Tips Liburan Bersama Keluarga di Pantai

Pantai merupakan tempat liburan yang murah dan menyenangkan dinikmati keluarga. Supaya liburan kita nyaman, simak tips liburan bersama keluarga di pantai berikut ini karena liburan di pantai juga memiliki resiko yang cukup berbahaya terutama untuk anak kecil. Kita sebagai orang tua wajib memperhatikan panduan keamanan dan mengantisipasi kejadian buruk yang bisa terjadi saat berlibur di pantai sehingga resiko kecelakaan bisa diminimalisir.

Informasi Pantai. Pastikan informasi yang kita miliki mengenai pantai yang akan kita tuju cukup seperti keadaan gelombang, ada tidaknya batu karang, kebersihan pantai, dll. Jika dirasa aman dan cocok sebagai tempat liburan keluarga, lakukan persiapan barang dan perbekalan yang akan dibawa seperti baju ganti, handuk, pelampung, tabir surya, makanan & minuman, kamera dan uang.

Pakaian, Topi dan Tabir Surya. Pakailah topi untuk melindungi kepala, gunakan kacamata jika tidak tahan silau matahari, kenakan pakaian katun atau yang menyerap keringat serta oleskan tabir surya di sekujur tubuh.

Hindari Terpapar Sinar Matahari Langsung. Sinar matahari berbahaya antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Jadi tidak disarankan berjemur di pantai rentang jam tersebut.

Periksa Kondisi Air. Sebelum memutuskan untuk berenang ada baiknya kita memperhatikan keadaan air dan pasir di sekitar pantai. Periksa gelombang, ketinggian air, ada tidaknya batu karang dan binatang berbahaya yang bisa menyebabkan luka fatal.

Perhatikan Kegiatan Anak-anak. Walaupun kondisi pantai dirasa sudah aman, kita wajib mengawasi kegiatan anggota keluarga lain terutama anak-anak. Pantai juga bisa menjadi tempat yang berbahaya dan anak kecil sangat rawan terseret ombak. Jangan izinkan anak berenang terlalu dalam.

Bawalah Perlengkapan P3K. Musibah bisa terjadi kapan saja termasuk saat liburan di pantai, oleh karena itu tidak ada salahnya kita menyiapkan kotak P3K mengantisipasi kejadian seperti luka gores karena menginjak batu atau kulit iritasi karena digigit binatang laut.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar