Hendak mencoba destinasi wisata yang ada di luar negeri? Simak tips hemat wisata ke luar negeri berikut ini terutama untuk kamu yang baru pertama kali akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Saat ini berwisata ke luar negeri tidaklah hal yang sulit. Semua kemudahan bisa kamu dapatkan berkat perkembangan teknologi dan kemajuan internet seperti misalnya info harga tiket pesawat, itenary perjalanan, tiket masuk objek wisata hingga testimoni tempat akomodasi serta lokasi wisata tujuan. Namun tentunya traveling ke luar negeri tidak semudah traveling di dalam negeri karena terkendala sejumlah hal seperti bahasa, budaya dan situasi keamanan. Tidak usah khawatir…jika kamu mulai bosan dengan objek wisata yang berada di daerah tempat tinggal kamu dan ingin merasakan sensasi baru serta atmosfer yang berbeda selama menghabiskan masa liburan, segera simak tips hemat wisata ke luar negeri berikut ini!

  1. Persiapan Sebelum Bepergian

Sebelum bersiap melancong ke luar negeri, tentu saja kamu sebelumnya harus mempersiapkan diri dengan bekal penelitian mengenai seluk beluk dari negara yang akan dikunjungi. Usahakanlah untuk selalu mematangkan persiapan seperti untuk Visa dan Paspor, berapa banyak budget yang harus dikeluarkan, apa saja yang harus dibawa dan apa saja yang sepatutnya dikenakan. Alangkah baiknya apabila kamu menggali informasi lebih banyak mengenai budaya dan tradisi obyek wisata yang ingin dikunjungi melalui internet.

tips hemat wisata ke luar negeri

img source: viajerospiratas.es

  1. Gunakan Jasa Agen Perjalanan

Untuk memudahkan saat kamu berlibur atau menghemat pengeluaran, kamu bisa menggunakan jasa agen perjalanan. Apalagi jika kamu adalah tipe yang tidak suka ribet saat berwisata ke negeri orang. Paket perjalanan yang mencakup akomodasi, konsumsi, transportasi hingga guide tentunya memudahkan kamu dalam menghabiskan masa liburan dengan menyenangkan. Sebenarnya bisa saja kamu booking online paket tour sesuai destinasi pilihanmu dengan harga yang mungkin lebih murah namun karena ini pertama kali buat kamu jalan-jalan ke luar negeri ada baiknya memanfaatkan biro perjalanan wisata lokal terlebih dahulu.

  1. Siapkan Paspor

Dokumen penting ini tidak mungkin bisa kamu lewatkan apabila ingin berkunjung ke luar negeri karena paspor adalah identitasmu saat memasuki negara orang. Walau terdengar ribet dan meruwetkan, membuat paspor tidak sesulit seperti yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu membawa KTP, kartu keluarga asli, akta kelahiran dan beberapa surat referensi lainnya jika memang dibutuhkan. Bisa dilakukan di imigrasi manapun di  Indonesia asal sudah melengkapi segala persyaratan yang diperlukan. Biasanya untuk mengurus paspor diperlukan waktu kurang lebih seminggu hingga jadi.

  1. Visa

Visa ini merupakan surat izin yang dikeluarkan suatu negara kepada warga negara asing yang akan masuk ke negara tersebut. Dalam hal kerjasama antar negara, banyak negara yang membebaskan pengurusan Visa ini dengan menerapkan Visa on arrival (VOA). Negara-negara Asean seperti Malaysia, Singapura, Thailand, membebaskan Visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI), meskipun ada juga beberapa negara Asean yang masih menerapkan VOA. Bila masih kebingungan Negara apa saja yang menerapkan VOA, maka kamu bisa search di Google. Karena ini pertama kali buat kamu jalan-jalan ke luar negeri sebaiknya mulai berwisata mengunjungi negara yang membebaskan Visa saja terlebih dahulu. Namun jika kamu ingin langsung berwisata ke negara-negara yang memberlakukan Visa maka kamu bisa meminta bantuan travel agent untuk mengurus Visa kamu. Proses pengurusan Visa ini mulai 2 hingga 14 hari lamanya sesuai kebijakan kedutaan masing-masing negara tujuan.

  1. Hunting Tiket Pesawat

Apabila sudah menentukan negara tujuan wisata kamu ini saatnya berburu tiket pesawat. Berapa budget yang harus dikeluarkan untuk tiket pesawat? Tentu saja itu bergantung kepada perhitungan jarak dan waktu, kota atau negara mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket pesawat yang kamu beli merupakan harga promo atau harga normal. Apabila kamu sudah yakin dan menentukan tanggal keberangkatanmu ke luar negeri dengan pasti, membeli tiket dari jauh-jauh hari atau bahkan 3-4 bulan sebelum hari H merupakan salah satu trik untuk mendapatkan harga yang lebih hemat atau mencari rute penerbangan termurah. Selalu pantau harga tiket pesawat online di situs resmi masing-masing maskapai.

  1. Berkemas dengan Efektif

Karena tarif bagasi cukup mahal, maka alangkah baiknya apabila kamu membawa barang seperlunya agar tidak menambah beban budget untuk menyewa bagasi di pesawat. Langkah ini juga untuk antisipasi kamu memborong oleh-oleh di negara tujuan yang menyebabkan muatan koper kamu berlebih saat balik ke Indonesia.

tips hemat liburan ke luar negeri

  1. Menyiapkan Itinerary

Agar kegiatan berliburmu tersusun dan terjadwal dengan baik di negara asing yang kamu tuju, ada baiknya mempersiapkan itinerary agar kamu memiliki gambaran umum mengenai objek wisata yang akan kamu kunjungi. Walaupun dari peta terlihat dekat, namun tetap perhatikan waktu tempuh dan jadwal transportasi seperti bus, kereta atau boat untuk mengantarkan kamu ke destinasi wisata yang kamu tuju tanpa membuang waktu.

  1. Manfaatkan Kartu Kredit

Jangan terlalu khawatir apabila uang cashmu sudah habis lalu buru-buru menarik uang dari ATM. Karena menarik uang  ATM di luar negeri tentunya akan dikenakan biaya administrasi yang jumlahnya tidak sedikit. Manfaatkanlah kartu kredit ketika berbelanja di tempat yang menyediakan jenis pembayaran dengan kartu kredit supaya praktis, tidak terlalu memberatkan dan menghindari kamu dari menyimpan uang cash berlebihan saat jalan-jalan.

tips wisata hemat ke luar negeri

  1. Hindari Berkunjung Saat Peak Season

Pelajari kondisi wisata di negara tujuan kamu untuk mengetahui momen peak dan low season karena tentu saja jika peak season maka semua harga kebutuhan di lokasi wisata menjadi lebih mahal terutama tiket pesawat, hotel dan juga transportasi.

  1. Wisata Belanja & Oleh – Oleh

Bila pergi berwisata rasanya kurang tanpa meluangkan waktu untuk berbelanja dan membeli oleh-oleh. Dalam memilih tempat untuk berbelanja, maka usahakanlah untuk menyesuaikan budget dengan item yang akan kamu beli serta jangan sampai terlalu memberatkan koper yang akan berpengaruh pada harga bagasi di pesawat nantinya.

Itu tadi tips hemat wisata ke luar negeri yang bisa kamu jadikan referensi sebelum berlibur ke negeri orang. Sudah ngga ragu lagi kan untuk menjelajah tempat wisata baru?

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar