Selain terkenal karena buah Apel dan kesejukan alamnya, Malang juga cukup terkenal dengan sejumlah tempat wisatanya yang menarik dan sayang jika dilewatkan saat berlibur ke kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini. Supaya tidak mengenal Malang hanya dari Apelnya saja, berikut ini ada pilihan 10 objek wisata di Malang yang bisa dikunjungi.

1. Kusuma Agrowisata  
Objek wisata Kusuma Agrowisata berlokasi di Kota Wisata Batu sekitar 19 kilometer dari Kota Malang. Terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut menyebabkan tempat wisata ini selalu sejuk dan menyegarkan. Saat berkunjung ke Kusuma Agrowisata para pengunjung tidak hanya bisa merasakan sensasi berkebun dan memetik apel saja namun juga bisa melakukan kegiatan outbound seperti main air di waterpark, bermain airsoft atau berkendara ATV.
objek wisata di malang kusuma agrowisata

 

2. Jatim Park I
Objek wisata Jatim Park I berlokasi di kawasan Batu dan berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Malang. Jatim Park I merupakan salah satu tempat wisata favorit di Malang karena memiliki konsep sebagai taman rekreasi sekaligus tempat edukasi dengan puluhan wahana yang dapat menghibur para pengunjung. Ciri khas tempat ini yaitu keberadaan relief wajah Ken Arok dekat wahana kolam renang. Untuk wahana edukasi ada Science Stadium yang merupakan laboratorium outdoor dan indoor berisi ragam informasi dan alat peraga untuk pengetahuan ilmu fisika, biologi, kimia dan matematika. Sementara itu untuk wahana permainan Jatim park I memiliki diantaranya Flying Tornado, Mini Jet, Spinning Coaster, Midi Skater, Drop Zone dan Bioskop 3D.
wisata jatim park 1

3. Jatim Park II
Objek wisata Jatim Park II berlokasi di kawasan Batu, Malang menawarkan konsep wisata alam dengan dua zona wisata utama yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Di Batu Secret Zoo para pengunjung bisa melihat ragam binatang di wahana akuarium, tiger land, kolam kuda nil dan wahana padang rumput. Sementara itu di Museum Satwa para pengunjung bisa menikmati pemandangan beragam hewan yang sudah mati dan diawetkan dari berbagai belahan dunia. Salah satu tempat favorit yang digunakan untuk berfoto ria adalah tempat dimana sebuah replika kerangka raksasa Dinosaurus berada. Pada tempat ini juga terdapat Insectarium tempat untuk melihat berbagai hewan serangga yang telah diawetkan.
wisata jatim park 2 di malang

4. Eco Green Park
Objek wisata Eco Green Park berada di Kota Batu, Malang dan masih satu lokasi dengan objek wisata Jatim Park II. Eco Green Park menawarkan taman rekreasi edukasi dengan keberadaan kebun binatang mini serta informasi mengenai cara memelihara lingkungan sekitar. Sejumlah wahana akan menyambut pengunjung diantaranya patung gajah besar yang terbuat dari televisi bekas, Jungle Adventure yaitu kegiatan mengelilingi hutan buatan dengan aksi tembak menembak, wahana rumah terbalik dimana bentuk rumah dan perabotan yang terdapat di dalamnya juga terbalik, Geology Science Center, Walking Bird Park, Animal Farm, Duck Kingdom, Pasar Burung, Insectarium, dll.
wisata eco green park di malang

5. Museum Angkut
Objek Wisata di Malang selanjutnya yaitu Museum Angkut yang berlokasi di Kota Wisata Batu Malang dan menawarkan beragam koleksi sarana dan prasarana angkutan transportasi baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Di Museum Angkut, para pengunjung bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah dan perkembangan transportasi di dunia dengan cara yang menyenangkan. Koleksi museum ini antara lain sepeda onthel, delman, mobil listrik, sampai mobil balap F1. Sejumlah zona untuk jalan-jalan dan berfoto ria juga tersedia di Museum Angkut antara lain Zona Edukasi, Italia, Inggris, Perancis, Jerman, Jepang dan Batavia. Masing-masing zona dibuat semirip mungkin dengan yang asli mulai dari jalanan hingga ciri khasnya.
wisata museum angkut di malang

6. Pantai Balekambang
Objek wisata Pantai Balekambang berlokasi di Kecamatan Bantur sekitar 65 kilometer dari Kota Malang. Pantai Balekambang memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan karang laut sepanjang 2 kilometer, juga 3 buah pulau kecil yang bernama Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas Pulau Ismoyo terdapat sebuah Pura yang dikenal dengan nama Pura Luhur Amertha Jati serta sebuah jembatan kecil yang menghubungkan pulau tersebut dengan daratan pantai. Keberadaan Pura di pulau ini mengingatkan pada Objek Wisata Tanah Lot yang berada di Bali. Bedanya, pura di sini berukuran lebih kecil dan memang sengaja dibangun oleh Bupati Malang pada tahun 1985 mengikuti desain Pura Tanah Lot.
wisata pantai balekambang di malang

7. Batu Night Spectacular
Objek Wisata Batu Night Spectacular atau disingkat BNS berada di Kota Batu Malang menawarkan wisata di malam hari mirip dengan pasar malam. Jadi untuk penggemar wisata malam jangan sampai melewatkan BNS saat berkunjung ke Malang. Para pengunjung akan disuguhkan dengan puluhan wahana rekreasi yang menarik seperti galeri hantu, slalom tes, sepeda udara, taman lampion, trampolin, mouse coaster, drag race, sirkuit go kart, air terjun, dll. Salah satu keunikan BNS yaitu letaknya yang berada di dataran tinggi sehingga pemandangan alam Kota Malang dan sekitarnya bisa dinikmati sambil makan atau minum di kafe-kafe yang banyak tersebar di sekitar BNS. Tempat wisata Batu Night Spectacular buka mulai pukul 3 sore hingga tengah malam.
wisata batu night spectacular di malang

8. Coban Pelangi
Objek Wisata Coban Pelangi berada di Kecamatan Tumpang dan berjarak sekitar 132 kilometer dari pusat Kota Malang. Para pecinta wisata alam wajib mengunjungi tempat ini karena pemandangannya yang indah dan suasananya yang sejuk. Daya tarik utama objek wisata ini yaitu pemandangan pelangi yang bisa dilihat diantara aliran air terjun setinggi kurang lebih 30 meter. Namun keberadaan pelangi ini tidak bisa selalu dilihat oleh para pengunjung. Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di tempat wisata ini antara lain bermain air di tepi air terjun, menikmati kuliner yang disajikan warung-warung setempat atau sekedar duduk-duduk di pendopo yang ada di lokasi. Karena letaknya di dataran tinggi untuk mencapai Coban Pelangi para pengunjung harus melewati hutan pinus, area perbukitan dan menyebrangi sungai. Suguhan pemandangan alam yang indah akan membuat perjalanan menjadi tidak terasa melelahkan justru menyenangkan.
wisata coban pelangi di malang

9. Selecta
Selecta berlokasi di Kota Batu sekitar 30 menit kalau ditempuh dari Kota Malang dan merupakan salah satu objek wisata favorit di kawasan Malang. Selecta menawarkan taman rekreasi yang sangat indah lengkap dengan wahana waterpark, kolam renang sejarah, perahu columbus, outbound, sepeda air, wisata bunga, area jogging, dll.  Beberapa restoran dan hotel juga tersedia di sekitar lokasi. Bisa dikatakan Selecta merupakan taman rekreasi keluarga yang memiliki fasilitas lengkap untuk dewasa maupun anak-anak. Nama Selecta sendiri berasal dari Bahasa Belanda yang artinya pilihan yaitu salah satu pilihan tempat wisata yang terbaik untuk masyarakat yang ingin berlibur di Kota Malang.
wisata selecta di malang

10. Air Terjun Coban Rondo
Objek Wisata di Malang – Air Terjun Coban Rondo berlokasi di Kecamatan Pujon sekitar 29 kilometer dari Kota Malang. Coban dalam Bahasa Jawa memiliki arti air terjun dan Rondo memiliki arti Janda. Konon, keberadaan Air Terjun Coban Rondo berkaitan dengan kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma. Di dalam kawasan wisata ini para pengunjung dapat merasakan suasana yang sejuk dan menyegarkan dengan suguhan pemandangan air terjun yang indah. Wisata kuliner juga tersedia di Coban Rondo seperti kacang rebus, kentang goreng, sate kelinci, sate ayam, dll.
Air Terjun Coban Rondo

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar