Indonesia merupakan salah satu negara yang dikaruniai pemandangan alam yang indah. Salah satunya adalah pesona Danau Toba. Danau yang berlokasi di Sumatera Utara ini dinyatakan sebagai danau kawah atau danau vulkanik terbesar di dunia. Pada bagian tengah danau terdapat sebuah pulau yang bernama Samosir dengan luas yang hampir sama dengan negara Singapura. Jadi bisa dibayangkan betapa luasnya Danau ini. Menurut sejarah Danau Toba terbentuk akibat beberapa kali letusan gunung berapi yang luar biasa besar. Letusan-letusan yang terjadi di masa lalu ini akhirnya membentuk kawah yang sangat luas dan seiring berjalannya waktu kawah tersebut terisi air dan membentuk Danau Toba sekarang. Saat menikmati pemandangan Danau terlihat keindahan danau yang dikelilingi deretan gunung yang indah dan menakjubkan. Kabut terkadang menyelimuti danau yang sejuk dan dingin ini. Deretan pohon enau dan pinus yang tumbuh di sekitar danau menambah pesona keindahan Danau Toba.

pesona danau toba sumatera

Pada bagian tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Jika kamu ingin menikmati wisata alam dan budaya, maka pas banget jika berkeliling di Pulau ini karena selain sebagai kampung halaman orang batak yang khas dengan budayanya juga terdapat beberapa obyek wisata menarik seperti pemandangan areal persawahan seperti di Bali, danau kecil dan juga air terjun. Untuk mengunjungi Pulau Samosir bisa melalui Pelabuhan Ajibata di Parapat. Sejumlah kapal feri menyediakan pelayaran rutin menuju Pelabuhan Tomok di Samosir untuk masyarakat dan wisatawan sehingga akses ke pulau cukup mudah.

pulau samosir danau toba

Perjalanan darat menuju Danau Toba bisa dilakukan dengan menaiki bus atau kendaraan lain yang disediakan pihak travel. Dari Medan perjalanan menuju Parapat (Lokasi Danau) memakan waktu sekitar 5 jam. Rute yang akan dilalui yaitu Lubuk Pakam, Tebing Tinggi dan Pematang Siantar. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan perkebunan kelapa sawit dan karet. Alternatif menuju Danau Toba juga bisa menggunakan kereta api dengan memilih rute dari Medan ke Pematang Siantar. Dari Pematang Siantar perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan bus menuju Parapat. Waktu tempuhnya tentu lebih singkat sekitar satu jam saja. Penginapan di lokasi Danau Toba sangat banyak sehingga kamu tidak perlu khawatir mulai dari homestay hingga hotel berbintang dengan rentang harga mulai 50 ribuan hingga 500 ribuan atau lebih tersedia. Penginapan juga tersedia di Pulau Samosir untuk kamu yang ingin menjelajah keunikan adat budaya orang batak dan juga wisata alam Samosir.

 

 

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar