Melakukan perjalanan bisnis seperti meeting, konferensi, bertemu klien atau observasi bisnis ke luar kota biasanya membuat sebagian orang merasa terbebani karena kerepotan yang akan mereka hadapi jelang keberangkatan. Memang terlihat akan sedikit menyusahkan dengan berbagai persiapan yang harus dilakukan. Namun, apabila anda sudah terbiasa dan mempersiapkan perjalanan bisnis anda dengan benar, maka perjalanan bisnis akan menjadi suatu kesempatan yang dinanti-nanti. Simak delapan tips sebelum melakukan perjalanan bisnis berikut ini.

1. Akomodasi. Usahakan pilih akomodasi atau tempat menginap yang berdekatan dengan berbagai hal yang berhubungan dengan tujuan bisnis Anda. Perhatikan pula akses transportasi atau tempat kuliner sekitar. Pastikan juga tempat menginap atau hotel anda memiliki fasilitas yang dapat mendukung pekerjaan anda seperti WiFi.

2. Buat Agenda Acara. Dengan membuat agenda acara maka Anda bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya sehingga bisa istirahat dan juga bersenang-senang sambil bekerja. Apabila terdapat kerabat atau keluarga di kota yang Anda kunjungi, anda dapat mengatur waktu untuk bertemu.

3. Buat Cadangan Data. Anda sangat perlu untuk back up data-data penting bisnis ke dalam flash disk atau hard disk eksternal mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti laptop rusak atau hilang di tempat tujuan.

4. Siapkan Materi Presentasi/Meeting. Materi tersebut bisa Anda persiapkan di email, laptop atau di dalam koper kerja khusus supaya lebih ringkas dan menjaga privasi serta keamanan data di dalamnya.

5. Persiapkan Barang Bawaan. Jangan lupa membawa laptop, buku alamat, agenda dan barang-barang lainnya yang Anda butuhkan saat melakukan perjalanan bisnis. Pastikan juga Anda membawa cukup kartu nama perusahaan yang bisa Anda berikan saat melakukan pertemuan bisnis. Namun jika ternyata kartu nama Anda kurang atau hilang atau rusak saat sudah berada di kota tujuan bisnis, Anda bisa memanfaatkan layanan Gogoprint untuk print online kartu nama Anda. Akan lebih baik juga jika Anda membawa 1 tas atau satu koper saja, ini akan membuat Anda lebih praktis dan tidak repot.

6. Pelajari Waktu & Bahasa Setempat. Saat Anda melakukan perjalanan bisnis yang cukup jauh, perhatikan zona waktu dan juga bahasa lokal setempat. Hal ini akan berguna sehingga Anda bisa mengatur waktu dengan baik serta dapat berkomunikasi dengan warga lokal.

7. Cukup Tidur & Jaga Kesehatan. Biasanya karena terlalu semangat atau tegang melakukan perjalanan bisnis, bisa juga belum terbiasa dengan tempat baru maka seseorang akan sulit tidur. Untuk menghindari ini bawalah barang yang nyaman untuk membantu Anda tidur lelap seperti penutup mata, penutup telinga atau bantal tidur. Jangan lupa konsumsi multi vitamin bila diperlukan.

8. Memberi Kabar. Jagalah komunikasi dengan keluarga atau sahabat supaya mereka bisa mengetahui aktivitas dan keberadaan Anda sehingga jika terjadi sesuatu yang membahayakan pertolongan bisa cepat dilakukan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan bisnis. Pastikan semuanya tersiapkan dengan matang sehingga perjalanan anda akan lebih nyaman dan tentunya tetap produktif.