kenapa harga tiket pesawat berubah-ubah

Bingung kenapa harga tiket pesawat berubah-ubah? Faktor apakah yang menyebabkan harga tiket naik turun? Dalam beberapa tahun terakhir harga tiket pesawat cukup sulit untuk diprediksi karena masing-masing maskapai memiliki strategi penarifan tiket. Beberapa airline ada yang mengaplikasikan class (promo, ekonomi, bisnis & ekskutif) dan sub class yang memungkinkan harga tiket berbeda-beda untuk pemesanan kursi di pesawat. Bahkan sub class pun terbagi lagi dalam beberapa tingkatan yang biasanya ditandai dengan abjad X,C,V,D,M, dll atau O,U,X,E,G,V,T,Q,N,M, dll. Masing-masing airline menggunakan strategi untuk penjualan perdana tiket dimana harga tiket di awal penjualan bisa lebih murah atau lebih mahal dan ini biasanya tergantung oleh beberapa faktor. Berikut ini tiga faktor yang membuat mengapa harga tiket pesawat berubah-ubah.

Rute Pesawat atau dikenal dengan rute gemuk atau rute kurus. Rute gemuk adalah rute populer yang sering dilalui pesawat seperti rute Jakarta – Denpasar atau rute Jakarta – Surabaya. Kecenderungan perubahan harga tiket pesawat untuk rute-rute padat sangat besar bahkan hingga dalam hitungan menit. Pergerakan harga tiket akan lebih dinamis untuk rute-rute gemuk sedangkan untuk rute kurus yang tidak populer atau penerbangan perintis harga tiket cenderung jarang mengalami fluktuasi dan penjualan tiket oleh pihak maskapai biasanya langsung ke class harga tertinggi.

Musim ramai atau sepi penumpang. Jika masuk musim sepi penumpang biasanya pihak maskapai akan menjual tiket sub class paling bawah terlebih dahulu dengan pembatasan kuota kursi pesawat. Sementara jika masuk musim ramai terutama musim liburan maka pihak airline akan menjual tiket sub class diatas kelas paling rendah terlebih dahulu sehingga harga tiket cenderung agak mahal.

Waktu keberangkatan. Pada jam-jam tertentu penerbangan ada yang ramai dan sepi dan ini tergantung rute penerbangan yang diambil. Pihak maskapai akan menawarkan tiket dengan harga lebih murah pada jam-jam yang kurang populer. Misalnya waktu populer penerbangan rute Jakarta ke Surabaya atau Surabaya ke Jakarta biasanya terjadi di pagi dan malam hari. Jika kamu mengambil penerbangan siang hari maka harga tiket pesawat Jakarta Surabaya tentunya akan lebih murah.

Dengan mengetahui ketiga faktor yang menyebabkan harga tiket pesawat berubah terus seperti penjelasan di atas, calon penumpang pesawat bisa mengatur strategi masing-masing untuk bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah. Namun harga tiket pesawat murah janganlah dijadikan faktor utama dalam memilih penerbangan. Faktor keselamatan juga harus dipertimbangkan.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar