Denpasar Festival 2016 yang tahun ini berlangsung untuk yang ke sembilan kalinya digelar 28 hingga 31 Desember 2016 berlokasi di kawasan Jalan Veteran dan Jalan Gajah Mada, Denpasar, Bali. Festival yang digelar oleh Pemerintah Kota Denpasar tahun ini mengambil tema Padmaksara yang mengandung arti delapan langkah menuju pembangunan Kota Denpasar yang lebih berkualitas yaitu menuju Kota Cerdas; menuju Kota Kompeten; penegakan supremasi hukum dalam tata kelola pemerintahan; menuju Heritage City; peningkatan kesejahteraan; pembangunan partisipasi masyarakat sebagai Agen Perubahan; pengembangan Ekonomi Kreatif ditonjolkan sebagai strategi baru pembangunan kota Denpasar. Padmaksara sebagai teratai penciptaan yang menegaskan luhurnya keterkaitan kehidupan pura (religi/yadnya), pasar (khasanah bisnis) dan puri (pemerintah) yang dibalut pemahaman lebih mendalam akan alam, tata ruang, seni, teknologi, kesehatan dan ilmu pengetahuan (sastra) akan Denpasar.

Denpasar Festival 2016 merupakan sebuah pagelaran budaya yang rutin digelar di jantung Kota Denpasar. Festival ini diharapkan bisa sebagai ajang promosi kebudayaan dan kesenian di Bali sehingga pada akhirnya mampu menyedot perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang tengah berlibur di Bali menjelang akhir tahun. Menurut panitia Denpasar Festival 2016, Denfest tahun ini akan menghadirkan zona rekreasi anak dan keluarga dimana zona ini akan ditampilkan berbagai workshop permainan tradisional. Workshop layang-layang, melukis kaos, perpustakaan mini serta panggung pertunjukan anak-anak. Dua buah panggung yang saling berhadap-hadapan di sisi sebelah selatan dan sebelah utara yang menjadi panggung utama di sekitar Lapangan Puputan juga sudah disediakan untuk pementasan.

Liburan Akhir Tahun di Denpasar Festival 2016

Kawasan Jalan Veteran akan dipusatkan dengan tema “Heritage”. Di sana akan ditampilkan pagelaran kesenian klasik, kuliner-kuliner tradisional, Pameran Fotografi Denpasar Kota Pusaka dan juga pameran mobil dan motor tua. Sementara, kawasan Jalan Gajah Mada akan menjadi Zona Youth yang menampilkan panggung anak muda, distro serta stand kuliner yang berkaitan dengan citarasa anak muda Kota Denpasar masa kini dan juga penampilan dari anak-anak muda kreatif Kota Denpasar yang menampilkan perpaduan music, disc jockey dan video mapping.

Pembukaan Denpasar Festival 2016 nantinya akan ditampilkan dua konten berupa pawai 400 anak-anak menampilkan koreografi yang menceritakan Kota Denpasar sebagai Kota Heritage, Kota Kreatif, dan Kota Cerdas di mana puncaknya akan ada pementasan tari Baris Ental dan pertunjukan seni oleh Disbud Kota Denpasar dengan tema Padmakasara, Padmana, Sukacita, lahirnya aksara dan terbentuknya pengetahuan yang pada akhirnya melahirkan tokoh-tokoh pemimpin.

Adapun runtutan acara Denpasar Festival 2016 adalah sebagai berikut:

  1. Rabu, 28 Desember 2016 : Inagurasi Pembukaan Denpasar Festival, Parade Topeng di area Catur Muka.
  2. Rabu – Sabtu tanggal 28-31 Desember 2016 : Pentas Seni Musik dan Pertunjukan di panggung utama Lapangan Puputan, Lomba Pameran Photo “Denpasar Kota Pusaka”, Live Painting, Pentas Seni Tradisional dan Pemutaran Film Denpasar di Jalan Veteran, Pameran Dagang Handycraft, Pameran Buku dan Pustaka Langka di Museum Bali, Kuliner di Kawasan Denpasar Festival (Denfest).
  3. Kamis, 29 Desember 2016 : Fashion Show di Lapangan/Alun-alun Puputan Badung.
  4. Jumat, 30 Desember 2016 : Pementasan Tetrikal di Panggung Utama Anak-anak.
  5. Sabtu, 31 Desember 2016 Pawai Melepas Matahari 2016 di Area Catur Muka.
  6. Workshop berupa kegiatan menganyam daun kelapa dengan beragam bentuk yang berspiritkan tradisi dan budaya Bali dengan kemasan kekinian yang progresif, penuh daya cipta dan kreativitas dengan tetap berpegang teguh pada akar budaya Bali.

Jangan lupa hadir ya dan ajak keluarga serta teman-teman untuk merayakan pergantian tahun di jantung Kota Denpasar, Bali!

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar