pantai pandawa bali yang menawan

Salah satu pantai di Bali yang mulai terekspos wisatawan lokal dan mancanegara adalah Pantai Pandawa Bali yang menawan. Lokasi pantai ini tepatnya berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kutuh Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jika dari bandara internasional Ngurah Rai Bali berjarak sekitar 60 menit menggunakan kendaraan pribadi motor, mobil atau kendaraan umum seperti taksi dan minibus travel. Untuk transportasi udara ke Bali ada banyak maskapai lokal dan internasional  yang sudah bermain jadi pengunjung tinggal memilih harga tiket pesawat sesuai budget liburan menggunakan maskapai favorit seperti Garuda Indonesia, Air Asia, Citilink, Sriwijaya Air atau Lion Air. Sebagian besar penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan kota-kota besar di seluruh Indonesia sudah langsung bisa menuju ke Bali namun ada juga yang mengharuskan transit ke kota-kota tertentu sebelum bisa menuju Bali.

Dari arah bandara yang berlokasi di kawasan Tuban atau area Kuta ada dua jalur favorit yang biasanya ditempuh para pengunjung Pantai Pandawa yaitu melalui obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan satunya lagi melalui Kawasan Hotel Nusa Dua. Sulit memprediksi jalur tercepat diantara keduanya namun jika kamu ingin mengunjungi Garuda Wisnu Kencana bisa langsung menanjak jalan di Bukit, Jimbaran mengikuti petunjuk yang tersedia hingga menuju pantai. Namun jika ingin berwisata ke daerah Nusa Dua terlebih dahulu bisa langsung menuju ke arah pantai di Desa Kutuh melalui jalur yang relatif sepi dari keramaian. Tidak usah khawatir tersesat karena petunjuk sudah jelas dan ada penduduk lokal yang bisa dimintai bantuan jika memang benar-benar tersesat. Sepanjang perjalanan pengunjung akan melewati areal perbukitan dengan jalur jalan yang sudah diaspal sehingga cukup nyaman untuk dilalui.

Memasuki gerbang atau pintu masuk kawasan pantai, para pengunjung akan dibuat terpukau dan takjub dengan pemandangan tebing yang mengapit jalur jalan ke areal pantai sepanjang 1,5 kilometer. Diantara tebing juga terdapat Patung tokoh pewayangan Pandawa Lima berukuran besar yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Sejak memasuki area pantai pengunjung akan melihat ada banyak wisatwan yang berfoto ria dengan latar belakang pemandangan tebing yang menjulang tinggi nan indah.

Aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di Pantai Pandawa Bali yang menawan ini yaitu mengagumi keindahan pantai berwarna biru dengan deburan ombaknya yang relatif tenang sambil duduk-duduk di warung atau restoran yang banyak berjejer di daerah pantai. Pasirnya berwarna putih sehingga cocok untuk anak-anak yang memang suka bermain di pasir. Pengunjung juga bisa mandi, bermain kano dan foto-foto. Hampir setiap sudut di kawasan Pantai Pandawa merupakan spot atau tempat yang bagus untuk berfoto ria. Jangan heran jika kebanyakan pengunjung Pantai Pandawa berkunjung ke tempat tersebut hanya untuk berfoto. Jika weekend atau musim liburan ratusan kendaraan travel dan pribadi memadati kawasan pantai. Untungnya pemerintah dan pengelola pantai sudah menyediakan lahan parkir yang sangat luas untuk menunjang lonjakan pengunjung di musim liburan.

Tidak salah Pantai Pandawa juga dijuluki Pantai Rahasia atau Secret Beach karena memang letaknya yang tersembunyi dibalik tebing dengan pemandangannya yang sangat memukau. Supaya bisa menikmati pemandangan unik & menarik Pantai Pandawa, wisatawan domestik cukup membayar tiket masuk sekitar Rp2000 dan untuk wisatawan asing dikenakan biaya sekitar Rp5000. Keberadaan Pantai Pandawa sebenarnya sudah diketahui sejak tahun 1980 karena merupakan lokasi terkenal budidaya rumput laut. Hingga kini aktifitas budidaya rumput laut masih bisa dijumpai di Pantai ini. Para pengunjung yang ingin menginap di kawasan Pantai Pandawa bisa memilih hotel di daerah Nusa Dua atau daerah Uluwatu.

Salah satu tempat wisata yang ingin aku kunjungi suatu saat nanti yaitu Gili Trawangan. Kenapa Gili? Karena aku banyak mendengar cerita teman yang mengatakan Gili sebagai Pulau kecil yang indah dengan pemandangan pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Aku sangat menyukai wisata pantai. Selama tinggal di Bali sebulan mungkin 2-3 kali aku pasti bermain ke pantai dan ini tidak membuatku bosan. Jadi, jika ada kesempatan suatu saat nanti aku ingin mengunjungi Gili Trawangan. Aku juga ingin mengunjungi tempat wisata menarik lainnya di seluruh Indonesia namun saat ini mungkin baru Lombok, Mataram – Gili Trawangan yang kemungkinan besar bisa aku kunjungi dalam waktu dekat ini.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar