tips naik pesawat untuk pemulaJika naik pesawat adalah kali pertama buat kamu maka ada baiknya menyimak tips naik pesawat untuk newbie berikut ini sebagai referensi. Seiring makin terjangkaunya harga tiket pesawat, saat ini siapa saja bisa naik pesawat. Industri penerbangan Indonesia yang terus berkembang terutama maskapai berbiaya murah atau low cost carrier menyebabkan akan semakin banyak orang yang bepergian dengan pesawat di masa yang akan datang seiring dengan terus meningkatnya jumlah penduduk kelas menengah. Orang yang newbie naik pesawat juga akan semakin banyak dan mungkin sebagian dari mereka masih bingung mengenai prosedur masuk bandara hingga naik ke pesawat. Berikut ini panduan umum apa yang harus kamu lakukan sebelum naik pesawat untuk liburan atau urusan lainnya.

Langkah Pertama
Siapkan tiket pesawat kamu. Jika membeli tiket secara online maka kamu bisa cetak tiket elektronik yang dikirimkan ke alamat emailmu. Namun jika beli melalui travel agent atau agen perjalanan biasanya sudah langsung mendapatkan tiket cetak.

Langkah Kedua
Sebelum berangkat ke bandara pastikan barang bawaan kamu ditempatkan terpisah-pisah dalam tas yang kecil untuk menyimpan barang penting seperti dompet, uang, handphone atau passport serta tas yang lebih besar untuk menyimpan pakaian, oleh-oleh atau barang yang kurang penting lainnya. Perkirakan berat tas-tas yang kamu bawa tidak melebihi kuota bagasi pesawat. Jika melebihi kuota kamu akan dikenakan biaya tambahan.

Langkah Ketiga
Datanglah ke bandara paling lambat satu jam sebelum keberangkatan pesawat untuk menghindari antrean saat masuk ke dalam terminal dan saat check in. Tunjukkan tiket pesawat ke petugas dan setelah barang bawaan dicek kamu sudah bisa masuk untuk check in di konter maskapai penerbangan. Pada saat check in kamu akan diminta menunjukkan KTP dan tiket pesawat serta dilakukan pengecekan barang bawaan untuk dtempatkan di bagasi. Setelah selesai check in kamu akan mendapatkan boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat). Pada boarding pass tertera nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan pesawat kamu.

Langkah Keempat
Saat berada di boarding room duduklah di gate yang tertera di boarding pass. Jika tidak yakin kamu bisa menanyakan petugas yang berjaga di sana. Di boarding room kamu bisa mendengarkan informasi status keberangkatan atau kedatangan pesawat. Dengarkan seksama rute pesawat dan nomor penerbangan yang sewaktu-waktu diumumkan petugas supaya kamu bisa siap-siap jika akan masuk pesawat.

Langkah Kelima
Ketika berada di dalam pesawat kamu bisa langsung mencari tempat duduk sesuai yang tertera pada boarding pass dan jika bingung bisa minta bantuan pramugari atau pramugara yang bertugas. Barang bawaan yang bisa dipangku bisa kamu letakkan dekat kursi namun tas atau koper yang berukuran agak besar bisa diletakkan di kabin bagasi pesawat di atas tempat duduk kamu. Kenakan sabuk pengaman dan tunggu instruksi pilot atau pramugari tentang jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat di tempat tujuan.

Langkah Keenam
Saat tiba di bandara tujuan dengarkan instruksi pramugari atau pramugara hingga pesawat benar-benar berhenti sebelum bisa mengambil barang bawaan dan turun dari pesawat. Jika kamu menaruh barang di bagasi pesawat maka segera menuju tempat pengambilan bagasi sesuai nomor pesawat.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar