Istilah Istilah Open Trip, Private Trip, Share Cost & Paket Wisata Group untuk kalangan yang suka bepergian atau travelling tentunya sudah tidak asing lagi mengingat istilah ini cukup sering digunakan travel agent atau peserta tour saat merencanakan kegiatan liburan. Untuk mereka yang pemula atau tumben melakukan kegiatan perjalanan wisata istilah tersebut mungkin cukup asing walaupun sama-sama jenis paket perjalanan yang diikuti oleh banyak orang.

Supaya lebih paham berikut ini adalah penjelasan atau perbedaan Istilah Open Trip, Private Trip, Share Cost & Paket Wisata Group.

Open Trip
Open Trip atau dikenal juga dengan istilah Trip Gabungan merupakan trip atau tour bersama yang terbuka untuk umum. Jadi para peserta akan digabung menjadi satu rombongan tour yang itinerary, jadwal tour, harga paket tour dan kuota keberangkatannya sudah ditentukan oleh pihak panitia atau travel agent. Misalnya kuota minimal supaya bisa berangkat adalah 10 orang, jika tidak terpenuhi karena pesertanya 8 atau 9 maka peserta diberikan dua pilihan yaitu berangkat dengan tambahan harga atau dijadwalkan ulang hingga kuota 10 peserta terpenuhi. Peserta dalam satu rombongan ini bisa jadi saling kenal atau tidak sama sekali.

istilah open trip & private trip

Private Trip
Private Trip adalah trip atau tour yang bersifat tertutup dan biasanya dilakukan oleh perorangan atau satu keluarga yang ingin liburan bareng. Karena private para peserta bisa menentukan sendiri jadwal tour, jumlah peserta, fasilitas yang diinginkan serta itinerary-nya kepada pihak panitia atau travel agent. Jadi para peserta tidak akan dipusingkan dengan akomodasi, transportasi dan lainnya. Private Trip ini sangat cocok untuk peserta yang tidak memiliki kendala di budget untuk liburan karena ongkosnya terbilang mahal.

Share Cost
Share Cost merupakan trip atau tour yang dilakukan dengan cara patungan antar sesama peserta atau lebih mirip backpacker-an. Travelling atau liburan dengan sistem Share Cost ini semua biaya ditanggung bersama atau patungan utamanya untuk akomodasi dan transportasi selama di tempat tujuan. Namun jika semua peserta sepakat, semua pengeluaran untuk kebutuhan tour juga bisa patungan. Enaknya share cost ini yaitu tidak ada satu orang pun yang mengambil keuntungan sehingga ongkos perjalanan bisa menjadi sangat irit. Para pesertanya bisa saling kenal atau tidak atau mulai akrab ketika tour dimulai.

istilah share cost & paket wisata group

Paket Wisata Group
Paket Wisata Group adalah tour yang dilakukan oleh suatu organisasi dengan minimum peserta biasanya 15 orang. Jadi para pesertanya berasal dari satu rombongan organisasi seperti karyawan perusahaan, murid sekolah atau mahasiswa. Semua biaya perjalanan termasuk akomodasi, transportasi, makan, tiket objek wisata dan lain-lain ditanggung oleh satu pihak organisasi dan oleh panitia organisasi dengan bantuan pihak travel agent akan menentukan itinerary yang disesuaikan dengan keinginan peserta.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar