Ide kegiatan saat liburan panjang tiba terkadang sulit didapat karena sudah terbiasa dengan rutinitas pekerjaan yang menyita banyak waktu terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar yang sibuk. Sebagian orang mungkin justru tidak betah libur berlama-lama karena ingin lebih fokus ke pekerjaan atau bisnis. Tentu saja hal tersebut tidak baik dilakukan karena setiap orang seharusnya tidak bekerja sepanjang waktu untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Liburan sekolah yang dibarengi dengan liburan panjang hari raya seperti Idul Fitri atau Natal Tahun Baru cukup panjang waktunya yang terkadang justru membuat seseorang bingung harus melakukan kegiatan apa jika tidak memiliki rencana bepergian ke luar kota.

Jika membahas liburan tentu saja yang ada di benak setiap orang adalah melakukan beragam rencana dan aktivitas yang berbeda dari hari-hari biasanya. Inilah makna liburan sesungguhnya dimana kita bisa keluar sejenak dari berbagai macam kesibukan dan melakukan kegiatan lain yang belum sempat dan sangat ingin dilakukan. Menikmati liburan akan sangat berarti dan bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

bermain bersama keluarga saat liburan panjang

Berikut ini ada 10 ide kegiatan saat liburan panjang yang bisa kita lakukan bersama teman atau keluarga.

1. Mengunjungi Teman Lama atau Saudara Jauh
Kita bisa kontak kawan lama atau saudara untuk ketemuan dan bersosialisasi. Jika sudah ada anak bisa diajak untuk mengajarkan anak bergaul dan ketemu orang baru.

2. Keliling Kota
Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri atau bersama keluarga dan menyinggahi sejumlah tempat wisata seperti taman, arena bermain, mall atau tempat nongkrong yang nyaman.

3. Piknik
Ini adalah kegiatan favorit yang bisa dilakukan bersama keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat yang sejuk dan nyaman untuk bisa bermain dan lesehan sambil makan makanan yang sudah dipersiapkan dari rumah.

piknik saat liburan panjang

4. Menonton Film
Nonton film seharian di rumah atau pergi ke bioskop juga merupakan salah satu ide kegiatan yang seru dan menyenangkan dilakukan.

5. Menata Ulang Rumah
Sambil bersih-bersih kita bisa menata ulang dekorasi atau posisi perabotan di rumah supaya terlihat lebih fresh dan tidak monoton.

6. Mengecat Dinding Rumah
Kegiatan ini juga perlu dilakukan karena cat dinding rumah terkadang mengelupas termakan usia dan perlu waktu yang cukup lama dari proses pengecatan hingga menunggu kering, jadi liburan panjang kita tidak akan sia-sia.

7. Belajar Masak
Tidak semua orang bisa masak atau sempat masak saat menjalani rutinitas pekerjaan. Tidak ada salahnya saat liburan melakukan kegiatan ini karena menciptakan masakan yang enak dan disukai anggota keluarga akan membuat kita puas dan bahagia.

8. Spa & Yoga
Aktivitas nyepa atau belajar yoga juga sangat baik dilakukan karena bisa menyegarkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks.

9. Berenang
Berenang dan bermain air di pantai, kolam renang atau waterpark adalah salah satu kegiatan yang selalu menyenangkan bukan?

10. Mencoba Keahlian Baru
Karena libur panjang kita bisa menelusuri bakat atau mempelajari keahlian baru yang mungkin kelak bisa menunjang ekonomi kita di masa yang akan datang. Belajar bahasa asing, kursus komputer, menjahit atau kursus masak bisa menjadi keahlian tambahan yang bisa dipelajari.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar