Amed-DivingAda beberapa pilihan lokasi menyelam di Bali, salah satunya adalah pantai Amed Bali. Objek wisata di Bali yang paling dicari oleh para penyelam. Pantai ini terletak di ujung timur Pulau Bali yang termasuk wilayah Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Menempuh waktu sekitar 3 jam dari Bandara Ngurah Rai, melewati jalan By Pass Ida Bagus Mantra dengan kendaraan bermotor. Pulau Bali memiliki banyak pilihan pantai yang dapat anda kunjungi selama liburan di Bali. Bagi para peselancar pemula akan memilih pantai kuta Bali untuk tempat mereka berselancar. Tapi bagi para penyelam wisata pantai Bali mereka adalah pantai Amed.

Pantai Amed Karangasem menawarkan keindahan pantai dengan matahari terbit, selain itu pantai Amed memiliki keindahan kehidupan bawah laut yang dapat anda nikmati saat anda diving atau menyelam. Di pinggir pantai ada sebuah danau yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk latihan menyelam. Penyelam domestik maupun mancanegara sangat menyukai menyelam di Amed Bali. Pantai Amed berpasirnya berwarna hitam, airnya sangat jernih, memiliki beraneka ragam biota laut, terumbu karang dan kehidupan lainnya. Hal ini menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk menyelam di pantai ini.

Apabila terus berjalan menyusuri pantai Amed, anda akan sampai di Desa Jemeluk yang memiliki kepingan – kepingan kecil taman coral yang sangat indah. Para penyelam dapat menggunakan perahu untuk mencapai Desa Jemeluk. Disana penyelam dapat melihat penyu, ikan pari, hiu karang dan terumbu karang yang sangat indah tergantung dari kedalaman penyelaman. Sekitar 10 meter dari bibir pantai Amed terdapat kerangka kapal patroli Jepang pada Perang Dunia II yang karam. Lokasi ini kerang kapal dijadikan daerah wisata menyelam seperti yang terdapat di Desa Tulamben Bali.

Di kawasan Amed Bali sudah banyak dibangun fasilitas – fasilitas pariwisata penting seperti hotel, restoran, dan bungalow. Harga sewanya pun bervariasi, mulai dari Rp 350.000 per malam hingga Rp 2.000.000. Beberapa hotel ada yang menyediakan fasilitas belajar menyelam, mulai dari kelas pemula hingga professional. Wisatawan akan ditemani oleh pemandu yang sudah terlatih dan berpengalaman serta didukung dengan peralatan yang sudah berstandar international.
Akses untuk menuju desa Amed Bali, sangat mudah dengan kendaraan roda dua maupun empat. Suasana pedesaan masih sangat kental karena belum terjamah pengaruh asing. Sebagian besar mata pencaharian penduduknya bekerja sebagai nelayan. Namun seiring berkembangnya obyek wisata Amed Bali dan banyak dibangunnya hotel di sekitar pantai Amed, pekerjaan sebagian penduduknya beralih ke sector pariwisata. Ada yang menjadi pegawai hotel, pemandu diving, tukang pijat di pantai, pedagang acung, sopir dan pegawai di sector pemerintah. Dengan perkembangan wisata menyelam di desa Amed, sangat membantu perekonomian masyarakat desa Amed. Selain pantai Amed, pulau Bali juga memiliki beranekaragam pilihan pantai yang dapat anda lihat disini pantai pantai Bali.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar