Hotel dalam artian luas ternyata dapat dibedakan lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan harga, lokasi, fasilitas dan jumlah kamar. Kamu tentu pernah mendengar istilah hotel, resort, hostel, cottage, villa, guest house, bukan? Pada dasarnya semuanya merupakan akomodasi untuk menginap saat mengadakan liburan. Namun tiap jenis penginapan menunjukkan spesifikasi yang berbeda. Berikut ini akan dijelaskan perbedaaan Hotel, Guest House, Hostel, Resort, Villa, Cottage, Bungalow & Inn yang biasa kamu jumpai di lokasi wisata.

Hotel

perbedaan hotelHotel merupakan jenis akomodasi yang sudah umum dikenal masyarakat terutama wisatawan. Hotel memiliki beberapa fasilitas yang dapat mendukung aktivitas tamu ketika berlibur dan menginap di kawasan hotel. Bangunan hotel umumnya adalah bangunan bertingkat yang memiliki jumlah kamar yang banyak. Fasilitas pendukung di dalam hotel yang bertujuan memanjakan para pengunjung diantaranya restoran, bar, kolam renang, ruang meeting, tempat gym, salon serta spa lengkap dengan puluhan hingga ratusan staf yang siap melayani para tamu. Hotel juga memiliki kategori “bintang” untuk menunjukkan jumlah kamar dan luas kamar minimal, serta fasilitas yang disediakan mulai dari hotel berbintang 1 hingga hotel bintang 5.

Guest House

perbedaan guest house
Penginapan jenis guest house biasanya sangat terjangkau dari sisi harga per malamnya dan sering dijumpai di beberapa tempat wisata. Penginapan ini sangat cocok dipilih wisatawan yang liburan dengan banyak orang untuk menghemat budget. Terkadang pemilik guest house juga tinggal di dalam gedung yang sama sehingga terkesan wisatawan yang memilih penginapan jenis ini bertamu untuk menumpang nginap. Fasilitas yang ada di dalam gedung adalah milik bersama dan dapat digunakan oleh semua tamu yang menginap.

Hostel

perbedaan hostel
Penginapan jenis Hostel ini cenderung seperti asrama artinya tamu yang menginap di sini harus berbagi ruangan dengan tamu lain yang tidak dikenal. Jadi bisa saja dalam satu kamar tamu tidur dengan tamu lainnya dan berbagi fasilitas yang tersedia kecuali kasur. Biasanya wisatawan yang memilih Hostel adalah pelancong backpacker yang harus hidup irit di tempat tujuan mereka. Fasilitas yang disediakan Hostel cukup memadai untuk kehidupan sehari-hari seperti dapur, alat masak, ruang santai, kulkas bahkan tempat untuk menjemur. Jadi buat kamu yang berjiwa backpacker dan ingin liburan hemat, Hostel merupakan pilihan terbaik untuk menginap.

Resort

promo hotel lombok 1
Ciri utama dari resort adalah memiliki bangunan yang luas menawan dan terletak di lokasi yang strategis biasanya di area dekat pantai atau daerah pegunungan dengan alam yang sejuk. Dengan mengutamakan fasilitas rekreasi, Resort minimal harus memiliki fasilitas berupa restoran, kolam renang dan spa untuk memanjakan pengunjung yang tengah berlibur. Dengan beragam fasilitas yang memadai tersebut menyebabkan harga kamar cenderung mahal.

Villa

perbedaan villa
Villa dikategorikan sebagai penginapan yang berbentuk rumah dan lokasinya jauh dari keramaian sehingga sangat nyaman ditempati tamu yang ingin kehidupan tenang tanpa harus bertemu banyak orang. Villa juga dibangun pada tempat yang masih alami untuk menambah keindahan dan keasrian hunian. Harga sewa villa cenderung cukup mahal sesuai dengan fasilitas, lokasi dan jumlah kamar yang tersedia di dalam villa.

Cottage

perbedaan cottage
Penginapan jenis ini mirip dengan villa namun biasanya berupa bangunan seperti pondok atau rumah kecil yang terpisah-pisah dan sederhana. Lokasinya juga biasanya di daerah dekat pantai dan danau yang mengandalkan pemandangan alam. Harga cenderung sesuai lokasi dan fasilitas yang disediakan.

Bungalow

perbedaan bungalow vokamo
Penginapan jenis ini biasanya berupa bangunan berbentuk rumah-rumah yang berlokasi jauh dari pusat keramaian, biasanya di daerah pegunungan yang menawarkan keindahan alam dan suasana yang sejuk. Harganya cukup terjangkau apalagi jika disewa beramai-ramai.

Inn

perbedaan inn vokamoInn adalah sejenis akomodasi yang berlokasi di area peristirahatan dekat dengan area kota dan menyediakan tempat nginap, makanan dan minuman serta pelayanan lainnya. Inn biasanya digunakan sebagai tempat menginap darurat wisatawan yang melakukan perjalanan jauh dan jarang ditempati dalam jangka waktu yang lama.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar