Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor merupakan salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia sekaligus pusat konservasi modern dengan berbagai koleksi flora dan fauna.

Kebun binatang yang dibangun di atas lahan seluas 168 hektar ini memiliki lebih dari 280 spesies satwa dan dikeliling lebih dari lima ribu pohon sehingga menambah kesejukan taman untuk kehidupan satwa.

Konsep Taman Safari Indonesia yang berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak ini adalah membiarkan satwa berkeliaran bebas sesuai dengan habitat asli binatang tersebut.

Di Taman Cisarua Bogor ini para pengunjung tidak hanya akan menikmati keindahan alam saja namun juga bisa berinteraksi langsung atau melihat dari dekat semua binatang berkeliaran dengan bebas.

Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor

Pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan mobil pribadi atau bus yang telah disediakan pihak pengelola untuk keliling kawasan konservasi namun para pengunjung tidak diperkenankan keluar dari mobil atau membuka pintu serta jendela karena bisa sangat berbahaya jika ada satwa liar atau nakal yang mencoba menggangu para penumpang.

Ribuan satwa berkeliaran secara bebas layaknya di habitat mereka, bisa ditemukan di Taman Safari Indonesia, antara lain Gajah, Macan Tutul, Macan Kumbang Afrika, Jerapah, Binturong, Anoa, Rusa, Malayan Tapir, Kerbau, Kuda Nil, Beragam Unta, Beragam burung, Bison Eropa, Babirusa, Singa, Badak Putih, Buaya, Orangutan Kalimantan, Kapibara dan masih banyak satwa lainnya.

satwa-taman-safari-indonesia-di-jalan

Kebun Binatang Taman Safari Indonesia sendiri sudah ada sejak tahun 1980 yang berfungsi bukan hanya untuk pelestarian satwa-satwa langka saja namun juga sebagai tempat wisata edukasi dengan tambahan petualangan alam seru yang sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau kerabat.

Selain dapat menyaksikkan satwa dari jarak dekat yang bebas berkeliaran di kawasan kebun binatang, para pengunjung juga bisa menonton beragam atraksi atau pertunjukan yang melibatkan hewan serta menikmati lebih dari dua puluh wahana permainan yang tersedia.

Animal show yang dipertontonkan sesuai dengan jadwal seperti Elephant Show, Cowboy Show, Tiger Show, Birds of Prey Show, Safari Theatre dan lain-lain.

pertunjukan-binatang-di-taman-safari-indonesia

Sementara itu untuk wahana permainan yang disediakan antara lain Lolly Swing, Kincir Raksasa, Crazy Plane, Sepeda Air, BomBom Car, Sepeda Layang, Rumah Hantu 3D, Bumber Boat dan masih banyak lagi.

wahana-permainan-taman-safari-indonesia

Di Indonesia, Taman Safari tersebar di tiga provinsi yaitu Taman Safari di Cisarua Bogor I, Jawa Barat, Taman Safari II di Gunung Arjuna, Prigen, Jawa Timur dan Taman Safari III (Taman Safari Bali atau Bali Safari and Marine Park) di Serongga Gianyar, Bali.

Di antara tiga lokasi tersebut, Taman Safari I di Bogor adalah situs yang paling terkenal bagi wisatawan domestik maupun asing. Dibangun sekitar tahun 1980, Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor sebelumnya disebut Taman Safari Radio and Taman Safari Televisi Indonesia.

Taman Safari Cisarua Bogor ini juga sekaligus berfungsi sebagai zona penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang berada di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 16 – 24 derajat Celsius.

Harga tiket masuk Taman Safari Cisarua Bogor dikelompokkan dalam 2 kategori yaitu untuk wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara (wisatawan internasional). Kisaran harganya mulai 160 ribu hingga 350 ribu untuk sekali masuk area kebun binatang.

mengenal-taman-safari-indonesia-cisarua-bogor

Pihak pengelola juga menawarkan dua pilihan waktu untuk menikmati suasana kebun binatang yaitu safari siang dan safari malam. Untuk safari siang Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor buka mulai pukul 8.30 pagi dan berakhir pukul 17.00 kemudian dilanjutkan dengan safari malam mulai pukul 17.00 hingga 21.00 waktu setempat.

SAFARI SIANG : Berkendara keliling hutan dengan kendaraan pribadi, melihat tingkah laku satwa di balik jendela kendaraan anda. Menikmati 9 show satwa secara gratis. Dan aneka wahana permainan seperti rumah hantu 3D.

SAFARI MALAM : Safari malam Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor menawarkan petualangan di alam terbuka. Pengunjung akan diajak melihat langsung aktifitas satwa dari dekat di malam hari  dengan menggunakan kereta wisata yang terbuka.