Liburan ke Bali rasanya belum lengkap jika Anda belum mengunjungi desa wisata yang sudah mendunia yaitu Ubud yang sangat kaya akan kesenian dan peninggalan sejarah Bali. Di tempat wisata yang berlokasi di Kabupaten Gianyar ini, Anda dapat dengan mudah menemukan sanggar tari Bali, galeri kesenian dan kerajinan tangan, pasar seni serta pemandangan alami pedesaan. Beberapa peninggalan sejarah berupa pura dan tempat pemandian keramat juga melengkapi objek wisata yang terdapat di Ubud. Berikut adalah beberapa objek wisata yang dapat Anda kunjungi jika memutuskan wisata liburan ke Ubud.

Monkey Forest

Sacred-Monkey-Forest-12

Monkey Forest Ubud Bali atau yang dikenal juga dengan julukan Mandala Wisata Wenara Wana merupakan sebuah tempat wisata berupa hutan yang dihuni oleh ratusan kera. Objek wisata ini sangat diminati utamanya oleh wisatawan asing dengan jumlah pengunjung yang  mencapai lebih dari 10.000 orang per bulannya. Monkey Forest terletak di Jalan Monkey Forest, Padangtegal, Ubud, Bali. Menurut petugas setempat, saat ini Monkey Forest dihuni oleh sekitar 563 kera Bali ekor panjang, terdiri dari 46 ekor jantan dewasa, 166 betina dewasa dan sisanya kera dengan usia muda. Keseluruhan kera membentuk lima kelompok yang mendominasi area berbeda. Layaknya tempat-tempat unik di Bali, di dalam area Monkey Forest juga terdapat beberapa tempat yang disucikan, seperti tempat peribadatan/Pura dan mata air. Terdapat beberapa pura di dalam area Monkey Forest, salah satunya adalah Pura Dalem Agung, pura ini merupakan pura terbesar sekaligus sebagai pura utama di tempat ini. Holy Spring Temple merupakan salah satu pura lain di kawasan Monkey Forest. Untuk mencapainya pengunjung akan melewati dua buah patung sapi dan gajah di kiri kanan jalan setapak menurun melewati jembatan yang cukup tinggi bernama Jembatan Naga (Dragon Bridge) menembus akar pohon raksasa berusia ratusan tahun, selanjutnya pengunjung akan sampai di sebuah Pura dengan mata air suci berbentuk kolam.

Pasar Seni Ubud

pasar-ubud-2

Pasar Ubud atau Pasar Seni Ubud merupakan pasar tradisional yang memiliki lokasi sangat strategis di pusat kota Ubud. Tepat di depan pasar ini terdapat Puri Agung Ubud, sebuah bangunan bekas pemerintahan kerajaan Ubud di masa lampau. Keberadaan situs ini seolah meyakinkan bahwa Pasar Ubud ini memang berada di pusat Ubud. Walaupun dikenal oleh wisatawan sebagai pasar seni, Ubud Market sejatinya merupakan pasar tradisional biasa yang menjual barang kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat setempat. Uniknya, pasar ini seolah-olah berubah fungsi setelah melewati siang hari, semakin sore pasar ini akan berubah menjadi pasar seni yang sesungguhnya, dengan aneka penjual barang-barang khas kesenian Bali seperti baju dan kain Bali, aneka kerajinan tangan seperti tas, topi, perhiasan, benda pajangan, lukisan, aneka souvenir dan produk-produk lainnya.

Wisata Kopi Bali

berwisata-ke-kampoeng-kopi-banaran-1

Untuk Anda pecinta kopi, Ubud juga memiliki sejumlah pusat wisata kopi Bali yang terkenal. Jika Anda berminat bisa mengambil paket wisata yang dikemas ala agro wisata. Anda akan diajak untuk melihat secara langsung bahkan ikut terlibat dalam pemrosesan kopi mulai dari memetik buah kopi sampai dengan tahapan pemrosesan kopi. Setelah diajak berkeliling di dalam kebun kopi, melihat aneka jenis kopi serta tanaman pendukung dan binatang luwak yang menghasilkan kopi luwak, pengunjung akan diajak mencicipi aneka jenis kopi dan teh secara gratis. Tempat minum kopi pun cukup unik berupa saung layaknya kedai kopi di pedesaan serta yang tidak kalah menarik yaitu pemandangan alami pedesaan yang begitu hijau dan sejuk. Tidak kurang delapan jenis minuman kopi dan teh disajikan secara cuma-cuma untuk dicoba seperti kopi Bali, Arabica, kopi kelapa dan lain sebagainya.

Goa Gajah

goa-gajah

Goa Gajah merupakan salah satu pura bersejarah yang menjadi simbol dan saksi perkembangan peradaban masyarakat Hindu dan Budha di Pulau Bali. Pura ini berlokasi di bagian barat Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar atau sekitar satu jam berkendara dari kota Denpasar. Goa ini diberi nama Goa Gajah karena di salah satu kompleks pura terdapat sebuah goa dengan ukiran besar di pintu masuk yang menyerupai bentuk gajah. Menurut sejarah, Pura Goa Gajah digunakan sebagai tempat untuk melakukan pemujaan oleh dua agama sekaligus yaitu Hindu dan Buddha atau disebut dengan agama Siwa-Budha dan dalam perkembangan selanjutnya ketika popularitas agama Budha meredup, Pura Goa Gajah masih tetap digunakan pemeluk agama Hindu sebagai tempat pemujaan. Di dalam kompleks Pura tidak hanya terdapat sebuah Goa besar saja namun ada bangunan lain seperti pancuran air dari beberapa arca. Suasana di sekitar Pura Goa Gajah sendiri penuh dengan kedamaian, bentuk arsitekturnya akan membawa Anda kembali ke masa lalu khas zaman kerajaan-kerajaan bercorak Hindu dan Buddha.

Jika Anda tertarik liburan ke Ubud bersama keluarga atau bersama orang yang Anda cintai, paket tour keliling Ubud adalah kegiatan menyenangkan yang perlu Anda coba. Beberapa travel agent di Bali sudah menyediakan pilihan wisata liburan ke Ubud dengan harga yang terjangkau. Selain suasana alam yang masih natural dan sejuk Anda juga bisa menyaksikan banyak kegiatan budaya adat karena Desa Ubud masih kental dengan adat istiadatnya.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar