Satu lagi keindahan tempat wisata Indonesia yang mulai terungkap keberadaanya yaitu pesona wisata Kepulauan Kei yang terletak di Kabupaten Maluku Tenggara di Provinsi Maluku. Semakin terkenalnya pesona wisata Pulau Kei di Maluku Tenggara tidak lepas dari gencarnya promosi pemerintah dan peningkatan akses transportasi serta akomodasi yang semakin baik untuk kenyamanan para wisatawan saat berkunjung. Kepulauan Kei terdiri dari gugusan pulau di antara Laut Seram, Laut Banda dan Laut Arafuru. Ada dua pulau utama di sini yaitu Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil. Pulau Kei Kecil merupakan surga tersembunyi dan paling terkenal di antara turis asing karena indahnya pantai yang diklaim memiliki pasir pantai terhalus di Asia.

Untuk mengakses Kepulauan Kei dengan cepat dan mudah tentu saja dengan menggunakan pesawat terbang. Kamu harus terlebih dahulu mendarat di Bandar Udara Pattimura yang terletak di Kota Ambon. Dari Ambon selanjutnya kembali terbang sekitar 2 jam menggunakan pesawat perintis menuju Bandara Karel Satsuitubun di Kota Langgur, Maluku Tenggara.  Bandara Satsuitubun menggantikan Bandara Dumatubun di Tual yang kini menjadi tempat kegiatan TNI AU. Dari sini kamu sudah bisa menentukan rute wisata yang akan dikunjungi bisa menggunakan kendaraan bermotor atau perahu jika ingin mengeliling pulau kecil sekitar. Oya, menurut pengalaman para traveler sebelumnya bulan baik rekreasi ke Pulau Kei adalah sekitar April-Mei dan Oktober-Desember karena di bulan-bulan tersebut air laut cenderung tenang sehingga menjelajah Kepulauan Kei lebih mudah.

peta kepulauan kei

Julukan Mutiara Hitam dari Timur memang tidak salah diberikan kepada Maluku karena hampir semua pulau yang tersebar di wilayah Maluku memiliki keindahan yang eksotis terutama yang terdekat dengan Kepulauan Kei. Kepulauan Kei terbagi menjadi 2 yaitu Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil. Pulau Kei Besar cocok dikunjungi oleh wisatawan yang punya hobi mendaki karena daerahnya didominasi oleh perbukitan hijau sementara Pulau Kei Kecil lebih datar didominasi oleh pasir yang halus dan putih terutama area dekat pantai. Pantai yang menarik dikunjungi di Pulau Kei Kecil ini antara lain, Pantai Ngurbloat atau Pantai Pasir Panjang dengan bentangan pasir putih nan halus mencapai 3 kilometer, Pantai Ohoidertawun yang saat dangkal memperlihatkan pasir putihnya yang tidak kalah indah serta Pantai Ngurtafur yang akan membuat kamu seolah-olah terdampar di pulau berpasir dengan dikelilingi lautan luas. Sementara untuk kamu yang suka snorkeling atau berenang, Pantai Ngurtafur merupakan lokasi yang paling pas.

Selengkapnya tempat wisata yang bisa dikunjungi jika kamu berkunjung ke Pulau Kei Kecil adalah sebagai berikut:

Pantai Ngur Sarnadan di Desa Ohoi Lilir
Pantai Ngur Sarnadan di Ohoi Lilir

Pantai ini memiliki pasir yang sangat halus dan perairan yang dangkal hingga 100 meter ke arah laut. Jadi kamu bisa berendam santai di tengah laut tanpa khawatir ombak sambil menikmati suasana pagi atau sore yang menawan.

Pantai Ngurbloat di Ohoi Ngilngof
Pantai Ngurbloat di Ohoi Ngilngof

Pantai yang dikenal juga dengan nama Pantai Pasir Panjang ini memiliki satu garis pantai sama dengan Pantai Ngur Sarnadan yang jauhnya mencapai lebih dari 2 kilometer. Pantai ini juga sangat nyaman untuk berenang dan sebagai lokasi menikmati sunset ditemani kuliner khas setempat. Majalah National Geographic sempat menobatkan Pantai Ngurbloat sebagai pantai dengan pasir yang paling halus di dunia. Jadi bisa dibayangkan jika pasir yang kamu injak sehalus tepung.

Goa Hawang di Desa Letvuan
Goa Hawang di Desa Letvuan
Goa Hawang berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Langgur.  Goa ini memiliki kolam air tawar yang sangat dalam namun terlihat sangat indah dengan warna air yang kebiruan terkena pantulan sinar matahari. Menurut cerita warga setempat kolam di Goa ini terhubung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah.

Pantai Ngurtafur di Pulau Waha
Pantai Ngurtavur di Pulau Waha
Pantai Ngurtafur memiliki pasir putih yang menjorok ke tengah laut sepanjang 2 kilometer dengan lebar sekitar 7 meter. Jadi saat surut kamu bisa berjalan kaki menyusuri pasir ke arah laut sambil berenang dan snorkeling menikmati pemandangan terumbu karang yang alami. Daerah sekitar pantai ini juga menjadi habitat Burung Pelikan yang bermigrasi ke Maluku dari Australia dan Papua Nugini.

Pulau Bair Dekat Pelabuhan Dullah
Pulau Bair Dekat Pelabuhan Dullah

Pulau Bair berjarak sekitar 1 kilometer dari Pelabuhan Dullah di Pulau Kei Kecil. Laguna yang jernih beralaskan pasir dan terumbu karang yang sehat menjadi andalan pesona wisata di Pulau Bair. Kegiatan piknik, berenang dan snorkeling bisa kamu lakukan dengan nyaman di sini. Selama perjalanan menuju Pulau Blair kamu juga akan melewati Pulau Adranan yang tidak kalah eksotis dengan hamparan pasir putih menawan.

Bukit Masbait di Desa Kelanit
Bukit Masbait di Desa Kelanit

Bukit Masbait merupakan bukit yang paling tinggi di Pulau Kei Kecil. Bukit ini menawarkan pesona alam berupa matahari terbit dan terbenam yang sangat indah. Di bukit ini juga terdapat patung Kristus Raja yang berdiri di atas globe dan menjadi pusat ziarah bagi Umat Katolik.

Desa Adat Tanimbar Kei
Desa Adat Tanimbar Kei

Jika kamu tertarik untuk melihat adat istiadat dan budaya warga Kei asli maka bisa berkunjung ke Desa Adat Tanimbar Kei yang dapat dicapai dengan waktu tempuh 5 jam dari Pelabuhan Debut. Warga di desa ini masih mempertahankan keaslian bentuk bangunan, seni, adat istiadat dan kepercayaan leluhur. Di desa ini kamu juga bisa menemukan rumah adat asli Kei yang dijadikan tempat penyimpanan ragam benda-benda peninggalan sejarah seperti patung, perhiasan, bejana dan tembikar. Menurut legenda, leluhur masyarakat Kei berasal dari Bali karena tempat ibadah Pura juga ada di desa ini dan masyarakat setempat menganut Agama Hindu.

Goa Luvat di Ohoi Dertawun
Goa Luvat di Ohoi Dertawun

Goa Luvat merupakan situs purbakala yang sangat fenomenal karena terdapat lukisan dinding peninggalan masa prasejarah pada zaman Megalitikum (zaman batu besar) dimana manusia saat itu sudah mengenal konsep yang berhubungan dengan Ketuhanan walaupun masih sangat tradisional. Lukisan pada dinding Goa berbentuk matahari, panah, perahu dan hewan yang dipercaya menggambarkan pola hidup dan aktivitas masyarakat setempat di masa lampau yang berhubungan dengan alam.

Pulau Ngav, Er dan Ngodan
Pulau Ngav, Er dan Ngodan

Jika kamu ingin wisata antar pulau dalam satu hari kamu bisa mencoba mengunjungi Pulau Ngav, Pulau Er dan Pulau Ngodan yang jaraknya berdekatan. Ketiga pulau ini berlokasi di sebelah barat Ohoi Dertawun dan menawarkan spot-spot enak buat snorkeling dengan terumbu karangnya yang alami sebagai daya tarik.

Akomodasi di tempat wisata Kepulauan Kei sudah cukup memadai dengan sejumlah pilihan cottage atau villa sederhana yang disewakan penduduk setempat. Untuk makanan, warung dan restoran lokal menyediakan makanan seafood yang lezat khas daerah pantai. Tertarik untuk menjadikan Pulau Kei destinasi liburan kamu selanjutnya?

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar