Rekreasi bersama keluarga di Kebun Raya Bedugul merupakan aktivitas favorit warga Bali juga wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan atau mengisi musim liburan. Objek wisata ini sudah sangat terkenal selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara terutama di akhir pekan atau saat musim liburan sekolah.

kebun-raya-bedugul

Untuk para wisatawan yang sering berkunjung ke Bali tentu sudah tidak asing dengan yang namanya Bedugul ini. Tahukah Anda bahwa Bedugul tepatnya Kebun Raya Bedugul merupakan salah satu tempat wisata favorit di Bali yang ramai dikunjungi oleh para turis domestik maupun mancanegara.

Bedugul adalah tempat yang nyaman untuk bersantai saat liburan ke Bali. Objek wisata ini terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan , Bali kurang lebih berjarak 45 km dari pusat kota. Atau kurang lebih berjarak 50 km ke arah utara dari ibukota provinsi Bali yaitu Kota Denpasar.

Bedugul juga sering dijadikan tempat event atau acara rekreasi perusahaan yang hendak mengadakan kegiatan outbound. Ini dikarenakan faktor alam di daerah bedugul yang sejuk dan suasana yang natural sangat cocok untuk kegiatan tersebut.

deretan-pohon-di-kebun-raya-bedugul

Bedugul juga dikenal dengan daerah puncak di Bali, karena lokasinya yang berada di dataran tinggi dan juga dilengkapi dengan sarana akomodasi sebagai pendukung daerah pariwisata, seperti banyak terdapat villa, pasar khusus oleh-oleh Bali lengkap dengan aneka sayur dan buah-buahan, kerajinan Bali dan adanya beragam aktivitas rekreasi di Bali untuk wisatawan.

pasar-kebun-raya-bedugul

Tempat wisata Bedugul terletak di dataran tinggi, di tempat wisata ini terdapat Danau Beratan. Danau Beratan terletak di ketingian 1250 meter diatas permukaan laut. Karena terletak di daerah dataran tinggi, maka Bedugul memiliki udara yang sejuk dan suhu berada di kisaran 17 hingga 25 derajat celsius.

Bukan hanya Danau, disekitar tempat ini juga terdapat sebuah Pura yang dikenal dengan sebutan Pura Ulun Danu sekaligus sudah menjadi salah satu objek wisata religi di Bali yang sangat ramai dikunjungi wisatawan.

pura-ulun-danu-beratan-bedugul

Mengenai sejarah Kebun Raya Bedugul ada beberapa cerita yang menyebutkan mengenai sejarah asal usul nama tempat wisata ini sehingga disebut Bedugul.

Cerita yang pertama yaitu, Bedugul diambil dari kata dua kata yaitu “Bedug” karena adanya kelompok masyarakat Muslim di sekitar bedugul dan “Kul” dari Kul-kul yang merupakan alat komuniksi tradisional masyarakat Bali yang fungsinya hampir sama seperti kentongan. Penggabungan kedua kata itulah yang kemudian menjadikan nama daerah ini disebut Bedugul.

Cerita lain sejarah asal usul nama Bedugul yaitu pada jaman dahulu ada seorang raja yang sedang mandi di Danau Beratan dan tak sengaja di lihat oleh warga sekitar, sambil mereka mengatakan bedogol Raja kelihatan. Itulah beberapa versi penamaan tempat wisata Bedugul.

Di Bedugul ada sebuah masjid yang telah berusia tua yang bernama Masjid Besar AL-Hidayah. Masjid ini berada di atas sebuah bukit kecil di sisi sebelah barat Danau Beratan. Didaerah ini para pemeluk agama islam dan agama hindu sangat toleran.

masjid-besar-al-hidayah-bedugul

Di sekitar tempat wisata Kebun Raya Bedugul banyak ditemui masjid-masjid jadi untuk anda yang muslim tidak perlu khuatir saat akan menjalankan kewajiban sholat.

Beberapa tempat wisata juga terdapat di kawasan Bedugul antara lain, Pura Luhur Ulun Danu Bedugul, Danau Beratan, Danau Tamblingan dan Buyan, Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Air Terjun Git-git dan Air Panas Angseri.

Dengan banyaknya tempat wisata di daerah ini, para pengunjung tidak akan bosan karena selain memang suasana alam yang hijau ditambah udaranya yang sejuk, pengunjung juga bisa berkeliling area lain yang sama sejuk dan indahnya.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar