20131003-Citilink-Airbus-A320-Sharklets-3

Menikmati liburan bersama keluarga dan orang – orang yang anda cintai merupakan suatu kewajiban yang harus dijalani setiap tahunnya. Kenapa demikian? Karena saat itulah kita bisa mereleksasikan pikiran akibat terlalu banyaknya kegiatan, pekerjaan dan kebosanan yang menyita waktu. Liburan bersama keluarga juga bisa mempererat hubungan serta menambah kebahagiaan dalam keluarga.

Sementara ini kendala banyaknya orang yang tidak bisa menikmati liburan karena biaya yang dibutuhkan cukup besar. Secara umum sekitar 60 persen anggaran liburan selalu habis untuk keperluan membeli tiket perjalanan. Hal ini memang benar apalagi jika rute untuk liburan diambil yang cukup jauh sehingga anggaran untuk membeli tiket pesawat pun membengkak. Hal ini tidak akan menjadi masalah buat yang memiliki dana lebih namun untuk yang beranggaran pas-pasan tentunya menjadi kendala dalam memutuskan jadi tidaknya liburan bersama keluarga.

Supaya bisa mengatur anggaran liburan menjadi lebih hemat, berikut ini ada beberapa trik supaya pengeluaran membeli tiket pesawat bisa diminimalisir.

  • Siapkan dokumen yang diperlukan.
    Tiket murah selalu jadi rebutan. Tidak jarang promo tiket pesawat selalu ludes dalam hitungan jam. Di sini kecepatan Anda sangat dibutuhkan. Saat booking tiket pesawat khususnya secara online, beberapa dokumen penting akan sangat dibutuhkan, misalnya kartu kredit sebagai alat pembayaran, kartu identitas atau paspor bila Anda ingin pergi ke luar negeri. Siapkan semua dokumen tersebut sebelum menentukan waktu liburan.
  • Persiapkan waktu yang panjang
    Sudah bukan rahasia lagi tiket pesawat murah bisa diperoleh jika dibeli jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Biasanya, maskapai penerbangan akan menjual tiket dengan harga 10-30 persen lebih murah. Bila beruntung, harga 50 persen lebih murah pun bisa Anda dapatkan. Selain itu, faktor kapan Anda ingin berangkat dan pulang juga berpengaruh untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah. Jadi, silakan hitung tanggal keberangkatan liburan, sesuaikan dengan jadwal anggota keluarga lain yang turur serta dan jangan lupa cek kalender liburan untuk memastikan waktu terbaik untuk liburan.

Salah satu maskapai yang penjualan tiketnya cukup terjangkau adalah Citilink Indonesia. Maskapai ini menyiapkan setidaknya 230 penerbangan per hari atau meningkat 19 % dari penerbangan normal yang mencapai 194 penerbangan per harinya untuk mengantisipasi musim liburan tiba, serta menyediakan sebanyak 140.760 kursi tambahan sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan penumpang terutama di Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Penambahan frekuensi penerbangan tersebut mulai berlangsung sejak tanggal 10 Juli dan akan berlangsung terus hingga 27 Juli 2015. Untuk memenuhi penambahan frekuensi tersebut Citilink memaksimalkan penerbangan dari Bandara Cengkareng dan Halim Perdana Kusuma.

Citilink mengajukan 36 penerbangan tambahan (extra flight) per hari untuk rute-rute yang selama ini terkenal padat. Peningkatan signifikan terjadi untuk rute Jakarta-Surabaya, Jakarta – Medan, Jakarta – Padang, Jakarta – Solo, Jakarta – Malang dan juga rute-rute padat lainnya. Dengan rata-rata penambahan penerbangan ekstra antara satu penerbangan hingga empat penerbangan di rute-rute padat. Penerbangan Jakarta (Cengkareng) – Padang merupakan rute yang mendapatkan penerbangan tambahan terbesar. Dari dua kali penerbangan menjadi enam kali penerbangan atau mendapatkan empat penerbangan tambahan. Ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Rute penerbangan padat lainnya adalah penerbangan Jakarta-Surabaya yang menjadi 17 penerbangan per hari (sepuluh penerbangan dari Bandara Cengkareng dan tujuh penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma). Begitu juga dengan Jakarta – Medan menjadi delapan penerbangan (empat penerbangan dari Cengkareng dan empat penerbangan dari Halim), Jakarta – Solo dan Jakarta-Malang masing-masing menjadi dua penerbangan dalam sehari.

Dengan memaksimalkan penggunaan 35 pesawat Airbus A320, Citilink berharap bisa menyediakan penerbangan yang murah namun tetap mengutamakan keselamatan para penumpang. Pihak citilink juga memastikan semua armada menjalani pemeriksaan supaya tidak ada kendala dalam hal keselamatan dan delay dalam penerbangan. Demikian pula dari segi pelayanan sebelum, selama dan sesudah penerbangan akan terus ditingkatkan sesuai spirit Citilink, yaitu Simple, On-time, dan Convenience.

Data Kementrian Perhubungan memperkirakan penumpang angkutan udara selama periode mudik Lebaran 2015 diperkirakan mencapai 6,3 juta orang atau naik 56 persen dari realisasi tahun 2014 yang mencapai 4,04 juta penumpang. Penumpang domestik diperkirakan mencapai 5,4 juta orang, sedangkan penumpang luar negeri 800.000 orang. Peningkatan tersebut dipicu musim mudik yang lebih lama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan bertepatan dengan liburan sekolah. Tahun 2015, pemerintah menetapkan musim mudik selama 26 hari, sementara pada tahun 2014 tercatat 16 hari. Operator pesawat udara dan bandara juga menyatakan kesiapannya dengan menambah kapasitas angkutan menjadi 7 juta kursi atau sebanyak 280.786 kursi per hari. Angka tersebut meningkat signifikan dari realisasi kapasitas pada 2014 yang 4,39 juta kursi. Direktur Komersial Citilink Indonesia Hans Nugroho mengatakan, berbagai kemudahan juga dilakukan Citilink bagi penumpangnya. Untuk semua tujuan penerbangan tambahan selama musim Lebaran akan diberikan harga spesial.

Tentang Citilink

Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya pada Desember 2014 Citilink melayani 194 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke 23 kota tujuan. Kota-kota tujuan tersebut adalah Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makassar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan, Solo, Surabaya, dan Palangkaraya.

Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmennya meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan, antara lain dari Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, The Budgies and Travel Awards 2012 untuk kategori Best Overall Marketing Campaign, penghargaan Service To Care Award 2012 untuk Airlines Category dari Markplus Insight, dan Indonesia Leading Low Cost Airlines selama empat tahun berturut-turut sejak 2011 dari ITTA Foundation serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.

Ingin pesan tiket pesawat Citilink? Cari di Vokamo dan dapatkan penawaran spesial dari semua maskapai resmi. Nikmati promo tiket pesawat CITILINK.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar