Jika Anda sering berkunjung ke Bali, Tahukah Anda tentang Pantai Pemuteran? Selama ini yang sering kita dengar dan tahu mungkin hanya wisata pantai terkenal di Bali yaitu Pantai Kuta atau Pantai Sanur. Padahal selain kedua pantai tersebut ada beberapa pantai lain yang juga memiliki keindahan panorama yang tidak kalah menariknya. Salah satu pantai di Bali yang juga mempunyai pesona daya tarik wisatawan adalah Pantai Pemuteran. Pantai ini terletak di bagian utara Pulau Bali, tepatnya di wilayah Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Yang unik dari keberadaan pantai ini yaitu keseriusan masyarakat adat setempat dalam menjaga kelestarian pantai dengan membatasi jumlah bangunan hotel, operator diving serta jumlah pedagang. Di sekitar lokasi pantai hanya ada sekitar 12 hotel dan sisanya adalah Homestay. Semua berkat partisipasi masyarakat lokal yang masih kental dengan adat mereka.

keindahan pantai pemuteran

Banyak keunikan dari pantai ini seperti pasirnya yang berwarna hitam, berbeda dengan pantai kebanyakan lainnya. Selain itu, karena pantai ini berlokasi di sebelah utara Pulau Bali dengan menghadap ke Laut Jawa, tepatnya sekitar 55 km arah barat kota Singaraja dan 30 km dari Gilimanuk, membuat ombaknya sangat kecil dan jarang. Kondisi pantai ini pun sangat sunyi karena jauh dari keramaian, terbukti dengan sulitnya menemukan kafe, restoran atau bar di sekitar pantai ini. Aktivitas turis atau pengunjung pantai ini kebanyakan berjemur sambil membaca. Cukup sepi tidak riuh dengan suara orang berjualan, suara turis yang bercakap-cakap keras seperti kondisi pantai kebanyakan di Bali. Bangunan-bangunan modern yang menghalangi pemandangan sangat sedikit, hanya aroma laut yang dibawa tiupan angin pantai terasa sehingga menambah ketenangan suasana pantai. Dengan kondisi yang seperti itu, Pantai Pemuteran ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menemukan kedamaian di tengah-tengah liburan atau sedang berbulan madu.

pantai pemuteran yang sepi dan tenang

Keunikan Pantai Pemuteran juga ditambah dengan keindahan pemandangan bawah laut yang banyak ditumbuhi oleh berbagai jenis terumbu karang yang ada di Indonesia. Bahkan, keindahan bawah lautnya itu pun pernah mendapatkan penghargaan tingkat dunia pada bulan November 2003 silam, sehingga banyak wisatawan melakukan aktivitas diving di pantai ini. Saat ini Pantai Pemuteran sampai Pulau Menjangan telah menjadi spot diving primadona turis di Kabupaten Buleleng. Jika Anda ingin belajar diving atau menyelam, cobalah mulai dari sini. Pantai Pemuteran memiliki ombak yang tenang, dengan koleksi terumbu karang yang cukup lengkap sekitar 80% jenis terumbu karang di Indonesia dapat Anda temukan di sini.

spot diving di desa pemuteran

Masyarakat adat Desa Pemuteran juga sudah sangat peduli dengan kelestarian terumbu karang, sehingga menghimpun diri dalam organisasi atau yayasan Karang Lestari yang sejak tahun 2000 sudah melakukan konservasi dan rehabilitasi terumbu karang dengan pembuatan rumpon dan penanaman terumbu karang baru. Sungguh aktivitas yang sangat baik untuk kelestarian alam terutama untuk kawasan bahari.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar