Wisata Alam Air Terjun Tegenungan di Gianyar ok

Air terjun merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada di Bali selain pantai, danau dan pegunungan. Di Bali hampir semua kabupaten memiliki obyek wisata air terjun dan salah satunya obyek wisata alam Air Terjun Tegenungan di Gianyar. Lokasi lengkap air terjun ini berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Dari Denpasar menuju obyek wsata ini cukup ditempuh dengan jarak sekitar 16 kilometer atau sekitar 30 menit jika menggunakan sepeda motor.

Air Terjun Tegenungan merupakan obyek wisata alam yang paling dekat dengan Kota Denpasar memiliki air yang bersih dan bening jika tidak musim hujan, karena pada saat musim hujan airnya akan menjadi keruh. Aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Tegenungan antara lain mengobrol sambil duduk santai di atas batu untuk menikmati indahnya air terjun dan mendengar jatuhnya air, bisa juga mandi atau sekedar bermain-main air dan tentu saja berfoto ria untuk mengabadikan momen-momen indah.

Untuk melihat lokasi pasti dan mengetahui jalur menuju Air Terjun Tegenungan Gianyar, silakan lihat di google map lokasi Air Terjun Kemenuh (Tegenungan). Jika dilihat dari peta, maka lokasi air terjun Tegenungan adalah lokasi air terjun yang paling dekat dengan daerah Bali Selatan. Sebagian besar air terjun di Bali berlokasi di daerah pengunungan atau daerah yang memiliki dataran tinggi, tetapi air terjun Tegenungan merupakan satu-satunya yang berada di dataran rendah.  Lokasi Air Terjun Tegenungan cukup tersembunyi dan agak masuk ke pedalaman namun masih sangat mudah ditemukan dengan mengikuti petunjuk dari peta atau bertanya dengan warga sekitar. Dari tempat parkir, pengunjung akan menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan sampai menemukan bibir Tukad (Sungai) Petanu. Dari sini para pengunjung sudah bisa berjalan santai mendekati lokasi air terjun.

Wisata Alam Air Terjun Tegenungan di Gianyar

Air Terjun Tegenungan memiliki tinggi kira-kira empat meter dan memiliki debit air yang lumayan banyak. Di dekat air terjun telah dibangun beberapa tempat pemandian dengan beberapa pancuran yang berasal dari mata air alami. Penduduk sekitar sering mandi dan mengambil air untuk konsumsi sehari-hari di pemandian tersebut, terutama pada pagi dan sore hari. Karena Air Terjun Tegenungan merupakan salah satu tempat rekreasi di Bali yang memiliki potensi untuk dikunjungi lebih banyak lagi wisatawan maka pemerintah setempat menyediakan fasilitas pendukung seperti area parkir yang cukup luas yang mampu menampung kendaraan roda dua maupun roda empat, terdapat warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman ringan, terdapat restoran dan juga vila di sekitarnya.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar