Pulau Penyu Bali atau yang lebih dikenal dengan nama Turtle Island merupakan salah satu lokasi penangkaran Penyu yang ada di Bali. Penangkaran ini dibuat secara khusus untuk melindungi spesies penyu yang mulai langka dan telah dilindungi undang-undang. Pulau Penyu dapat diakses melalui kawasan wisata Tanjung Benoa yang merupakan sebuah desa yang terkenal dengan wisata baharinya. Tanjung Benoa termasuk dalam kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pantai Tanjung Benoa Bali sangat terkenal dengan aktivitas rekreasi air atau wisata bahari dan sering disebut dengan nama Tanjung Benoa Watersport. Menurut sejarah Tanjung Benoa, sebagian besar penduduk di Tanjung Benoa berprofesi sebagai nelayan sebelum berkembangnya pariwisata di daerah ini yang menyebabkan sebagian besar masyarakat saat ini sudah beralih profesi untuk mendukung sektor pariwisata.

naik glass bottom boat ke pulau penyu

Cara ke Pulau Penyu Bali bisa melalui kawasan wisata Tanjung Benoa dengan mengambil paket wisata Glass Bottom Boat Tanjung Benoa. Untuk bisa ke Pulau Penyu memang harus menyewa Glass Bottom Boat dengan harga sekitar 300 ribu sampai 400 ribu dengan maksimal penumpang 10 orang. Setelah naik boat para pengunjung akan diarahkan menuju Turtle Island dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit. Setelah tiba di Pulau Penyu para pengunjung akan dikenakan tiket atau istilahnya donasi untuk pemeliharaan dan perawatan serta makanan binatang yang ada di kawasan pulau. Jumlahnya berkisar antara 5 ribu hingga 20 ribu per orang. Jadi harga tiket donasi ini tidak dimasukkan dalam harga sewa Glass Bottom Boat.

wisata pulau penyu bali

Tempat penangkaran penyu di Turtle Island dikelola oleh masyarakat asli setempat dengan sumber pendanaan berasal dari iuran tiket donasi yang dikenakan terhadap para pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke sana. Pulau Penyu Bali merupakan tempat penangkaran penyu yang sangat dilindungi oleh Undang-undang. Para pengunjung bisa bermain dengan aman di area penangkaran. Beberapa spesies penyu yang ada di Turtle Island antara lain Penyu Hijau, Penyu Lekang serta Penyu sisik. Pengunjung bisa melihat beragam bentuk penyu mulai dari anak penyu atau dikenal dengan nama tukik hingga penyu dewasa yang berusia di atas 50 tahun. Selain penyu ada juga satwa lain yang bisa dilihat seperti ular, monyet, kelelawar dan burung rajawali, jadi lokasi penangkaran ini seperti kebun binatang mini sehingga sangat cocok sebagai destinasi liburan jeluarga. Pengunjung biasanya akan berada di pulau sekitar satu jam sebelum diantar balik ke dermaga.

tour-ke-turtle-island

Dengan harga tiket ke Pulau Penyu yang tidak terlalu mahal para pengunjung sudah bisa menikmati salah satu wisata bahari yang terkenal di Bali. Keluarga yang membawa anak-anak kecil sangat cocok mencoba paket wisata Pulau Penyu Tanjung Benoa.