April Mop atau yang dikenal dengan April Fool’s Day versi Bahasa Inggris merupakan hari dimana setiap orang diperkenankan untuk melakukan hoax, kebohongan atau lelucon tanpa dianggap bersalah karena telah melakukan kebohongan atau lelucon tersebut meskipun timbul korban. Dengan kata lain jahil dan iseng terhadap orang lain boleh dilakukan pada hari pertama di bulan April. Perayaan April Mop ditandai dengan aksi tipu menipu, berbohong atau mengerjai keluarga, musuh, teman, rekan kerja bahkan tetangga dengan tujuan untuk mempermalukan mereka yang gampang ditipu dan akhirnya menjadi korban. Orang yang tidak menyadari datangnya April Mop tentu akan dengan mudah diperdaya untuk dijahili sehingga muncul perasaan senang dan gembira dari pihak pelaku kebohongan. Dengan berhasil “menjahili” artinya sukses pula merayakan April Fool’s Day.

bohong di april mop

April Mop yang dirayakan tepat pada tanggal 1 April ini memiliki cerita sejarah yang simpang siur dan juga memiliki beragam versi cerita yang berbeda di beberapa negara. Berikut ini beberapa mitos dan fakta tentang April Mop di seluruh dunia.

  • Negara Inggris, Australia dan Afrika Selatan melontarkan lelucon kepada orang lain hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari.
  • Mulai tahun 1582, Perancis sudah memperingati April Fool’s Day saat masa pemerintahan Raja Charles IX. Kala itu, Paus Gregory XIII merombak penanggalan kalender yang semula 1 tahun hanya terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi sekarang. Sehingga, perayaan tahun baru yang semula dirayakan mulai tanggal 25 Maret hingga pada 1 April, dimajukan ke tanggal 1 Januari. Tetapi, rakyat Perancis menentang keputusan Paus. Para warga akhirnya menetapkan perayaan 1 April sebagai Tahun Barunya. Perilaku mereka ini malah ditertawakan oleh sejumlah masyarakat lainnya yang meledek mereka dengan cara memberikan lelucon palsu. Meski diledek, masyarakat Perancis terus bertingkah aneh setiap tanggal 1 April dan menjadikannya sebuah tradisi tahunan.
  • Sejarah April Mop pun datang dari Spanyol. Negara ini merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes. Itu berarti sebagai hari anak tak bersalah sampai pemerintahan Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar tanggal 28 desember 1978 diundur sehari supaya tidak dijadikan bahan tertawan publik. Namun, pernyataan berbeda diungkapkan Joseph Boskin, profesor dari Boston University. Boskin mengatakan, ide April Mop digagas oleh para pelawak Kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad ke-3 sampai ke-4 pasca Masehi. Mulanya, para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada Raja untuk mengizinkan mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja. Tak disangka, sang Raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya yang bernama Jeter untuk menjadi Raja Sehari pada tanggal 1 April. Setelah naik tahta, Raja Jeter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan.
  • Ada Teori lain yang dimuat di Washington Post mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.
  • April Mop atau April Fools ini juga kerap diperingati oleh media massa dengan menerbitkan kisah luar biasa yang hanya mengada-ada saja. “Hoax April Mop”
  • Di Indonesia dikenal dengan istilah April Mop (Mop berasal dari bahasa Belanda yang artinya kelakar).
  • Di Inggris April Mop lebih dikenal dengan istilah April Noddie sebutan buat orang-orang yang tertipu.
  • Di Skotlandia di peringati selama 2 hari yang dinamakan April gowk, dan pada hari kedua dinamakan Taily Day yang dikhususkan mengarah ke fisik seseorang.
  • Bahkan ada yang menganggap April Fool’s Day berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan Sebab itulah, para tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Demikianlah beberapa fakta dan mitos tentang April Mop yang hingga kini masih kerap dirayakan bahkan perusahaan raksasa internet Google pun tidak mau ketinggalan dalam merayakannya. Tercatat beberapa kali Google meluncurkan produk atau memodifikasi produk miliknya untuk menyesuaikan dengan tema “penipuan” khusus untuk April Mop. Untuk Anda yang ingin berpartisipasi dalam April Mop jangan sampai kebangetan ya ngerjain teman atau kerabat. Sewajarnya aja.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar