Desa Wisata Undisan yang berlokasi di Bali merupakan salah satu lokasi wisata yang cukup menarik dan sayang kalau dilewatkan jika berkunjung ke Pulau Dewata. Desa Wisata Undisan sendiri berlokasi di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli yang dapat ditempuh sekitar satu setengah jam perjalanan berangkat dari Kota Denpasar. Suasana Desa Wisata Undisan tidak kalah menarik dengan Desa Penglipuran yang lebih dahulu dikenal sebagai desa yang indah, menarik dan terbersih di dunia bersanding dengan Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India.

Begitu tiba di kawasan ini, para pengunjung akan dimanjakan langsung dengan suasana alam yang masih begitu asri dan udara sejuk yang dipadukan dengan budaya lokal khas masyarakat Bali yang masih begitu kental dan tak dapat dipisahkan dari wisata alamnya. Di desa wisata ini, para pengunjung dibebaskan untuk menikmati suasana alam di sekitar desa tersebut, pengunjung dapat melakukan aktivitas yang menarik seperti trakking, bersepeda, membajak sawah dengan sapi, mengikuti cooking class, membuat layangan, jamu dan masih banyak lagi. Desa Undisan juga dikenal sebagai lokasi yang kerajinan emas dan peraknya sudah mumpuni.

wisata undisan air terjun tangkup

Tangkup Waterfall

Obyek wisata alam di desa ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya, seperti salah satunya adalah Air Terjun Tangkup. Lokasi air terjun ini masih di seputaran Tembuku Bangli yang masih menyimpan keasrian serta kealamiannya. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Tangkup, pengunjung harus memiliki stamina yang cukup pasalnya jarak yang harus ditempuh lumayan panjang dan medan yang cukup terjal dengan hamparan sawah dan kebun yang berada di sepanjang perjalanan. Setelah melalui perjalanan yang cukup menantang tersebut, barulah pengunjung akan menemukan lokasi air terjun yang berketinggian kurang lebih 25 meter. Diapit tebing yang menjulang tinggi, membuat pemandangan Air Terjun Tangkup terlihat semakin eksotis dan unik. Semua rasa lelah yang semula dirasakan pengunjung selama perjalanan akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan di sana. Meski masih begitu melekat dengan wisata alam dan budayanya, namun desa ini sudah menyediakan penginapan, hotel hingga bungalow yang dibangun untuk para wisatawan yang berkunjung.

desa wisata undisan d'umah bali

D’Umah Bali

Salah satu guest house yang menarik untuk dikunjungi adalah D’Umah Bali yang terletak di Banjar Lokasari, Desa Undisan Kelod, Tembuku, Bangli. Yang menarik dari D’Umah Bali ini yaitu arsitektur bangunan dan suasana pekarangan yang indah khas Bali. D’Umah Bali sendiri berarti ‘Rumah Bali’ yang menonjolkan arsitektur menawan nan indah khas Bali. Kegiatan yang bisa dilakukan para pengunjung jika menginap di tempat ini antara lain pemberkatan pernikahan, treking ke air terjun sambil mempelajari tanaman obat-obatan, membuat jamu tradisional, pelajaran memasak makanan khas Bali, eco cycling, pelajaran menari Bali, membuat layang-layang, menangkap bebek, membajak sawah dengan sapi hingga menanam padi di sawah. Aktivitas pedesaan yang seru bukan? Sedangkan untuk pemilihan kamarnya, D’Umah Bali menyajikan fasilitas kamar yang begitu unik seperti Gedong Room, Loji Room, Bale Dangin Room dan Bale Kayu yang masing-masing ruangannya menyajikan ciri khas yang unik dan membuat kesan tersendiri yang sulit dilupakan selama beristirahat di guest house ini.

d'umah bali tembuku bangli

D’Umah Bali

Sebagai pekerja yang sibuk menghabiskan waktu di perkotaan, tentu saja berlibur ke daerah khas pedesaan yang masih asri merupakan cara tersendiri untuk merefresh pikiran. Bila ingin menikmati berlibur dengan keluarga dan rekan yang lebih banyak, maka villa dengan konsep eco tradi yaitu De Klumpu Bali bisa menjadi pilihan. Villa De Klumpu Bali ini terletak di antara sawah yang begitu luas nan hijau yang masih terjaga keasriannya. Atmosfer di sekitar villa pun benar-benar dijaga kesegarannya. Aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung selama menginap di villa ini tidak jauh berbeda dengan aktivitas yang ditawarkan D’Umah Bali. Namun, di villa ini, para pengunjung dapat menikmati langsung organic food yang disajikan Padi Restoran seperti, Indonesian food, Balinese food hingga western food. Dengan menginap di villa ini, pengunjung akan merasakan sendiri betapa indahnya kealamian khas pulau Bali yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang menguras tenaga dan pikiran. Villa De Klumpu akan menjadi tempat yang paling menarik dan tepat untuk ditinggali bersama orang-orang yang kalian sayangi selama menghabiskan liburan di Desa Wisata Undisan, Bali.

desa wisata de klumpu bali undisan

De Klumpu Bali

 

Jika tertarik dengan pemandangan yang menakjubkan dari persawahan nan hijau, atmosfer yang segar dan penginapan yang unik dengan ciri khas Bali, maka sempatkanlah untuk berkunjung ke Desa Wisata Undisan! Selamat berlibur di Bali!

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar