Ketika berkunjung ke Bali, mencicipi kuliner khas Bali merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan setelah puas menikmati wisata alam dan budaya Bali. Berikut ini ada beberapa makanan khas atau tradisional Bali favorit wisatawan yang layak untuk dicoba saat liburan ke Bali.

1. Ayam Betutu

kuliner khas bali ayam betutu
Salah satu yang paling terkenal dan banyak dicari adalah ayam betutu. Makanan ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang suka pedas. Bumbu yang kaya akan rempah khas Bali dan cita rasa pedas ini akan membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan.  Yang menarik dari makanan ini adalah bumbunya dimasukkan ke dalam perut ayam kampung, lalu dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang dengan bara api dimana prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama sehingga menghasilkan rasa yang gurih, daging yang lembut dan rasa pedas yang otentik. Perpaduan bumbu seperti kunyit, kemiri dan daun jeruk tentu saja sama seperti masakan pada umumnya, namun karena komposisi dan jumlah bahan yang berbeda, tentu saja cita rasa yang dihasilkan adalah cita rasa khas Bali yang bakal memorable banget di lidah!

2. Sate Lilit

kuliner bali sate lilit
Sate lilit sendiri merupakan kuliner khas Bali lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Berbeda dengan sate biasanya yang umum ditemukan di Indonesia, sate lilit bukan dibuat dengan cara ditusuk, namun dililit seperti namanya. Sebelum dililit, daging yang biasa digunakan seperti daging ayam, babi atau ikan tenggiri akan dicincang terlebih dahulu dan diramu dengan bumbu khas Bali yang unik dan kaya akan cita rasa. Rasa yang empuk dan gurih serta aroma batang daun serai dijamin akan membuat orang ketagihan.

3. Lawar

makanan khas bali lawar
Lawar adalah campuran sayur-sayuran, daging cincang seperti ayam, babi, sapi disertai bumbu khas Bali. Makanan ini biasanya dicampurkan dengan potongan sayur kacang panjang dan kelapa parut yang disertai bumbu Bali. Lawar ini akan lebih nikmat disantap dengan nasi putih hangat, kacang tanah, suwir ayam dan sayur batang pisang (jukut ares).

4. Babi Guling

masakan babi guling khas bali
Babi guling merupakan makanan mayoritas masyarakat Hindu di Bali. Makanan inilah yang biasanya menjadi incaran wisatawan non muslim karena sudah terkenal dengan rasanya yang enak. Warna kulit babi guling yang kecoklatan menambah ciri khas makanan ini lengkap dengan bumbu basa genep Bali dan rempah-rempah yang lainnya. Bumbu ini akan dimasukkan ke dalam perut babi dan diguling di atas bara api. Makanan ini juga sering digunakan untuk hajatan upacara keagamaan di Bali. Untuk menemukan warung makanan yang menjual babi guling juga sangat mudah karena hampir di setiap lokasi wisata ada saja warung yang menjual nasi babi guling.

5. Serombotan

kuliner bali serombotan
Salad sayuran yang enak dan tak kalah menarik di Bali adalah serombotan. Serombotan ini merupakan makanan khas Klungkung yang menyajikan campuran sayuran seperti kacang panjang, kangkung, bayam, buncis, tauge, pare, terong bulat, dan lain-lain. Sementara bumbu yang ada di atas campuran sayuran itu disebut Kalas. Bumbu Kalas terbuat dari campuran kunyit tumbuk, kencur, ketumbar, bawang merah dan bawang putih dan lengkuas. Bumbu ini juga lengkap dengan perpaduan bumbu pedas dan bumbu kacang.

6. Nasi Jinggo

kuliner tradisional bali nasi jinggo
Makanan enak nan murah meriah yang mudah ditemukan di Bali adalah nasi jinggo. Sambal yang pedas hingga pembungkus dari makanan ini adalah daun pisang yang menjadi daya tarik tersediri. Nasi yang disajikan hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa, sementara pada umumnya, lauk pauk dari makanan ini adalah suwiran daging ayam, mie goreng dan tempegoreng. Karena harga yang ringan di kantong, kalian mungkin akan ketagihan dengan makanan ini karena satu bungkus nasi jinggo tidak akan membuat kenyang.

7. Tum Ayam

makanan khas bali tum ayam
Makanan tradisional khas Bali berikutnya yaitu tum ayam yang menyerupai pepes karena dibalut daun pisang dan dikukus. Sebelum dikukus daging ayam dicincang terlebih dahulu dicampur dengan bumbu berbagai rempah dan santan. Aroma harum dan cita rasa bumbu Bali yang khas membuat makanan ini begitu istimewa dan tidak mudah dilupakan.

8. Tipat Cantok

kuliner tipat cantok bali
Makanan tipat cantok cukup mudah wisatawan temukan saat berlibur di Bali. Baik dari warung kaki lima yang berada di pinggir jalan hingga hidangan khas hotel bintang lima. Makanan ini juga bisa dibilang sebagai ketupat bumbu kacang. Harganya pun relative murah dengan porsi makan yang cukup mengenyangkan. Untuk penyajiannya sendiri menggunakan isian seperti kacang panjang, tauge dan kangkung. Lalu agar semakin nikmat, tipat akan disiram dengan bumbu kacang lengkap dengan sayur yang akan memanjakan lidah kalian.

9. Nasi Sela

kuliner nasi sela bali yang enak
Nasi sela atau nasi yang dipadukan dengan ubi khas bali adalah makanan tradisional yang lebih terkenal di daerah pedesaan dan hingga kini masyarakat perkotaan pun masih ada yang menikmatinya. Nasi sela ini adalah makanan khas Kabupaten Karangasem yang berisi campuran nasi putih cacahan ubi berukuran kecil menyerupai dadu. Walaupun berasal dari Karangasem, namun makanan ini cukup mudah ditemukan pada daerah lain di Bali. Rasanya pun cukup digemari oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan internasional. Keunikan dari nasi ini adalah rasanya yang khas antara nasi dan ubi dilengkapi lauk ayam betutu, sate kulit ayam, pindang tongkol, urab sayurkacang panjang berisi timun dan kacang merah, pesan celengis, sambel matah atau sambal teri yang akan menggugah selera makan kalian.

10. Jukut Ares

kuliner bali jukut ares
Makanan khas Bali selanjutnya yang tidak boleh kalian lewatkan adalah jukut ares. Makanan ini biasanya ditemukan pada warung makan masakan Bali. Jukut sendiri berarti sayuran sedangkan ares berarti batang pisang. Makanan berkuah khas daerah Bali ini sendiri memang berbahan batang pisang atau lebih tepatnya anak batang pohon pisang yang besarnya kira-kira seukuran kepalan tangan orang dewasa. Agar terasa lebih nikmat, makanan ini bisa dicampur dengan bumbu bali, balung (tulang) babi, ayam, bebek hingga sapi. Jadi, buat kalian yang penasaran dengan cita rasa makanan ini tetap dapat menikmatinya dengan mudah.

Itu tadi kuliner khas Bali favorit wisatawan yang bisa kalian cicipi selagi berkunjung di Bali. Untuk lokasi tempat makan yang menjual makanan tersebut bisa baca ulasan lokal di koran, majalah dan internet, mengintip instagram mereka yang berprofesi sebagai koki atau langsung bertanya ke masyarakat lokal.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar