Pada tanggal 9 Agustus 2016 maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mulai layani penumpang domestik di Terminal Tiga dan resmi melakukan pemindahan operasional penerbangan ke Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Semua penerbangan rute domestik yang dulunya dilakukan dari Terminal 2F dipindahkan ke Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sedangkan Terminal 2F akan digunakan oleh maskapai Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia dan juga maskapai lainnya.

Fasilitas yang diberikan di Terminal 3 Ultimate tidak kalah dengan fasilitas yang ada di bandara-bandara besar di dunia, termasuk dari segi pelayanan, keamanan dan kenyamanannya. Selain desain gedung yang modern elegan, Terminal 3 juga memiliki Executive Lounge, VIP Room, Nursery Room, Smoking Room, Difable Rest Room, beragam hiburan, galeri pameran yang semuanya dilengkapi peralatan canggih dengan teknologi terkini.

Dengan pindahnya operasional penerbangan ini, maskapai nasional Garuda Indonesia menargetkan 60 ribu penumpang untuk penerbangan domestik dengan sekitar 150 penerbangan per harinya. Hal tersebut diungkapan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo sebelum acara peresmian penerbangan domestik perdana di Terminal 3 Ultimate. Arif juga menargetkan pengoperasian sempurna sampai akhir tahun memberikan pelayanan yang lebih prima dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Dua penerbangan maskapai nasional Garuda Indonesia, menjadi tanda dimulainya pengoperasian Terminal 3 Ultimate ini pada dini hari tadi sekitar pukul 01.20 WIB. Penerbangan perdana tersebut berjalan dengan lancar dan ontime tanpa ada kendala yang berarti. Kedua penerbangan perdana Garuda di terminal yang digadang-gadang termegah di Indonesia itu adalah rute Jakarta–Jayapura dan Jakarta–Ternate. Penerbangan Jakarta – Jayapura dilakukan sekitar pukul 01.20 WIB dengan nomor penerbangan GA654. Sedangkan Rute Jakarta – Ternate dengan nomor penerbangan GA648n dilakukan 20 menit kemudian, yakni pukul 01.40 WIB.

Seperti dikutip dari website resmi Garuda, www.garuda-indonesia.com, pertanyaan yang mungkin ada di benak para penumpang adalah sebagai berikut:

Q1 : Saya memiliki penerbangan connecting dari Internasional ke Domestik menggunakan Garuda, apakah saya harus ambil bagasi terlebih dahulu di Terminal 2?
A1 : Apabila tiket Bapak/Ibu sudah memiliki tiket penerbangan connecting (agar dipastikan penumpang memiliki tiket atau PNR yang sama hingga destinasi akhir), Bapak/ Ibu tetap harus mengambil bagasi terlebih dahulu dan melalui proses custom. Setelah melalui proses custom, Bapak/ Ibu dapat langsung menuju Transfer Desk International to Domestic di sebelah kiri sebelum pintu keluar, kemudian melakukan proses pelaporan transfer terlebih dahulu. Setelah selesai melakukan proses pelaporan transfer, Bapak/ Ibu akan diarahkan menuju pintu kedatangan F6 di Terminal 2 dan akan ditransfer ke Terminal 3 menggunakan bus Garuda. Setelah sampai di Terminal 3, Bapak/ Ibu dapat langsung naik ke Boarding Gate menggunakan eskalator dengan posisi dekat Transfer Desk, dan melalui SCP kemudian Bapak/Ibu dapat langsung duduk di kursi tunggu dekat dengan Boarding Gate penerbangan lanjutan Bapak/ Ibu.

garuda mulai layani penumpang domestik di terminal tiga

Q2 : Saya memiliki penerbangan connecting dari Domestik ke Internasional menggunakan Garuda, apakah saya harus ambil bagasi terlebih dahulu di Terminal 3?
A2 : Apabila tiket Bapak/Ibu sudah memiliki tiket penerbangan connecting (agar dipastikan penumpang memiliki tiket atau PNR yang sama hingga destinasi akhir), maka Bapak/ Ibu akan langsung diarahkan oleh petugas atau mengikuti petunjuk/ signage di dalam Terminal menuju pintu Remote Gate 13 di Terminal 3, kemudian transfer ke Terminal 2 menggunakan bus Garuda tanpa perlu mengambil bagasi terlebih dahulu.

Q3 : Saya memiliki penerbangan dari Amsterdam menggunakan KLM (SkyTeam) kemudian melanjutkan penerbangan domestik dengan Garuda, berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk transfer antar Terminal, dan apakah saya harus mengambil bagasi saya?
A3 : Proses transfer dari Terminal 2 ke Terminal 3 membutuhkan waktu minimum 120 menit. Proses transfer antar Terminal akan menggunakan Bus Garuda melalui airside, sehingga Bapak/ Ibu tidak perlu keluar dari Terminal. Bapak/ Ibu tetap harus mengambil bagasi terlebih dahulu dan melalui proses custom. Setelah melalui proses custom, maka Bapak/ Ibu dapat langsung menuju Transfer Desk International to Domestic di sebelah kiri sebelum pintu keluar, kemudian melakukan proses pelaporan transfer terlebih dahulu.

Q4 : Saya member GarudaMiles/ CoBrand/ SkyPriority Elite Plus apakah saya masih mendapatkan fasilitas counter Check In khusus?
A4 : Seluruh jenis fasilitas layanan Check In counter pada Terminal 2 tetap disediakan pada Terminal 3, namun perlu diperhatikan bahwa counter Check In akan ditutup 45 menit sebelum keberangkatan (Domestik)/ 60 menit sebelum keberangkatan (Internasional).

Q5 : Saya member GarudaMiles Gold, apakah saya masih mendapatkan fasilitas lounge di Terminal 3?
A5 : Bapak/ Ibu tetap mendapatkan layanan fasilitas lounge di Terminal 3 dengan posisi di lantai Mezzanine, di bawah lantai 2/ Check In Hall, Bapak/ Ibu dapat bertanya kepada petugas atau mengikuti petunjuk/ signage di dalam Terminal.

Infographics :

Garuda Mulai Layani Penumpang Domestik Di Terminal Tiga

Terkait perpindahan operasional penerbangan Garuda Indonesia rute domestik ini, AP II dan Garuda Indonesia menghimbau para penumpang untuk dapat berangkat ke bandara lebih awal dan memperhatikan petunjuk-petunjuk di bandara untuk kelancaran keberangkatan dan menghindari keterlambatan penerbangan.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar