penyebab pesawat delay

Penyebab pesawat delay bisa diakibatkan oleh beberapa hal yang secara umum berkaitan dengan faktor cuaca dan faktor teknis. Delay atau penundaan penerbangan merupakan suatu hal yang lumrah terjadi dalam industri penerbangan dan tidak ada satu maskapai pun yang bisa bebas dari resiko penundaan ini. Memang sebagai penumpang pesawat delay dan batal terbang merupakan hal yang meresahkan dan sangat menjengkelkan namun mulai saat ini kita harus berusaha memaklumi alasan kenapa penerbangan bisa tertunda. Berikut ini beberapa faktor penyebab pesawat delay atau batal terbang.

Pertama, alasan teknis yang mengharuskan pesawat menjalani perbaikan akibat tiba-tiba ditemukannya kerusakan sehingga jadwal penerbangan pun tertunda.

Kedua, faktor cuaca atau alam yang dapat membahayakan penerbangan seperti badai, kabut, asap dan lain-lain.

Ketiga, adanya insiden atau kecelakaan atau ancaman teroris di bandara yang menyebabkan otoritas menutup sementara bandara untuk upaya pertolongan atau evakuasi.

Keempat, pergerakan lalu lintas udara yang sangat padat pada saat jam-jam sibuk sehingga pesawat yang akan mendarat dan tinggal landas harus antri.

Kelima, adanya kunjungan istimewa tamu kenegaraan atau pejabat kategori VVIP sehingga penerbangan yang dijadwalkan mendarat atau tinggal landas harus ditahan sementara untuk memberi kesempatan pesawat yang membawa rombongan VVIP tersebut.

Keenam, adanya beberapa rute penerbangan pararel oleh satu pesawat sehingga apabila rute sebelumnya terjadi delay bisa dipastikan berimbas pada rute pesawat selanjutnya.

Ketujuh, load factor yang tidak memenuhi target akibat minimnya penumpang sehingga pihak maskapai penerbangan terpaksa membatalkan atau menunda jadwal keberangkatan pesawat supaya beban operasional tidak membengkak.

Kedelapan, kelakukan penumpang yang bandel seperti datang terlambat, membawa bagasi terlalu besar ke kabin sehingga harus dipindahkan, masih mengaktifkan telepon genggam saat pesawat bersiap take off serta ada ketidaksesuaian antara jumlah penumpang di pesawat dengan yang tercatat di manifest.

Kesembilan, faktor manajemen maskapai yang tidak profesional untuk kasus seperti keterlambatan pilot, co-pilot dan awak kabin.

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan pesawat terbang sebagai sarana transportasi udara, Anda harus sudah siap menerima kondisi jika pesawat mengalami delay supaya tidak menambah beban pikiran saat melakukan perjalanan. Pihak maskapai penerbangan juga pastinya sudah berusaha maksimal untuk melayani penumpang supaya tidak terjadi penundaan jadwal penerbangan.

[sgmb id=1]

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar