Tahun Baru Imlek 2017 merupakan perayaan tradisional terpenting bagi masyarakat etnis Tionghoa. Tahun ini Imlek jatuh pada hari Sabtu, 28 Januari 2017. Sesuai hitungan berdasarkan kalender masehi, Tahun Baru Imlek selalu jatuh diantara bulan Januari dan Februari. Sementara itu, menurut penanggalan Tionghoa, tahun baru Imlek 2568 menandai dimulainya tahun ayam api. Tahun Baru Imlek dikenal juga sebagai Festival Musim Semi dan di Tiongkok merupakan hari libur resmi selama sepekan lamanya dan akan diakhiri oleh Festival Cap Go Meh yang merupakan puncak rangkaian tradisi perayaan Imlek yang jatuh pada hari ke-15 pada tahun yang baru. Pada Festival Cap Go Meh tarian Barong Sai atau Tarian Liong serta pesta lampion akan mendominasi kemeriahan festival.

barongsai imlek

Ada dua alasan utama Tahun Baru Imlek dirayakan yaitu yang pertama untuk merayakan hasil kerja keras setahun lamanya bersama keluarga serta untuk mengharap keberuntungan di tahun berikutnya. Sesuai tradisi Imlek perayaan yang paling utama adalah reuni bersama seluruh anggota keluarga, bagi-bagi angpao, makan malam bersama, pesta kembang api/lampion dan membuat ragam pernak-pernik berwarna merah. Kenapa merah? Karena warna ini dipercaya sebagai warna keberuntungan. Khusus di negara kita, tradisi Imlek di Indonesia paling meriah ada di kota Jakarta, Singkawang, Semarang, Solo, Bogor, Medan, Surabaya, Balikpapan dan Makassar. Namun di daerah-daerah lain suasana Imlek juga bisa dirasakan di kawasan pecinan atau pusat perbelanjaan. Adapun kegiatan budaya yang menyertai perayaan Tahun Baru Imlek 2017 antara lain, acara persembahyangan kepada leluhur, pagelaran tarian barongsai dan naga serta menyalakan petasan.

bagi angpau imlek 2017

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Tionghoa ketika Tahun Baru Imlek yaitu acara bagi-bagi angpau yang berisi uang di dalamnya. Sesuai tradisi unik saat Imlek, hadiah angpau hanya diberikan kepada anak-anak dan senior yang berusia lanjut/pensiun namun tidak kepada orang dewasa yang dianggap masih mampu bekerja, kecuali pemberian angpau oleh majikan kepada karyawan. Angpau diberikan dengan harapan bisa memberi keberuntungan kepada penerimanya.

Selama merayakan Tahun Baru Imlek 2017 masyarakat Tionghoa masih mempercayai beberapa larangan yang pantang dilakukan jika tidak ingin keberuntungan menjauh antara lain, tidak melakukan kegiatan bersih-bersih dan keramas selama tiga hari pertama perayaan Imlek karena dianggap justru bisa menyapu bersih nasib baik atau keberuntungan, tidak melakukan pinjaman atau mengutang atau mengemis, tidak boleh mengenakan pakaian hitam karena dianggap warna berkabung, tidak boleh membiarkan anak-anak menangis atau rewel, tempat beras tidak boleh kosong serta tidak boleh menerima tamu di kamar tidur.

perayaan dekorasi tahun baru imlek 2017

Tahun Baru Imlek 2017 merupakan Tahun Ayam Api dan untuk perihal pekerjaan dipercaya Tahun Ayam Api adalah tahun dimana kesempurnaan merupakan hal yang utama. Jadi setiap orang yang memiliki shio apapun dituntut untuk untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna, rajin dan tidak boleh bermalas-malasan. ShioKemampuan untuk menghadapai kompetisi, tekanan dan masalah akan menjadi dasar kuat bagi seseorang supaya bisa berhasil dalam karir dan kehidupan sepanjang tahun 2017 ini.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar