Apakah kalian sudah pernah berkunjung ke Pulau Lombok? Bagi yang sudah pastinya tau kan, Gunung Rinjani? Jika kalian berjiwa petualang belum lengkap rasanya jika tidak pernah merasakan sensasi mendaki di gunung yang sudah terkenal akan kecantikan pesona alamnya ini. Menurut data setiap tahunnya Gunung Rinjani dikunjungi ribuan wisatawan asing dan domestik yang penasaran untuk menyaksikkan keindahan alamnya yang mempesona.

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci yang berada di tanah Sumatera. Gunung yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan memiliki ketinggian sekitar 3.726 meter dari permukaan laut ini telah sejak lama menjadi incaran pecinta petualangan alam bebas.

Gunung-Rinjani-Panorama-Puncak-Gunung-Terindah-di-Indonesia1

Jika ada diantara kalian yang berencana mendaki gunung ini disarankan memilih jalur Sembalun Lawang karena selain biayanya lebih murah juga tersedia akses transportasi yang memadai. Dari Pelabuhan Lembar bisa segera menuju terminal bus di Kota Mataram untuk selanjutnya dengan kendaraan minibus melanjutkan perjalanan ke Aikmel kurang lebih satu jam. Dari Aikmel perjalanan bisa dilanjutkan menuju pos pendakian Sembalun Lawang. Jika dari Bandara Internasional Lombok setelah mendarat bisa langsung menempuh perjalanan dari BIL menuju Selong, Lombok Timur dengan kendaraan umum. Lalu dari Selong ke Masbagik menuju Pasar AikMel, Lombok Timur. Terakhir, dari Pasar Aik Mel baru kemudian menuju Sembalun.

gunung rinjani mahkota pulau lombok

Sebelum keberangkatan menuju Gunung Rinjani wisatawan diwajibkan mendaftarkan diri terlebih dahulu di pos pendakian sambil mendengarkan himbauan dari penjaga setempat untuk keselamatan pendakian. Untuk yang membutuhkan peralatan pendakian yang standar wisatawan bisa menyewanya plus ada juga guide lokal dan porter untuk membawakan perbekalan milik wisatawan.

Medan pendakian di daerah Rinjani berupa padang sabana yang luas dan berbukit-bukit serta tandus. Di beberapa lokasi terhampar rumput ilalang yang lebat serta sejumlah pos peristirahatan tersedia untuk berkemah dan wc darurat. Semakin menuju ke puncak gunung perjalanan juga makin melelahkan karena medan yang semakin terjal. Setelah sekitar 7 jam mendaki sampailah di pelawangan atau punggungan gunung yang menjadi pos pendakian terakhir sebelum menuju puncak. Lokasi ini persis berada di lereng penyangga Danau Segara Anakan sehingga sambil beristirahat pada pendaki bisa menikmati keindahan danau.

Dari pos pendakian terakhir ini para pendaki memiliki dua pilihan apakah hendak melanjutkan perjalanan ke puncak kurang lebih 3-5 jam atau turun ke arah danau. Keduanya mempunyai medan pendakian yang curam dan menegangkan. Jika menuju arah danau maka ada beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan seperti memancing, bakar ikan atau berendam di kolam belerang alami sekitar danau.

gunung rinjani mahkota pulau lombok danau

Pesona yang dimiliki oleh Gunung Rinjani dengan keindahan danau dan alamnya tidak diragukan lagi telah menjadi daya tarik yang mampu memikat minat para wisatawan mancanegara maupun nusantara untuk mengunjunginya. Kalian tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke Gunung Rinjani?

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar