Tips Mengatasi Phobia Naik Pesawat

Konon katanya pesawat terbang adalah sarana transportasi paling aman di dunia. Walaupun demikian tidak sedikit orang yang masih was-was atau khawatir saat hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Dalam istilah medis penyakit yang dialami orang-orang akibat ketakutan atau kekhawatiran luar biasa naik pesawat terbang disebut dengan aviophobia. Ada banyak hal yang membuat sejumlah orang phobia naik pesawat namun intinya ketakutan akan jatuh dari ketinggian. Pemberitaan di surat kabar atau televisi atau media online tentang kecelakaan pesawat dan serangan teroris secara psikologis semakin membuat takut orang yang sudah menderita phobia akan ketinggian. Nah, jika kamu salah satu orang yang phobia ketinggian termasuk takut naik pesawat maka simak tips mengatasi phobia naik pesawat berikut ini.

Hindari Berita & Film
Membaca berita tentang kecelakaan pesawat boleh saja namun hindari menyimaknya secara mendetail karena secara tidak langsung akan memicu rasa takut dalam diri yang bisa memperparah aviophobia kamu. Sebaiknya film yang menampilkan adegan pesawat jatuh atau insiden di dalam pesawat juga dihindari dan mulailah menyetel film yang bernuansa drama dan komedi. Bukan apa-apa takutnya visualisasi di film tentang insiden pesawat terus terbayang di dalam pikiran.

Percayai Fakta
Menurut penelitian transportasi udara merupakan yang paling aman di dunia. Penelitian ini merupakan fakta yang harus kamu percayai karena peristiwa jatuhnya pesawat adalah kejadian yang sangat langka dan sangat jarang terjadi dibandingkan dengan kecelakaan terjadi di jalan antara motor atau mobil. Jadi kemungkinan seseorang meninggal karena kecelakaan pesawat sangatlah kecil.

Berpikir Positif
Jangan membayangkan hal-hal buruk saat hendak naik pesawat terbang. Cobalah berpikir positif dengan membayangkan kegembiraan dan kesenangan yang akan kamu alami saat tiba di tempat tujuan. Berjumpa dengan keluarga, kawan lama atau mengenal tempat baru pastinya suatu hal yang akan membuat kamu gembira bukan? Tanamkan hal ini di pikiran untuk membuat perjalanan menjadi nyaman.

Pilihlah Kursi di Deretan Terdepan
Jika memang phobia naik pesawat namun harus melakukan penerbangan maka ada baiknya kamu memesan kursi pesawat di deretan terdepan karena jika terjadi turbulensi maka efeknya tidak separah jika duduk di kursi bagian belakang pesawat. Jika memungkinkan hindari juga kursi di dekat jendela karena akan membuatmu penasaran melihat pemandangan di luar yang dikawatirkan bisa membuat tambah panik dan khawatir.

Hindari Minum Kopi & Teh
Menurut penelitian minuman berkafein bisa meningkatkan rasa cemas seseorang. Pilihlah air putih atau jus jika memang haus karena jika terjadi dehidrasi pada tubuh juga bisa menyebabkan fobia.

Relaksasi di Pesawat
Sebelum pesawat tinggal landas atau landing ada baiknya melakukan relaksasi dari tempat duduk dengan mengatur pernafasan supaya tidak grogi dan cemas serta tidak lupa berdoa memohon keselamatan.

Cari Kesibukan
Ajaklah penumpang di sebelah kamu untuk mengobrol atau berinteraksi untuk menghilangkan ketakutan naik pesawat dan rasa cemas dalam pikiran. Membaca buku & majalah, mendengarkan musik atau bermain video game juga bisa mengalihkan kecemasan ketika berada di pesawat. Namun jika memang tidak ada yang bisa mengalihkan pikiran kamu cobalah untuk tidur sesegera mungkin sebelum pesawat tinggal landas. Jangan khawatir karena sesampai di bandara tujuan pramugari cantik akan membangunkan jika kamu terlalu lelap tidur.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar