Kota Yogyakarta atau yang juga biasa disebut Jogja merupakan sebuah kota yang terkenal akan keramah-tamahan warganya, keindahan alamnya serta peninggalan sejarahnya yang memiliki nilai seni tinggi. Jogja adalah pilihan tepat untuk dikunjungi para wisatawan yang menyukai wisata alam, wisata sejarah dan wisata kuliner. Berikut ini ada pilihan 15 tempat wisata di Jogja yang paling sering dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

1. Candi Borobudur
Walaupun lokasi Candi Borobudur tidak persis berada di Jogja karena berada di Kota Magelang namun Candi ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan yang tengah berkunjung ke Yogyakarta. Letaknya sekitar 40 kilometer dari Yogyakarta. Candi Borobudur merupakan Candi Budha terbesar di dunia karena banyak memiliki relief dan Patung Budha di sekitar candi. Hingga saat ini Candi Borobudur masih dikunjungi oleh para Biksu dari berbagai penjuru dunia untuk berziarah karena Candi Borobudur merupakan sebuah tempat suci bagi umat Budha.
candi borobudur magelang

2. Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia karena memiliki banyak relief yang terukir mengelilingi candi dan ukiran-ukiran tersebut menceritakan tentang kisah Ramayana. Lokasi Candi ini berada sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Jogja. Akses ke lokasi candi juga sangat mudah karena terletak dekat dengan jalan raya. Jadi selain Candi Borobudur wisatawan juga bisa mengunjungi Candi Prambanan untuk menikmati keindahan dan keunikan masing-masing candi.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - candi prambanan

3. Malioboro
Malioboro merupakan nama jalan yang sangat terkenal di Yogyakarta dan sudah menjadi tempat wisata paling popular untuk belanja dan kuliner. Nama Malioboro sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta yang artinya adalah Karangan Bunga. Pada siang hari wisatawan bisa berbelanja pakaian, aksesoris, batik, kerajinan tangan ataupun tas sepuasnya karena harganya yang cenderung murah. Sementara pada malam hari wisatawan bisa mencoba wisata kuliner dengan beragam pilihan makanan dan masakan khas setempat.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - malioboro

4. Tugu Jogja
Tugu Jogja merupakan salah satu ikon Kota Jogja yang wajib dikunjungi jika tengah liburan di Yogyakarta. Tugu Jogja berupa bangunan tugu biasa yang dibangun ditengah-tengah sebuah persimpangan jalan. Memang pada siang hari tugu ini terlihat biasa saja namun menjelang malam maka akan ada banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini untuk sekedar jalan-jalan sambil berfoto ria.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - tugu jogja

5. Keraton Jogja
Salah satu ikon Kota Jogja yaitu Keraton Kasultanan yang berlokasi tidak jauh dari Jalan Malioboro. Tempat ini sangat sering dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara karena berhubungan dengan seni dan sejarah Jawa. Museum dan pendopo merupakan dua tempat yang menjadi favorit kunjungan wisatawan. Pendopo menyajikan pemandangan bangunan berupa Rumah Joglo. Sementara di museum para wisatawan bisa melihat benda-benda koleksi yang berhubungan dengan Keraton Kasunanan serta kebudayaan Jawa secara umum.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - keraton jogja

6. Benteng Vredeburg
Tidak jauh dari Jalan Malioboro terdapat satu lagi obyek wisata bersejarah yaitu Benteng Vredeburg. Benteng ini bisa dikatakan sebagai saksi tentang berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu. Seperti halnya di Kraton Jogja, Benteng Vredeburg juga memiliki museum dan ruang yang diberi nama Diorama. Museum dan Diorama tersebut menceritakan tentang sejarah Bangsa Indonesia.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - benteng vredeburg

7. Istana Ratu Boko
Istana Ratu Boku terletak sekitar dua kilometer arah timur dari Candi Prambanan. Istana ini terkenal sebagai tempat untuk menyaksikkan suasana matahari terbenam atau sunset karena posisinya yang berada di atas sebuah bukit. Kompleks Istana Ratu Boko ini terdiri dari gapura, lapangan, paseban serta kolam peninggalan sejarah.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - istana ratu boko

8. Kampung Wijilan
Salah satu lokasi wisata kuliner yang menjadi primadona di Jogja adalah Kampung Wijilan yang terkenal akan kuliner gudegnya. Kampung Wijilan merupakan tempat terbaik bagi wisatawan yang menyukai makanan gudeg. Namun tidak hanya gudeg saja yang tersedia di Wijilan, beragam masakan khas Jogja yang lain juga tersedia.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - kampung wijilan

9. Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisonal dan merupakan salah satu pusat kegiatan ekonomi masyarakat Jogja. Di dalam pasar tradisonal tertua Jogja ini para wisatawan dapat berbelanja oleh-oleh khas Jogja dengan harga cenderung lebih murah. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke pasar ini akan memborong kain atau pakaian batik sebagai oleh-oleh.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - pasar beringharjo

10. Candi Plaosan
Candi Plaosan berlokasi sekitar 2,6 kilometer dari Candi Prambanan dan merupakan gabungan beberapa candi yang membentuk sebuah perkumpulan dengan aneka ragam relief yang menarik. Posisi Candi Plaosan sendiri terletak di pertengahan sawah milik warga dan para wisatawan yang berkunjung akan disuguhkan juga pemandangan areal persawahan yang indah serta aktivitas warga di sekitar persawahan.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - candi plaosan

11. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling popular di Jogja terletak sekitar 25 kilometer selatan Kota Yogyakarta tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai ini memiliki keunikan  berupa ombaknya yang besar serta keberadaan gunung-gunung pasir sekitar kawasan pantai yang disebut dengan Gumuk. Wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis juga bisa menikmati aktivitas lain seperti naik motor ATV, naik kuda, naik dokar serta mencoba olahraga paralayang dengan harga sewa yang bervariasi.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - pantai parangtritis

12. Pantai Gunung Kidul
Gunungkidul Yogyakarta disinyalir memiliki lebih dari 60 pantai dengan keindahan dan keunikan masing-masing yang berjejer di daerah bagian selatan Jogja. Masing-masing pantai di Gunungkidul memiliki keistimewaan yang berbeda-beda baik dari segi pemandangannya, fasilitasnya atau berbagai kegiatan yang dapat pengunjung lakukan di sana. Selain wisata pantai para pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner yang berbeda-beda.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - pantai gunungkidul

13. Wisata Merapi
Wisatawan yang suka petualang bisa mencoba wisata adventure di lokasi wisata Merapi sekitar daerah Cangkringan dan Kinahrejo. Dengan menyewa motorcross atau ATV wisatawan sudah bisa berkeliling melewati situs-situs bekas letusan Merapi. Lokasi bekas aliran lahar Merapi juga bisa dikunjungi termasuk bekas rumah tinggal Mbah Maridjan serta sejumlah bangunan yang sudah hancur akibat erupsi Merapi serta bukit-bukit yang terbentuk dari sisa letusan Gunung Merapi.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - wisata merapi

14. Gua Selarong
Untuk wisatawan yang menggemari sejarah maka Gua Selarong tidak boleh dilewatkan. Dulunya Gua Selarong merupakan markas Pangeran Diponegoro bersama pasukannya saat melakukan aksi perang gerilya melawan penjajah Belanda antara tahun 1825 hingga 1830. Gua Selarong memiliki dua gua utama yaitu Gua Kakung dan Gua Putri. Gua Kakung merupakan kediaman Pangeran Diponegoro sementara Gua Putri merupakan kediaman selir Diponegoro bernama Raden Ayu Ratnaningsih yang telah setia sejak kedua istri Pangeran Diponegoro wafat. Selain digunakan sebagai tempat belajar sejarah, Gua Selarong bisa digunakan juga sebagai tempat menyepi dan berdoa.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - gua selarong

15. Gua Jomblang
Selain punya wisata pantai, kawasan Gunung Kidul juga menyimpan keindahan gua-gua yang tersebar di beberapa tempat  dan salah satunya yaitu Gua Jomblang. Gua ini terletak di kawasan pegunungan karts yang ada di Gunungkidul. Gua ini memiliki mulut gua vertikal dengan jarak antara bibir gua dengan dasarnya bervariasi dengan kedalaman hingga mencapai 80 meter. Ada empat jalur untuk wisatawan supaya bisa memasuki dasar gua ini dan yang paling mudah yaitu melalui jalur VIP. Rasa lelah akan sirna saat berhasil mencapai dasar gua dan menyaksikkan keindahan di dalamnya.
Pilihan 15 Tempat Wisata di Jogja - gua jomblang

Jika ditelusuri lebih lanjut sebenarnya ada banyak lagi objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan saat liburan di Yogyakarta. Semoga pilihan 15 tempat tempat wisata di Jogja di atas bisa menjadi panduan untuk para traveller.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar