Taman Safari Prigen atau dikenal juga dengan nama Taman Safari Indonesia 2 merupakan tempat wisata kebun binatang terpadu yang menjadi bagian dari Taman Safari Indonesia Group. Taman Safari Prigen berlokasi di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dan nama Prigen itu sendiri diambil dari nama kecamatan tempat kebun binatang ini berdiri.

Luas Taman Safari Prigen yang mencapai 250 hektar menjadikannya sebagai Taman Safari terbesar di Asia, jauh lebih luas dibandingkan dengan Taman Safari Indonesia Cisarua dan Taman Safari Bali serta telah menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Timur. Lokasi tepatnya berada di lereng Gunung Arjuna dengan ketinggian 800 hingga 1500 di atas permukaan laut dan hanya berjarak sekitar 50 kilometer dari Surabaya dan sekitar 45 kilometer dari Kota Malang.

lokasi taman safari prigen di lereng gunung arjuna

Para pengunjung bisa dengan leluasa mengamati satwa liar beraktivitas di habitatnya masing-masing serta menikmati segarnya udara lereng Pegunungan Arjuno yang sejuk. Taman Safari Prigen mengusung konsep kebun binatang ala Afrika yang membiarkan satwa bebas di alam terbuka dan untuk melihat satwa para pengunjung harus mengunakan mobil pribadi, mobil wisata atau tramp yang telah disediakan untuk kenyamanan dan keamanan.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat konservasi hewan-hewan langka, Taman Safari Prigen juga dijadikan tempat rekreasi sambil belajar yang menarik, sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga terutama anak-anak karena dengan berkunjung ke kebun binatang ini mereka dapat mengenal kehidupan macam-macam hewan di habitat aslinya.

taman safari indonesia 2 di prigen pasuruan

Binatang atau satwa yang ada di Taman Safari Prigen berasal dari lima benua yaitu Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia. Para pengunjung bisa melihat langsung kehidupan hewan seperti Gajah Sumatra, Singa, Harimau Bengala, Harimau Sumatra, Ular, Rusa, Orangutan, Beruang, Kangguru dan masih banyak lagi.

Secara umum Taman Safari Prigen dibagi menjadi tiga zona yang masing-masing memiliki keunikannya dan paling menarik, yaitu:

Zona Kehidupan Satwa

zona kehidupan satwa

Zona ini merupakan lokasi tempat satwa dibiarkan hidup di alam bebas dan semua ragam satwa tersebut hidup sesuai habitat asli mereka supaya merasa nyaman. Untuk bisa menjelajah zona ini para pengujung diwajibkan menggunakan kendaraan mobil pribadi, angkutan wisata dan bisa juga mini bus yang telah disediakan pihak kebun binatang.

Zona Baby Zoo

zona baby zoo taman safari prigen

Zona Baby Zoo merupakan zona favorit bagi para siswa sekolah dan anak-anak karena mereka diperbolehkan untuk melihat lebih dekat beberapa satwa yang ada. Bahkan para pengunjung diijinkan untuk  memeluk dan berfoto dengan satwa-satwa tertentu. Sebagian besar satwa yang ada di sini masih anak-anak sehingga sangat aman untuk berinteraksi dengan mereka. Di zona ini juga para pengunjung bisa menyaksikkan pertunjukan aneka satwa yang dirangkum dan dijadwalkan dalam Animal Show.

Zona Rekreasi

Zona Rekreasi bisa menjadi tujuan terakhir para pengunjung usai mengenal kehidupan binatang yang ada di Taman Safari Prigen. Zona ini mencakup banyak sekali wahana permainan yang seru dan menarik seperti Bom Bom Car, Sepeda Layang, Puri Misteri, Waterpark, Paint Ball, 4D Cinema dan masing banyak lagi.

Dengan berbagai penawaran paket masuk ke Taman Safari Prigen para pengunjung bisa memilih aktivitas atau fasilitas yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Untuk fasilitas yang ada di Taman Safari Prigen antara lain Camping Ground untuk pengunjung yang hobi kegiatan camping di alam terbuka, Masjid untuk tempat ibadah, Banteng Camp untuk untuk tempat istirahat para pengunjung serta Restoran tempat makan dan minum pengunjung yang kelelahan usai berkeliling Kebun Binatang Prigen.