tenang, berwarna biru toska ketika disinari oleh matahari pagi. Dan saat malam, kawah ini menjadi semakin menakjubkan. Tepat pukul 1 dini hari, di bawah kawah kamu bisa melihat blue fire atau api biru yang berasal dari cairan belerang. Disarankan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Kawah Ijen untuk menyewa pemandu demi keamanan dan keselamatan.

Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)

Taman Laut Bunaken adalah spot diving yang sudah terkenal sejak dulu kala. Taman Laut Bunaken hingga saat ini masih dijadikan sebagai salah satu destinasi favorit para diver dari seluruh penjuru dunia. Taman Laut Bunaken memiliki 20 dive spot dengan kedalaman yang beragam mencapai 1.344 meter.

taman-laut-bunaken

Anda tidak perlu khawatir tentang peralatan menyelam, karena di sini telah disediakan persewaan untuk diving dan snorkeling. Di taman laut ini tumbuh beragam biota laut yang bisa Anda lihat saat snorkeling atau diving, bahkan jika beruntung Anda bisa menemukan bintang laut di perairan yang lebih dangkal.

Danau Kelimutu (Flores)

Danau Kelimutu masuk dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu yang merupakan taman nasional terkecil dari enam taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara. Meskipun terletak di dalam taman nasional terpencil, tetapi justru di sini terdapat pemandangan super indah dari puncak Gunung Kelimutu.

Danau Kelimutu

Di puncak Gunung Kelimutu terdapat tiga danau dengan warna air yang berbeda. Ketiga danau tersebut adalah Danau Kelimutu. Danau ini dipercaya memiliki kekuatan alam yang dahsyat. Air dari Danau kelimutu dapat berubah warna. Kadang-kadang, warnanya bisa biru, hijau dan hitam dan lain waktu bisa berwarna putih, merah dan biru. Perubahan warna ini tidak dapat diprediksi.

Danau Toba (Sumatera Utara)

Danau Toba merupakan salah satu Danau yang terkenal di Indonesia dan merupakan danau terluas di Indoensia. Danau Toba terletak di Sumatera Utara. Yang membuat danau ini menakjubkan adalah di tengah-tengah hamparan air danau yang jernih terdapat sebuah pulau dengan luas yang hampir sama dengan luas Singapura. Pulau tersebut bernama Pulau Samosir.

Danau+toba+parapat

Di tengah Pulau Samosir ini ternyata masih terdapat dua buah danau indah, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Danau Toba dinobatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan merupakan danau terbesar kedua setelah Danau Victoria di Afrika.

Sungguh indah pesona pemandangan alam Indonesia, jadi jika kamu ingin mencari paket tur yang berkaitan dengan pesona wisata Indonesia. Ayo cek website Vokamo.com!

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar