keindahan bawah laut wakatobi

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang menyajikan keindahan bawah laut dan terumbu karang. Salah satu yang cukup terkenal yaitu Wakatobi yang terletak di dalam Taman Nasional Wakatobi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 Taman Nasinoal yang ada di Indonesia. Keindahan bawah laut & terumbu karang Wakatobi tidak usah diragukan lagi karena selain disukai penyelam lokal juga digemari para penghobi diving dan snorkeling dari seluruh dunia.

Nama Wakatobi sendiri ternyata berasal dari gabungan nama empat pulau utama sekitar yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia dan Binongko. Taman Nasional Wakatobi memiliii luas kurang lebih 1.390.000 hektar dengan kekayaan keanekaragaman alam bawah laut yang sangat lengkap berupa terumbu karang dan biota laut. Taman ini menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona sehingga sangat cocok sebagai tempat penyelaman.

wakatobi-bawah-laut-under-water_20141205_151459

Di Wakatobi para penyelam bisa menikmati sekitar 750 terumbu karang dari 850 jenis terumbu karang yang ada di dunia. Ditambah keanekaragaman biota laut dengan 93 jenis spesies ikan serta keberadaan beberapa jenis penyu diantaranya Penyu Lekang, Penyu Sisik dan Penyu Tempayan. Sepanjang karang penyelam juga bisa menikmati gua-gua bawah laut yang sangat indah. Selain menyelam ada beberapa aktivitas favorit yang bisa dilakukan para wisatawan jika berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi seperti snorkeling, mancing, berenang serta berburu spot indah untuk berfoto.

Untuk menuju Wakatobi jalur tercepat adalah dengan menggunakan pesawat terbang. Saat ini penerbangan ke Wangiwangi, Ibukota Wakatobi sudah tersedia setiap hari. Penerbangan dari Makassar ke Wangiwangi menggunakan pesawat kecil dengan kapasitas penumpang 30 orang dan akan transit di Bau-bau. Selama melakukan perjalanan di Wakatobi Anda bisa menyewa taksi atau ojek dengan tarif yang bervariasi sesuai rute tujuan.

Pulau Wangi-Wangi atau yang biasa disebut Wanci merupakan pintu gerbang utama untuk memasuki Taman Nasional Wakatobi, dari Wanci atau Wangi-wangi ini kemudian anda bisa menjelajahi pulau-pulau lain di Wakatobi seperti Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko dengan speed boat atau kapal kayu.

keindahan bawah laut & terumbu karang wakatobi

Akomodasi di sejumlah obyek wisata di Wakatobi juga sudah tersedia lengkap mulai penginapan di rumah warga untuk pelancong dengan budget terbatas hingga hotel dan resort mewah. Umumnya wisatawan menginap di pulau Wangi-wangi, meskipun ada juga penginapan lainnya seperti di Kaledupa atau Tomia. Tarifnya berkisar ratusan ribu, jika anda ingin yang mewah bisa memilih resort dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per malam. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di obyek wisata Wakatobi adalah menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang merupakan bagian dari segitiga terumbu karang. Untuk aktivitas penyelaman dan snorkeling para pelancong bisa mengandalkan penduduk yang sudah memiliki sertifikasi pemandu. Selain itu terdapat juga pantai yang indah, seperti Pantai Molii Sahatu, Pantai Sousu, Pantai Waha, Pantai Hoga, Pantai Sombano, Pantai Peropa, Pantai Huntete, Pantai Soha, Pantai Onemobaa, Pantai Palahidu, serta masih banyak lagi pantai indah lainnya di Wakatobi.

Tertarik berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi? Catat di kalender liburan Anda sekarang juga!

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar