Perayaan hari kemerdekaan merupakan hal lumrah yang selalu dilakukan warga negara di berbagai belahan dunia. Negara yang kita cintai, Indonesia pun tidak pernah ketinggalan dalam mengekspresikan semangat kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dari berbagai macam suku, adat istiadat, budaya, hingga bahasa sehingga untuk perayaan hari kemerdekaan pun tiap daerah di Indonesia memiliki tradisi unik untuk merayakannya. Penasaran? Yuk, intip aktivitas yang dilakukan masyarakat saat perayaan hari kemerdekaan di sejumlah daerah berikut ini.

  • Lomba Dayung (Banjarmasin)

lomba dayung banjarmasin sambut kemerdekaan ri

Dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia, salah satu daerah yang nyaris terletak di tengah-tengah Negara Indonesia ini selalu memiliki tradisi menarik dalam menyambut hari kemerdekaan yaitu lomba dayung! Lomba ini akan selalu dimeriahkan dengan ratusan peserta dari berbagai daerah di wilayah Kalimantan Selatan. Lomba ini sendiri biasanya diselenggarakan di Sungai Marta Pura dimana peserta harus menempuh jarak sejauh 500 meter dengan maksimal 10 orang di dalam tiap perahunya. Sejumlah uang tunai dan piala bergilir dari gubernur Kalimantan Selatan pun akan menjadi rebutan setiap kali event diselenggarakan.

  • Pacu Kuda (Aceh)

pacu kude aceh meriahkan hari kemerdekaan

Hari Kemerdekaan Indonesia pastinya kurang meriah bagi masyarakat Aceh apabila belum mengadakan lomba ini. Yup, lomba pacu kuda atau dalam bahasa Gayo disebut dengan Pacu Kude. Tradisi ini berasal dari Aceh Tengah yang pada hakikatnya adalah lomba balapan kuda. Namun, yang menjadi cirri khas dari tradisi ini adalah tidak menggunakan pelana dan hanya diperuntukkan untuk anak berusia 12-20 tahun. Menonton lomba balapan kuda ini merupakan salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Aceh, berlokasi di Belang Bebangka, Aceh Tengah. Keseruannya pun tidak perlu diragukan karena penontonnya akan sangat ramai.

  • Lomba Sampan Layar (Batam)

sampan layar batam meriahkan hut kemerdekaan ri

Tidak kalah dengan perayaan kemerdekaan daerah lain, Batam juga tidak ketinggalan memiliki tradisi unik untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia yaitu lomba sampan layar. Lomba ini sudah eksis sejak tahun 1959 hingga kini. Lautan penonton akan senantiasa tampak menyaksikkan lomba ini hingga selesai.

  • Telok Abang (Palembang)

telok abang palembang

Untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia, Palembang juga tidak ketinggalan ide yang menarik, melanjutkan sebuah tradisi yang biasanya dirayakan masyarakat Palembang yaitu Telok Abang. Tradisi ini sendiri cukup menyita perhatian publik. Telok Abang adalah sebuah telur yang direbus dan dicat warna merah. Agar terlihat lebih menarik dan unik, telur itu ditancapkan di sebuah gabus berbentuk miniatur transportasi seperti kapal, mobil, pesawat, dll, harganya pun cukup murah dan hanya dijual dengan kisaran harga 15 ribu hingga 150 ribu.

  • Lari Obor Estafet (Semarang)

Lari Obor Estafet di Semarang

Warga Semarang dalam merayakan hari kemerdekaan selalu mengadakan sebuah tradisi seru yakni lari obor estafet untuk merayakan hari Kemerdekaan. Mereka sudah melakukan tradisi ini selama 32 tahun. Tradisi ini juga tetap rutin dilakukan setiap tanggal 17 Agustus. Lomba lari obor ini dibuat didasari filosofi bahwa obor adalah simbol semangat para pahlawan kita yang sudah melakukan perjuangan demi bangsa Indonesia.

  • Sepak Bola Durian (Cirebon)

sepak bola durian cirebon

Cirebon memiliki salah satu tradisi unik dan juga ekstrim saat merayakan hari kemerdekaan yaitu sepak bola durian. Jadi buah durian yang dikenal dengan kulit tajamnya akan dijadikan bola. Namun tidak sembarang orang bisa mengikuti permainan ini karena memerlukan keahlian khusus juga doa khusus dari ustadz sebelum melakukannya. Biasanya yang ikut acara ini yaitu 99 laskar densus serta forum supranatural. Selain melalukan tradisi sepak bola durian, mereka juga melakukan tradisi memakan beling atau bara api.

  • Karapan Kambing (Lumajang)

karapan kambing lumajang

Dalam merayakan hari kemerdekaan bukan hanya manusia saja yang mengikuti lomba, tapi binatang juga turut serta. Seperti di daerah Lumajang, ada sebuah tradisi yang bernama karapan kambing, dimana tradisi ini adalah mengadu kecepatan lari para kambing dan para pemiliknya kambing hanya ditugaskan membunyikan kaleng agar si kambing lebih cepat berlari dari lawannya. Kambing yang berlari paling cepat adalah pemenangnya.

Itulah beberapa tradisi unik dan menarik dalam perayaan hari kemerdekaan di berbagai wilayah Indonesia. Dari yang unik, menarik hingga yang ekstrim. Selain sebagai sarana untuk meluapkan kegembiraan atas perayaan kemerdekaan tradisi-tradisi tersebut juga sebagai sarana untuk promosi wisata yang tentunya bisa mengangkat nama daerah tradisi tersebut dilakukan. Bagaimana tradisi di daerahmu?

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar