Budaya Valentine Day masih lestari hingga saat ini di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Valentine Day atau hari kasih sayang merupakan hari yang paling ditunggu oleh berbagai kalangan terutama remaja karena di hari Valentine mereka bisa menunjukkan kasih sayang terhadap pasangan, sahabat atau keluarga tercinta. Valentine Day di Indonesia, meskipun ada kontroversial, perayaan Valentine Day setiap tanggal 14 Februari ini cukup meriah ditandai dengan ketersediaan beberapa souvenir bertemakan warna pink seperti boneka, cokelat dan tentu saja bunga di berbagai toko dan supermarket. Acara-acara yang bertemakan remaja seperti pagelaran musik, bazaar amal, donor darah ataupun lomba-lomba juga digelar di berbagai daerah.

Salah seorang pakar budaya di masa lalu mendefiniskan budaya sebagai suatu keseluruhan kompleks dari pengtahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat-istiadat, serta kemampuan-kemapuan dan kebiasaaan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat. Dari sini bisa saja ditarik kesimpulan jika hari Valentine merupakan suatu perbuatan yang menjadi kebiasaan dan akhirnya ditiru dari generasi ke generasi sehingga menyebabkan Valentine Day rutin dirayakan setiap tahunnya. Dari semua literatur atau sumber tentang sejarah Valentine Day tidak ada satu pun yang memberikan kejelasan mengenai asal usul Valentine pastinya dan sebagian masyarakat menganggap hanya mitos dan legenda saja, namun tetap dianggap sebagai budaya karena perayaan ini adalah bentuk aktivitas manusia sebagai mahluk sosial yang mencetuskan hari dimana rasa kasih sayang harus diungkapkan secara luas dan serentak di berbagai penjuru dunia.

tradisi valentine di indonesia

Sementara itu untuk merayakan Valentine Day ini masing-masing negara memiliki tradisi unik perayaan Valentine Day yang tetap bertemakan kasih sayang dengan beberapa kebiasaan masyarakat setempat, seperti di Amerika yang merayakannya dengan memberikan hadiah oleh pria kepada wanita berupa bunga, coklat atau trend terkini yang bahkan pemberian hadiahnya berupa perhiasan mahal. Sementara di Thailand, sebagian warga menganggap Valentine Day sebagai hari untuk bercinta atau berhubungan seks terutama dilakukan oleh kaum remaja yang tentunya sangat bertentangan dengan adat istiadat ketimuran sehingga setiap perayaan Valentine Day polisi Thailand memberlakukan jam malam hingga pukul 22.00 mencegah perbuatan para remaja yang jauh dari norma kesusilaan. Di Indonesia sendiri warganya merayakan Valentine dengan berbagai kegiatan seperti jalan-jalan bareng kekasih, dinner bersama keluarga, mengunjungi panti asuhan dan menggelar acara yang berhubungan dengan aktivitas remaja seperti lomba-lomba, konser musik dan acara amal.

Tradisi Valentine terutama di Indonesia sangat bagus dilakukan apabila dilakukan dengan benar karena di dalamnya terdapat pesan-pesan yang baik yaitu mempererat dan menyatukan rasa kasih sayang terhadap pasangan masing-masing dan juga mempererat persahabatan serta hubungan antar keluarga. Untuk itu diperlukan pemahaman yang bagus dalam membedakan budaya Valentine di negara lain terutama negara barat yang menjunjung kebebasan dengan budaya Valentine di Indonesia yang menjunjung tinggi norma-norma adat dan agama. Sehingga para remaja atau generasi muda Indonesia tidak salah dalam mengartikan hari kasih sayang itu sebenarnya.

kartu ucapan valentine day

Berikut ini ada berbagai contoh ucapan Valentine Day Romantis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris untuk yang ingin bertukar kartu atau mengirim pesan singkat kepada orang yang dikasihi.

# “Maaf, hari ini cuma ada satu SMS untukmu. Selamat Hari Kasih Sayang.”

# “Selamat Valentine Ibu…Terima kasih sudah melahirkan dan membesarkan aku hingga aku tahu begitu besar        pengorbanan serta ketulusanmu.”

# “Cinta membuatku mengenalmu dan cinta juga yang membuatku tidak pernah bisa berhenti menyayangimu…Happy Valentine Day My Love”

# “Kamu adalah jiwaku, hidupku dan seluruh alasan keberadaanku di dunia ini…Happy Valentine Dear!”

# “Setelah semua yang kau berikan selama ini rasanya terlalu egois jika hari ini aku tidak mengucapkan kata cinta padamu…Selamat hari Valentine”

# “Kamu tahu coklat itu manis…Kamu juga tahu bunga itu indah…Tapi kamu tahu ngga bahwa kamu itu lebih manis dan indah…Met Valentine Sayang”

# “I love my life … Because it gave me you … I love you… Because you are my life”

# “You know… I am the luckiest person on earth to have you in my life…Happy Valentine’s Day Sweet Heart!”

# “Love puts the fun in together, the sad in apart, and the joy in a heart. Happy Valentine’s Day my love.”

# “May this Valentine bless us with the cupid of love and warmth of romance…Love you!”

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar