Keindahan Pulau Menjangan yang terletak di wilayah Bali Barat tidak perlu diragukan lagi. Pulau ini memiliki taman bawah laut beraneka ragam yang cantik dengan terumbu karang berwarna-warni, habitat ikan-ikan kecil yang lucu, hamparan pantai berpasir putih dan birunya air laut yang mengeliling pulau. Nama Pulau Menjangan ini berasal dari nama hewan Menjangan, sejenis rusa yang banyak terdapat di sekitar pulau dengan luas kurang lebih 19 hektar. Pulau ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang dilindungi dan dijaga keasriannya mengingat populasi Menjangan yang kian hari terus berkurang di kawasan tersebut.

wisata ke pulau menjangan

Selain Menjangan, terdapat pula Burung Jalak Bali yang merupakan salah satu burung langka Indonesia. Tetapi jumlahnya sangatlah sedikit. Untuk kehidupan pinggir pantainya tidak kalah menarik dengan daratannya karena di wilayah pantainya mengandung berbagai macam jenis koral/terumbu karang yang sangat indah. Untuk bisa melihat keindahan bawah laut pulau menjangan pengunjung bisa mengikuti kegiatan Snorkeling & Diving dengan cara yang tidak merusak ekosistem yang ada. Ada sekitar ratusan species ikan yang bisa ditemukan di wilayah ini. Tempat ini juga merupakan satu-satunya area pantai utara Bali yang berpasir putih.

snorkeling & diving di pulau menjangan

Keindahan Pulau Menjangan terutama bawah lautnya sudah dikenal sejak lama. Pun sudah mendapat pengakuan dunia untuk kekayaan bawah laut dan keindahan terumbu karangnya yang tumbuh alami dengan aneka biota lautnya. Dengan keberadaan terumbu karang yang tersebar sepanjang 10 kilometer, Keindahan Pulau Menjangan mendapat pengakuan sebagai lokasi menyelam dengan tebing bawah laut terbaik di Bali dan prestasi yang tidak kalah membanggakan dari Menjangan yaitu dinobatkan sebagai 10 tempat penyelaman terbaik Dunia.

menjangan island

Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di tempat ini selain snorkeling dan diving yaitu beach walking dan mengunjungi pura. Di pulau ini terdapat sekitar delapan pura dan yang terkenal yaitu Pura Ganesha yang sering digunakan untuk beribadah umat Hindu yang sekaligus menjadi ikon Pulau Menjangan. Pura ini dihiasi Patung Ganesha yang menghadap ke laut lepas yang dipercaya masyarakat setempat sebagai penjaga perairan Bali agar tetap aman dan asri, Itulah sebabnya Pulau Menjangan termasuk salah satu tempat yang disakralkan. Selain mengunjungi pura para pengunjung juga bisa bersantai di area pantai yang memiliki pasir putih nan indah atau pergi memancing ke beberapa spot mancing sekitar pulau.

keindahan pulau menjangan

Cara ke Pulau Menjangan bisa dilakukan dari Bali atau Banyuwangi. Jika dari Banyuwangi pengunjung bisa menyebrang dari pantai Bangsring Banyuwangi, Jawa Timur dengan menumpang perahu nelayan. Jika dari Bali untuk menuju Pulau Menjangan pengunjung bisa start dari Denpasar, diawali perjalanan menuju Gilimanuk kurang lebih sejauh 129 kilometer dengan jarak tempuh 3 jam. Selanjutnya dari Gilimanuk menuju pelabuhan Labuhan Lalang di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng sejauh kurang lebih 16 kilometer.

jalur dari denpasar ke pulau menjangan

Sebagai pulau tak berpenghuni, Pulau Menjangan tidak memiliki akomodasi berupa penginapan, restoran, toko dan lainnya sehingga para pengunjung bisa menyiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu di tempat-tempat sekitar sebelum menuju ke Menjangan Island.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar